Senin, 01 Maret 2021

Netizen RI Tidak Sopan, Kominfo Bentuk Komite Etika Berinternet

 Untuk menciptakan ruang digital Indonesia bersih, sehat, beretika, produktif, dan memberikan keadilan bagi masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membentuk Komite Etika Berinternet atau Net Ethics Committe (NEC).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, pembentukan NEC ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo pada 15 Februari 2021.


"Bapak Presiden Joko Widodo memberi arahan untuk tetap menjaga ruang digital Indonesia, agar bersih, agar sehat, agar beretika, agar penuh dengan sopan santun, agar penuh dengan tata krama, agar produktif dan mampu memberikan keadilan bagi masyarakat," ujar Johnny dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (26/2/2021).


Menurut Menkominfo, arahan Presiden tersebut dinilai sangat relevan dengan kondisi ruang digital Indonesia, mengingat peningkatan intensitas penggunaan Internet dan media sosial di Indonesia yang sangat masif.


Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2020 menunjukkan bahwa pengguna internet mencapai 73,7% dari total penduduk, atau setara dengan 196,7 juta penduduk Indonesia.


Angka pengguna tersebut bertambah 25,5 juta atau 8,9% dari periode survei tahun sebelumnya. Survei yang sama juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk dua kegiatan utama, yaitu berselancar di media sosial serta untuk melakukan komunikasi daring.


Pembentukan NEC, menurut Johnny cukup penting karena di tengah penggunaan ruang digital yang sedemikian masif ini, yang mana hal itu belum sepenuhnya diikuti dengan perilaku pemanfaatan digital yang beretika.


"Berdasarkan studi perilaku digital oleh salah satu perusahaan teknologi global pada tahun 2021 ini, tingkat digital civility atau keberadaban di ruang digital Indonesia masih tergolong rendah. Indeks digital civility diukur dari persepsi netizen terhadap risiko yang mungkin mereka dapatkan seperti ujaran kebencian, perundungan siber (cyberbullying), pelecehan daring, penyebaran data pribadi, dan ancaman terhadap keberadaban di ruang siber lainnya," tuturnya.


Mengutip hasil survei yang sama, Menkominfo mengungkapkan posisi Indonesia berada pada peringkat ke-29 dari total 32 negara subyek studi. Hal itu yang membuat miris ruang digital dari sisi perilaku netizennya.


"Indonesia menduduki peringkat ke-29, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan posisi bawah, di antara negara-negara Asia Pasifik lainnya," ungkapnya.


Lebih lanjut lagi, Johnny mengatakan situasi itu bisa terjadi lantaran adanya penyebaran hoax, disinformasi dan ujaran kebencian yang makin marak ditemukan di ruang digital Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.


"Secara garis besar, skor ini sedikit banyak dipengaruhi oleh tingkat penyebaran hoax, disinformasi, ujaran kebencian, serta kejadian bullying dan pelecehan daring yang semakin marak," tegasnya.

https://movieon28.com/movies/the-man-with-the-golden-arm/


Tokopedia Sukses Gaet BLACKPINK dan BTS, Ini Sosok di Balik Layarnya


 Penampilan BTS dan BLACKPINK dalam acara Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Tokopedia telah ditonton lebih dari 15 juta kali baik di platform Tokopedia Play maupun di channel YouTube resmi Tokopedia. Bahkan, sempat menjadi trending di Indonesia dan dunia.

Di balik kesuksesan tersebut ada sosok Head of Brand and Social Media Tokopedia Raditya Beer. Ia adalah sosok di balik kesuksesan WIB TV Show. Raditya bertanggung jawab atas kampanye pemasaran dan proses kreatif, mulai dari pemilihan pengisi acara hingga penentuan konten eksklusif yang akan disuguhkan untuk masyarakat Indonesia.


Dalam menghadirkan beragam ide kreatif dan inovatif, Raditya tidak sendiri melainkan berkolaborasi dengan puluhan Nakama, sebutan untuk karyawan Tokopedia.


"Kami di Tokopedia selalu berupaya menghadirkan inisiatif yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan, serta tren yang ada. Sejalan dengan salah satu DNA Tokopedia, yaitu Focus on Consumer," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/2/2021).


"Lewat kolaborasi dengan BTS dan BLACKPINK, misalnya. Ini adalah upaya Tokopedia untuk tetap relevan dengan pasar Indonesia di mana Korean Wave semakin diminati masyarakat, terutama anak muda," tambahnya.


Lebih lanjut Raditya mengatakan, lewat kerja sama yang terjalin dengan mega bintang global seperti BTS dan BLACKPINK, Tokopedia percaya bisa membawa nama Indonesia ke panggung global.


Raditya juga memberikan tips berkarya di industri digital yang sangat dinamis. Menurutnya, talenta digital harus memiliki pandangan visioner agar bisa selalu relevan dengan audiens.


