Kamis, 20 Mei 2021

Jeff Bezos Mulai Jualan Tiket Wisata Luar Angkasa

  Blue Origin, startup antariksa besutan Jeff Bezos, mulai membuka pendaftaran untuk pembelian tiket wisata ke luar angkasa. Wisata yang unik ini akan menggunakan sistem roket bernama New Shepard.

Sayangnya, dalam beberapa postingan di media sosial, Blue Origin tidak mengungkap harga tiket untuk membeli kursi di perjalanan ini.


Video singkat itu hanya mengatakan wisatawan yang berminat bisa mendaftarkan nama dan emailnya di situs Blue Origin dan akan mendapatkan detail lebih lengkapnya pada 5 Mei mendatang, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (1/5/2021).


Video tersebut juga memperlihatkan Bezos mengecek langsung kapsul New Shepard setelah uji terbang ke-15 di gurun Texas pada 14 April yang lalu. Dalam uji coba itu, kapsul New Shepard berhasil mendarat menggunakan parasut sambil membawa manekin bernama Mannequin Skywalker.

Blue Origin mengembangkan roket New Shepard khusus untuk wisata antariksa. Sistem roket dan kapsul ini tidak dirancang untuk terbang sampai ke orbit, melainkan batas antara atmosfer Bumi dengan luar angkasa yang dinamakan garis Karman.


Sistem New Shepard terdiri dari dua bagian yaitu kapsul berbentuk kubah di bagian atas, dan booster roket setinggi 18 meter yang bisa terbang ke luar angkasa dengan kecepatan hingga tiga kali kecepatan suara.


Kapsul ini dirancang untuk memisahkan diri dari roket saat sudah mendekati puncak penerbangannya. Setelah melepaskan diri, booster roket akan kembali ke Bumi agar bisa digunakan kembali, mirip seperti roket-roket buatan SpaceX.


Begitu sampai di ketinggian 106 km, kapsul akan menghabiskan waktu beberapa saat di kondisi gravitasi nol sebelum kembali ke Bumi menggunakan parasut.


Kapsul New Shepard dirancang untuk menampung enam penumpang sekaligus. Kapsul ini juga memiliki jendela besar di tiap sisinya yang dirancang untuk memberikan sudut pandang yang luas bagi para turis untuk menikmati pemandangan di luar angkasa.


Dalam uji coba terakhirnya, roket ini berhasil mencapai ketinggian lebih dari 340.000 kaki atau lebih dari 100 km. Kapsulnya yang memisahkan diri dengan roket menghabiskan 10 menit di kondisi gravitasi nol sebelum kembali ke Bumi.


Blue Origin bukan satu-satunya perusahaan yang mulai menawarkan tiket wisata ke luar angkasa. Virgin Galactic, perusahaan milik entrepreneur asal Inggris Richard Branson, adalah nama besar lainnya di dunia wisata antariksa yang menjadi penantang utama Blue Origin.


Hingga saat ini, Virgin Galactic sudah menjual tiket untuk 600 penumpang dengan harga antara USD 200.000 dan USD 250.000. Sebelumnya, Bezos pernah mengatakan harga tiket wisata Blue Origin tidak akan berbeda jauh dengan pesaingnya.

https://tendabiru21.net/movies/hong-kong-gigolo/


Apple Didenda Rp 173 Miliar Gara-gara Monopoli


Badan antimonopoli Rusia (Federal Antimonopoly Service - FAS) mendenda Apple sebesar USD 12 juta atau sekitar Rp 173 miliar karena masalah monopoli.

FAS mulai menginvestigasi Apple setelah menerima keluhan dari Kaspersky Lab pada Maret 2019. Menurut perusahaan keamanan siber itu, Apple memaksa untuk membatasi fungsionalitas di aplikasi Safe Kids milik Kaspersky, tepatnya setelah Apple menambahkan fitur Screen Time di iOS 12.


Denda ini muncul hampir bersamaan dengan langkah Uni Eropa untuk menjatuhkan hukuman sejenis pada Apple, yang berdasar pada laporan dari Spotify pada Maret 2019 terkait potongan 30% dari transaksi pembelian in-app di App Store.


Menurut Spotify, hal tersebut memberikan keunggulan terhadap layanan streaming lagu milik Apple. Masalah serupa tapi tak sama juga terjadi terhadap aplikasi lain, seperti Kidslox dan Qustodio, keduanya merupakan aplikasi kontrol parental.


Dalam pernyataannya, FAS memerintahkan Apple untuk mengambil langkah yang memastikan kalau aplikasi mereka bakal bersaing secara adil dengan aplikasi lainnya, juga memastikan kalau developer aplikasi kontrol parental bisa mendistribusikan software mereka tanpa batasan fitur.


Namun Apple mengaku tak setuju terhadap putusan pihak regulator tersebut dan mengaku akan naik banding terhadap putusan tersebut, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (1/5/2021).


"Kami sudah bekerja sama dengan Kaspersky untuk memastikan agar aplikasi mereka bisa mematuhi aturan yang dibuat untuk menjaga keamanan anak-anak," ujar juru bicara Apple.


"Kini mereka punya 13 aplikasi di App Store dan kami sudah memproses ratusan pembaruan mereka," tambahnya.


Sebelumnya Apple berkilah kalau pembatasan fitur itu dilakukan karena mereka menggunakan teknologi Mobile Device Management (MDM), yang sebenarnya ditujukan untuk dipakai oleh perusahaan besar yang ingin mengontrol perangkat-perangkatnya.


Menurut Apple penggunaan teknologi tersebut untuk aplikasi kelas consumer sangatlah berisiko karena bisa saja membuat aplikasi tersebut diretas.

https://tendabiru21.net/movies/thats-money/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar