Sabtu, 13 Juni 2020

Ucapan untuk Orang Sakit dan Doanya Sesuai Ajaran Islam

Menjenguk orang sakit merupakan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dalam kesempatan itu, Nabi Muhammad juga menyampaikan ucapan untuk orang sakit.
Berdasarkan hadits riwayat Muslim, Nabi Muhammad dan sahabatnya pernah menjenguk seorang lelaki dari kaum Anshar bernama Sa'ad bin Ubadah.

Dari Abdullah bin Umar RA, dia berkata "Kami sedang duduk-duduk bersama Rasulullah SAW. Kemudian datang seorang lelaki dari kaum Anshar, lalu ia mengucapkan salam kepada beliau. Ketika ia hendak beranjak, beliau bertanya, 'Bagaimana kondisi saudaraku Sa'ad bin Ubadah?' Lelaki itu menjawab, 'Keadaannya membaik', lalu beliau bertanya lagi, 'Siapa di antara kalian yang ingin menjenguknya?' Lalu beliau berdiri dan kami pun ikut berdiri bersamanya. Kami berjumlah tiga belas orang, dan tak seorang pun dari kami yang memakai sandal, sepatu, topi (tutup kepala), atau gamis. Kami berjalan kaki di atas tanah yang gersang, hingga tiba di rumahnya. Lalu, orang-orang yang mengerumuni Sa'ad mundur untuk memberi jalan, hingga Rasulullah SAW dan para sahabatnya bisa mendekat kepada Sa'ad bin Ubadah.

Selain itu, diriwayatkan juga dalam hadits Bukhari dari Al-Barra' bin Azib RA:

"Rasulullah memerintahkan kami dengan tujuh perkara, mengunjungi orang yang sakit, mengiringi jenazah, menjawab orang yang bersin, membantu orang yang lemah, menolong orang yang dizalimi, menyebarkan salam, selalu berbuat baik, melarang minum dari bejana emas, bercincin dengan emas, duduk di atas makam, memakai sutera dan menjadi pendeta."

Berikut kata ucapan untuk orang sakit Islami:
Dikutip dari buku Mukhtasar Shahih Muslim karya Syaikh M Nashiruddin al-Albani, Rasulullah meminta umat Muslim yang menjenguk saudaranya yang sakit untuk berkata baik atau berdoa sehingga diijabah oleh para malaikat.

Dari Ummu Salamah RA, dia berkata, "Rasulullah SAW bersabda 'Jika kamu membesuk orang sakit atau jenazah, maka ucapkan lah ucapan yang baik (doa), karena para malaikat akan mengamini apa yang kamu ucapkan'."

Kemudian, dikutip dari buku 'Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa: Rangkaian dan khasiat doa sehari-hari dari al-Qur'an dan Hadist' karya Ust. Ahmad Zacky El-Syafa, Rasulullah juga mengamalkan doa saat menjenguk Sa'ad bin Abi Waqqash yang tengah berbaring sakit, berikut bunyinya:

"Allahumma isyfi sa'dan, allahumma isyfi sa'dan, allahumma isyfi sa'dan"

Artinya: Ya Allah.. sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia, ya Allah sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia, ya Allah sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia." (HR. Muslim)

Semoga kita bisa mengamalkan ucapkan untuk orang sakit ya!

Ini Artinya Jika Kamu Tiba-tiba Mimpi Terpeleset Saat Tidur

Mungkin sebagian orang pernah merasa seperti terpeleset saat tidur. Sebenarnya mengapa sih kita bisa mimpi seperti itu?
Mengutip Healthline, dalam dunia medis fenomena ini disebut hypnagogic jerk atau hypnic jerk. Kondisi di mana ada sentakan mendadak saat kita bertransisi antara terjaga dan tertidur.

Meski begitu kamu tidak perlu khawatir jika mengalami kondisi seperti ini. Salah satu teorinya menyebutkan hal ini terjadi saat saraf macet di kala kamu bertransisi dari terjaga sampai tertidur.

Para dokter menyebut kemungkinan pemicu merasa 'terpeleset' saat tidur bisa karena kebiasaan tidur yang buruk. Bisa juga karena stres, merasa cemas berlebihan, dan kelelahan. Hal-hal ini bisa membuat kondisi hypnic jerk semakin sering terjadi.

"Lebih seringnya, hypnic jerk itu normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Meski begitu, jika sentakan ini, atau kecemasan karena mengalaminya mengganggu tidurmu secara signifikan, kamu harus membicarakannya pada ahlinya soal kekhawatiranmu," jelas psikolog dan ahli tidur, Michelle Drenup, dikutip dari Science Alert.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar