Jumat, 19 Juni 2020

Menggiurkan! Nih Hitung-hitungan Penghasilan Jadi 'Calo Digital'

Menjadi 'calo' digital atau sering disebut sebagai reseller menjadi peluang di tengah sulitnya perekonomian akibat pandemi Corona. Selain modalnya minim, keuntungan yang didapat pun lumayan.
PR & Marketing Evermos, penjual pakaian muslim, Dewi Siti Rochmah mengatakan penghasilan seorang reseller berupa komisi dari setiap barang atau brand yang dijualnya. Besaran komisi pun sekitar 10-30% dari harga barang.

"Komisinya mulai dari 10-30%, tergantung dari pemilik brandnya," kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (19/6/2020).

Dewi menyebut, setiap komisi akan masuk ke rekening pribadi reseller. Oleh karena itu, syarat untuk menjadi 'calo'digital adalah kartu tanda penduduk (KTP), nomor telepon atau Whatsapp, dan rekening pribadi.

Proses pencairan komisi, dikatakan Dewi tergantung dari masing-masing pemilik brand. Sebab, ada yang memberlakukan pencairan secara langsung tanpa batas minimal atau maksimum penjualan barang. Namun untuk di Evermos sendiri minimal kredit harus sebesar Rp 100.000 baru bisa dicairkan.

"Komisi langsung masuk rekening, namun untuk pencairan kredit minimal Rp 100 ribu. Kalau untuk brand lain biasanya langsung ambil dari selisih harganya. Beda beda kebijakannya," jelas dia.

Menurut Dewi, seorang reseller akan mendapat komisi yang besar jika berhasil menjual banyak barang dari brand yang dipegangnya. Adapun cara kerja seorang reseller atau dropshipper pun relatif simpel, yaitu hanya perlu membagikan semua produk yang mau dijualnya melalui online maupun offline. Jika dagangannya laku, maka reseller hanya melaporkan kepada pemilik brand, lalu barang tersebut akan dikirim.

Sebagai ilustrasi, komisi seorang reseller sebesar Rp 20.000 per barang. Jika setiap harinya berhasil menjual enam barang, maka total komisi atau penghasilannya Rp 120.000. Jika konsisten selama 30 hari, maka total penghasilannya Rp 3.600.000 per bulan.

Hingga awal Juni 2020, Dewi mencatat sudah ada sekitar 70.000 reseller yang tergabung di Evermos, angka tersebut akan terus bertambah lantaran pendaftaran masih dibuka.

Lebih lanjut Dewi mengatakan, ada ribuan jenis barang uang dijual oleh mitra Evermos. Barang-barang itu berasal dari 400 UMKM. Beberapa barang yang dijual pun berupa kebutuhan sehari-hari, seperti fashion pria, wanita, dan anak bayi.

Lalu, kebutuhan dan peralatan rumah tangga, makanan, minuman, produk kesehatan seperti suplemen, madu, vitamin, herbal, produk travel, online course, produk otomotif seperti pewangi dan asesoris mobil/motor, produk alat ibadah, serta produk kecantikan seperti kosmetik hingga skin care.

Menurut Dewi, setiap reseller bebas memilih produk atau brand apa yang ingin dijualnya. Jika ingin memasarkan semuanya pun tidak menjadi soal. Satu hal yang pasti, semakin reseller giat menjual maka komisi atau penghasilannya yang diterima pun besar.

Pengusaha: Investasi Naik tapi Serapan Tenaga Kerja Turun

Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana membeberkan kondisi penyerapan tenaga kerja di Tanah Air. Danang mengatakan, sejak tahun 2013 sampai 2018 nilai investasi di Indonesia terus bertambah, namun penyerapan tenaga kerjanya kian menurun.
"Sebelum COVID-19 serapan tenaga kerja sudah berbanding terbalik dengan investasi," ungkap Danang dalam diskusi online Apindo, Jumat (19/6/2020).

Ia mengungkapkan, pada tahun 2013 nilai investasi yang masuk di Indonesia senilai Rp 398,3 triliun dengan jumlah tenaga kerja yang terserap 1,8 juta orang (per Rp 1 triliun menyerap 4.954 tenaga kerja).

Lalu, pada tahun 2014, nilai investasi tembus Rp 463 triliun, dengan penyerapan 1,43 tenaga kerja (per Rp 1 triliun menyerap 3.090 tenaga kerja). Lalu, di tahun 2015 nilai investasinya Rp 545,4 triliun dengan penyerapan sebanyak 1,435 juta tenaga kerja (per 1 triliun menyerap 2.632 tenaga kerja).

Tahun 2016, nilai investasi yang masuk Rp 613 triliun dengan penyerapan 1,39 juta tenaga kerja (2.271 tenaga kerja per Rp 1 triliun investasi). Di tahun 2017 nilai investasinya tembus Rp 692,8 triliun, yang menyerap 1,17 juta tenaga kerja (1.698 tenaga kerja per Rp 1 triliun investasi).

