Jumat, 29 Januari 2021

Telkomsel Umumkan Startup Sosial Terbaik, Siapa Mereka?

 - Telkomsel mengumumkan startup berdampak sosial terbaik di ajang The NextDev Talent Scouting 2020. Siapa startup yang dimaksud?

"Melalui The NextDev, kami memfasilitasi para pemain industri kreatif digital untuk saling berkolaborasi dan memaksimalkan potensi digital untuk menghadirkan solusi berdampak positif yang dapat membuka segala kemungkinan bagi masyarakat," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam siaran persnya, Jumat (29/1/2021).


The NextDev Talent Scouting adalah kompetisi nasional bagi early-stage startup berdampak sosial positif yang mampu menjadi penguat ekosistem digital di Indonesia melalui implementasi teknologi di sektor yang lebih luas.


Pada edisi kali ini, Telkomsel membagi The NextDev Talent Scouting 2020 ke dalam empat kategori vertikal, yaitu EnviroTech For Better Planet, The Borderless Digital Economy, HealthTech Innovation, dan EdTech for All.


Tiap kategori dirancang berdasarkan Sustainable Development Goals dari PBB agar The NextDev Talent Scouting dapat membentuk startup yang mampu menyediakan solusi berbasis teknologi terkini terhadap tiap tantangan fundamental di tengah masyarakat.


Dibuka November lalu, The NextDev Talent Scouting 2020 diikuti 282 early-stage startup yang telah disaring secara bertahap hingga menghasilkan 12 nama startup yang bersaing di fase Grand Final National Pitching.


Di babak ini, Duitin (EnviroTech For Better Planet), Komerce (The Borderless Digital Economy), DocLink (HealthTech Innovation), dan Parakerja (EdTech for All) menjadi yang terbaik di kategorinya masing-masing dan berhak mendapatkan dana hibah sebesar Rp10.000.000.


Semua startup finalis The NextDev Talent Scouting 2020 mengikuti beberapa tahapan pitching dari para juri. Berdasarkan penilaian, Komerce terpilih sebagai Best of the Best Startup dan mengantongi dana hibah Rp100 juta. Adapun, Meyer Food terpilih kategori Most Favorite Startup dengan hadiah Rp 10 juta.


Diharapkan para talenta digital yang sedang membangun startup dapat terus terlibat dalam perkembangan sektor ekonomi kreatif dengan penggunaan teknologi digital yang dapat membuka berbagai peluang untuk kemajuan bangsa Indonesia.


"Semoga ke depannya, Telkomsel dan para startup binaan The NextDev dapat menciptakan ekosistem yang mampu meningkatkan kontribusi nilai tambah ekonomi digital kreatif, sehingga memperbesar peluang Indonesia dalam persaingan ekonomi global," tutup Setyanto.


Selanjutnya, semua startup finalis The NextDev Talent Scouting 2020 akan mengikuti The NextDev Academy, ajang pengembangan startup teknologi berdampak sosial positif dengan kurikulum komprehensif serta bimbingan mentor terbaik, yang akan kembali diselenggarakan pada tahun ini.

https://maymovie98.com/movies/galih-ratna/


Epic Games Bagi 750 Juta Game Gratis Selama 2020


- Steam masih jadi platform game favorit untuk PC, namun Epic Games bakal menjadi pesaing ketat Steam. Utamanya karena Epic punya cara menarik untuk menarik pengguna, yaitu dengan sering membagikan game gratis.

Menurut Epic, selama 2020 ada hampir 750 juta game gratis diklaim di platformnya. Jika datanya dipecah, secara total ada 103 game gratis yang diklaim oleh 160 juta gamer PC.


Namun Epic tak cuma dimanfaatkan untuk game gratis, karena selama 2020 mereka mendapat pemasukan sebesar USD 700 juta, dengan USD 265 juta di antaranya adalah transaksi game pihak ketiga yang dipasarkan di Epic Game Store.


Durasi pengguna bermain game di platform tersebut pun melesat dari 3,35 miliar jam menjadi 5,7 miliar jam. Namun bagian ini mungkin sedikit banyak adalah dampak dari pandemi.

https://maymovie98.com/movies/island-city/


Ikut Kampanye Tokopedia Nyam, Omzet 2 Usaha Ini Naik 2-4 Kali Lipat

 Adaptasi dan inovasi lewat teknologi menjadi cara dunia usaha agar tetap dapat berusaha di tengah pandemi. Contoh nyatanya dapat dilihat dari 2 pengusaha yang mengikuti Tokopedia Nyam yang omzetnya naik 2-4 kali lipat.