"Talenta digital harus terus memiliki rasa penasaran yang tinggi agar tidak berhenti belajar dan bisa berpikir jauh ke depan. Dalam hal pemasaran digital, dibutuhkan pula kecepatan dalam mengadopsi platform media sosial baru agar selalu bisa menjadi solusi yang relevan bagi audience," tuturnya.

https://movieon28.com/movies/insanity-insane-abs/

Game Baru Crayon Shin-Chan Bakal Sambangi Nintendo Switch

  Untuk kalian penggemar game Crayon Shin-Chan, akan ada game baru yang bisa dimainkan di Nintendo Switch dengan judul Crayon Shin-Chan: Ora ta Hakase no Natsuyasumi - Owaranai Nanokakan no Tabi (Crayon Shin-Chan: Me and the Professor's Summer Holiday - The Endless Seven-Day Trip).

Game ini terinspirasi dari anime Crayon Shin-Chan yang biasa kalian saksikan di layar kaca. Rencananya game Crayon Shin-Chan akan hadir pada musim panas 2021.


Hal ini memang menjadi kabar gembira untuk penggemar game Nintendo Switch, khusus untuk Jepang. Namun tidak menutup kemungkinan akan hadir juga secara global.


Dikutip melalui Gamespot, sementara game ini akan eksklusif untuk Jepang, namun sambutan positif ternyata datang dari penggemar internasional setelah menonton trailer game Crayon Shin-Chan.


"Saya akan melakukan yang terbaik untuk merilis versi Eropa," tweet Ayabe selaku developer yang sebelumnya pernah membuat Attack of the Friday Monster, menanggapi pertanyaan di kolom komentar akun Twitternya, perihal apakah game tersebut akan rilis di Eropa, seperti yang dikutip detikINET melalui IGN, Jumat (26/2/2021).


Dalam trailer Crayon Shin-Chan: Ora ta Hakase no Natsuyasumi - Owaranai Nanokakan no Tabi yang telah rilis, menampilkan kehidupan Nohara Shinnosuke alias Shin-Chan ketika liburan musim panas bersama orang tua, adik perempuan dan anjing peliharaannya.


Pemain dapat melakukan beberapa aktivitas di dalam game seperti memancing, menangkap serangga, berlari dan pastinya berinteraksi dengan karakter pendukung. Shin-Chan juga akan menjalani petualangan seru setelah bertemu dengan profesor, dinosaurus dan seorang ninja berdasarkan trailer game tersebut.


Kira-kira seperti apa petualangan yang akan menanti Crayon Shin-Chan, dan apakah game ini nantinya akan dirilis secara global? Mari tunggu informasi selanjutnya dari Nintendo Switch.

https://movieon28.com/movies/insanity-max-30-max-out-15/


Netizen RI Tidak Sopan, Kominfo Bentuk Komite Etika Berinternet


Untuk menciptakan ruang digital Indonesia bersih, sehat, beretika, produktif, dan memberikan keadilan bagi masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membentuk Komite Etika Berinternet atau Net Ethics Committe (NEC).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, pembentukan NEC ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo pada 15 Februari 2021.


"Bapak Presiden Joko Widodo memberi arahan untuk tetap menjaga ruang digital Indonesia, agar bersih, agar sehat, agar beretika, agar penuh dengan sopan santun, agar penuh dengan tata krama, agar produktif dan mampu memberikan keadilan bagi masyarakat," ujar Johnny dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (26/2/2021).


Menurut Menkominfo, arahan Presiden tersebut dinilai sangat relevan dengan kondisi ruang digital Indonesia, mengingat peningkatan intensitas penggunaan Internet dan media sosial di Indonesia yang sangat masif.


Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2020 menunjukkan bahwa pengguna internet mencapai 73,7% dari total penduduk, atau setara dengan 196,7 juta penduduk Indonesia.


Angka pengguna tersebut bertambah 25,5 juta atau 8,9% dari periode survei tahun sebelumnya. Survei yang sama juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk dua kegiatan utama, yaitu berselancar di media sosial serta untuk melakukan komunikasi daring.


Pembentukan NEC, menurut Johnny cukup penting karena di tengah penggunaan ruang digital yang sedemikian masif ini, yang mana hal itu belum sepenuhnya diikuti dengan perilaku pemanfaatan digital yang beretika.


"Berdasarkan studi perilaku digital oleh salah satu perusahaan teknologi global pada tahun 2021 ini, tingkat digital civility atau keberadaban di ruang digital Indonesia masih tergolong rendah. Indeks digital civility diukur dari persepsi netizen terhadap risiko yang mungkin mereka dapatkan seperti ujaran kebencian, perundungan siber (cyberbullying), pelecehan daring, penyebaran data pribadi, dan ancaman terhadap keberadaban di ruang siber lainnya," tuturnya.

https://movieon28.com/movies/the-insanity/