Kemudian, di tahun 2018 nilai investasi yang masuk tembus Rp 721,3 triliun, sementara tenaga kerja yang terserap hanyalah 960.052 (1.331 tenaga kerja per Rp 1 triliun investasi).

Menurut Danang, data tersebut membuktikan kenaikan nilai investasi tak menjamin tenaga kerja yang terserap akan bertambah.

"Ini situasi yang bisa disebut dengan kondisi yang lampu merah, hati-hati. Nilai investasi yang meningkat belum tentu serapan tenaga kerja meningkat. Ini yang menjadi concern kita," jelas Danang.

Danang menuturkan, kondisi ini bisa menyebabkan jumlah pengangguran di Indonesia terus bertambah.
https://nonton08.com/fairy-tail-episode-322-subtitle-indonesia/

Bisnis Makanan Beku Lagi Laris Manis, Ini Tipsnya Biar Bisa Eksis!

 Permintaan terhadap makanan beku (frozen food) belakangan meningkat pesat terutama sejak diterapkannya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tak sedikit, masyarakat pun berlomba-lomba memulai bisnis frozen food demi meraup cuan atau sekadar bertahan hidup di tengah pandemi.
Meski begitu, memulai bisnis frozen food sebenarnya bukan perkara mudah. Menurut Pakar Marketing Hermawan Kartajaya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis frozen food.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis frozen food, di antaranya customer (pelanggan), product, dan brand.

"Sekarang ini banyak orang latah memulai bisnis, seperti frozen food ini, hati-hati, krisis ini bisa dilihat sebagai opportunity tapi tidak untuk semua orang, ini opportunity bagi mereka yang sudah ngerti channel-nya, jenis makanannya, sudah punya brand. Kalau baru mau mulai sudah punya customer belum? Productnya seperti apa? Sudah punya brand apa belum?" kata Hermawan kepada detikcom, Kamis (18/6/2020).

Namun, jangan berkecil hati, siapapun tetap bisa memulai bisnis frozen food asal memahami betul cara kerja bisnis tersebut. Berikut lima tips dari Hermawan agar kamu bisa sukses memulai bisnis frozen food:

1. Komitmen

Sebelum mulai terjun di dunia bisnis frozen food atau bisnis apapun itu, kamu perlu menanam komitmen serta disiplin yang kuat di dalam diri. Sebab, tanpa komitmen, bisnis kamu tidak akan berkembang sukses sesuai yang diharapkan.

"Kamu harus prepare, kalau COVID-19 ini mereda bagaimana? Silahkan mulai asal siap nanti kalau sudah masuk post-normal seperti apa, apakah siap bertahan?," kata Hermawan.

2. Riset

Setelah itu, kamu wajib rajin-rajin riset terkait modal, bahan baku, cara pengolahan yang baik seperti apa. Agar produk yang dihasilkan tidak kalah dengan brand-brand ternama.

"Perlu persiapan yang matang," sambungnya.

3. Pilih Produk Frozen Food yang Unik

Selain itu, pebisnis pemula juga perlu paham yang namanya positioning, differentiation, branding (PDB) untuk produk yang ditawarkannya. Artinya, untuk produk apapun yang mau dijual harus memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak mudah diikuti oleh pesaing. Jenis frozen food sendiri beragam mulai dari nugget, sosis, bakso, siomay, risol, donat beku, empek-empek dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis frozen food tersebut pilihlah yang paling kamu sukai dan kreasikan seunik dan selezat mungkin.

"Cari produk yang spesifik yang PDB-nya jelas, positioning, differentiation, brandingnya, kalau tidak punya differentiation ya akhirnya jual harga, lalu kasih brand apa biar unik," terangnya.

4. Tentukan Target Pasar dan Pelanggan

Menentukan target pasar dan pelanggan juga perlu pengamatan yang mendalam. Perlu analisis mau menarget pelanggan segmen apa saja? Target pelanggan bisa didapatkan dari online maupun offline. Namun, tidak bisa hanya menyasar satu segmen saja misal online saja.

"Cari customer-ya dulu, siapa customer yang mau ditarget dan mereka butuh frozen food yang seperti apa. Teliti dulu mau menyasar segmen apa? Bisa online atau offline tapi nggak bisa cuma online saja, lalu pelajari lagi sizenya seperti apa, gede apa kecil?" tambahnya.

5. Pelajari Persaingan

Memulai bisnis tentu perlu siap dengan yang namanya persaingan. Untuk menyikapi persaingan tersebut, kamu perlu siap mental dan menerima persaingan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sebuah bisnis. Lalu, lihat persaingan sebagai masukkan untuk pengembangan usaha kita.

"Perlu juga mempelajari kompetitor kita siapa, siapa saja yang sudah mulai bisnis serupa, baru ditimbang-timbang, karena semua bisnis itu ada risikonya," tutupnya.
https://nonton08.com/fairy-tail-episode-324-subtitle-indonesia/