Seperti Prima Hayuningputri (Putri) dan Anika Miranti (Nike) pemilik usaha Mad Bagel. Sebagai ibu bekerja, Putri dan Nike mencari cara untuk bisa tetap bekerja sambil mengasuh anak.


Akhirnya, mereka membangun Mad Bagel yang sesuai dengan kegemaran dan bakat masing-masing, yaitu baking dan mulai berjualan di tahun 2014. Inovasi pun dilakukan oleh mereka, salah satunya dengan cara mengikuti Tokopedia Nyam.


"Setelah mengikuti Tokopedia Nyam sejak Juli 2020, kini penjualan Mad Bagel meningkat sangat signifikan bahkan mencapai 270% atau sebesar hampir 4x lipat," ungkap Putri dalam keterangan tertulis, Jumat (29/1/2021).


Putri menambahkan Tokopedia Nyam juga membantu memberikan publikasi sehingga masyarakat jadi tertarik untuk mencoba produk mereka.


"Saat ini, Mad Bagel telah berhasil menjual hingga 2.000 produk melalui Tokopedia Nyam," tuturnya.


Hal serupa juga dilakukan oleh Muhammad Kautsar yang mulai berbisnis sejak 2015. Saat itu, ia berjualan siomay untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi keluarganya.


Ia kemudian mengembangkan usahanya dengan mendirikan Dimsum 49 di 2017. Peningkatan transaksi signifikan juga dialami Dimsum 49 sejak mengikuti Tokopedia Nyam.


"Penjualan kami meningkat hingga 90% atau sebesar hampir 2x lipat. Produk kami juga semakin dikenal masyarakat dengan adanya badge Terbukti Nyam!, hasil review oleh William Gozali, salah satu chef ternama Indonesia," ungkap Kautsar.

https://maymovie98.com/movies/madonna-and-the-breakfast-club/


Lewat bisnisnya, Kautsar kini bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi 200 karyawan dan menambah penghasilan bagi sekitar 3.000 reseller yang mayoritas adalah ibu rumah tangga dan karyawan yang terdampak pandemi.


Sejak awal pandemi, Tokopedia memang menggencarkan kolaborasi dengan pegiat usaha lokal makanan dan minuman, salah satunya lewat kampanye Tokopedia Nyam.


"Kopi literan lokal, madu, makanan khas Korea seperti tteokbokki, camilan seperti pisang goreng madu hingga buah mangga menjadi produk paling diburu masyarakat selama kampanye ini berlangsung," jelas AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia, Jessica Stephanie Jap.


"Kehadiran Tokopedia Nyam dan sederet inisiatif lainnya telah mendorong kenaikan transaksi pada kategori F&B jelang akhir 2020 mencapai lebih dari 3x lipat," tambahnya.


Jumlah penjual makanan siap masak juga bertambah menjadi hampir 3x lipat selama Desember 2020, jika dibandingkan dengan sebelum pandemi. Penjualan makanan siap masak pun meningkat lebih dari 3,5x lipat.


Jessica menuturkan, selain untuk membantu pegiat usaha F&B mempertahankan bisnis di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi, kampanye Tokopedia Nyam juga ditujukan mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah dan efisien, tanpa harus keluar rumah atau berkerumun.


"Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis - tidak terkecuali pegiat UMKM di bidang F&B dan seluruh masyarakat Indonesia - agar dapat bersama mendorong pemulihan ekonomi nasional," kata Jessica.


Jessica bersama timnya juga konsisten menghadirkan berbagai inovasi demi terus mendukung pegiat usaha lokal di industri makanan dan minuman. Misalnya melalui inisiatif seperti #SatuDalamKopi dan Tokopedia Nyam yang berhasil mendorong pelaku usaha di Indonesia terus beroperasi secara online terutama di tengah pandemi.


Selain memberikan panggung kepadapegiat usaha lokal, inisiatif-inisiatif tersebut diharapkan dapat mendorong lebih banyak masyarakat bangga akan produk buatan Indonesia.

https://maymovie98.com/movies/the-breakfast-club/