Minggu, 21 Juni 2020

Instagram Saingi Kepopuleran Twitter Sebagai Sumber Berita

Laporan terbaru di industri berita digital mengungkapkan bahwa kepopuleran Instagram melesat sebagai sumber berita menyaingi seniornya Twitter.
Dikutip dari Search Engine Journal, laporan The 2020 Reuters Institute Digital News menemukan bahwa jumlah pengguna yang mengakses Instagram untuk mencari berita bertambah dua kali lipat sejak 2018.

Demografi anak-anak muda mendominasi kondisi ini. Instagram melesat menjadi sumber berita populer bagi pengguna berusia 18-24 tahun. Dua pertiga orang berusia di bawah 25 tahun mengatakan, mereka menggunakan Instagram untuk selalu update informasi terbaru.

"Instagram menjadi sangat populer di kalangan anak muda. Mereka benar-benar merespons dengan baik informasi yang diceritakan secara sederhana dan baik dengan gambar visual," kata Nic Newman, penulis utama laporan ini.

Fitur Instagram seperti Stories dan IGTV boleh dibilang berkontribusi banyak terhadap lonjakan popularitas Instagram sebagai sumber berita dikarenakan fitur-fitur ini secara visual menarik dan interaktif.

Laporan ini merangkum ada sekitar 11% orang mencari berita lewat Instagram, hanya terpaut sedikit dari Twitter (12%). Posisi puncak memang masih dikuasai Facebook sebagai medsos yang dijadikan sumber mencari berita (36%). Menyusul setelah Facebook, ada YouTube dan WhatsApp dengan masing-masing persentase 21% dan 16%.

Meski demikian, Reuters menyebutkan medsos adalah sumber berita yang kurang dipercaya. Orang-orang tidak sepenuhnya mempercayai berita yang ada di medsos, hanya 29% orang yang mempercayainya.

Ramai Pengguna IndiHome Sudah Bisa Nonton Netflix, Ini Kata Telkom

 Telkom menegaskan untuk saat ini layanan IndiHome belum bisa mengakses Netflix. Pernyataan ini merespons sejumlah pelanggan IndiHome yang melaporkan layanan triple play tersebut tampaknya telah membuka pemblokiran terhadap Netflix.
"Untuk saat ini officially masih belum dibuka (pemblokiran terhadap Netflix-red)," ujar VP Corporate Communication Telkom Indonesia Arif Prabowo kepada detikINET, Minggu (21/6/2020).

"Hingga saat ini, layanan Netflix belum dapat diakses dari jaringan Telkom Group. Kami terus lakukan pengecekan untuk memastikan kebijakan ini," sambungnya.

Sebagai informasi, Telkom menutup akses Netflix di jaringan IndiHome, WiFi.id, dan Telkomsel, sejak pengumuman ekspansi Netflix ke Indonesia pada awal 2016 silam sampai sekarang.

Dalam beberapa kesempatan terakhir, perusahaan BUMN ini mengakui bahwa mereka sedang dalam proses pembicaraan dengan Netflix tersebut. Akan tetapi, Telkom memberi sinyal agar Netflix terlebih dahulu mematuhi peraturan yang berlaku, salah satunya soal take down konten untuk menjamin kenyamanan pelanggan.

Diberitakan sebelumnya, linimasa media sosial Twitter, terlihat beberapa pengguna yang tampak senang mengumumkan bahwa koneksi IndiHome mereka sudah bisa mengakses Netflix.

Meski demikian, masih banyak juga yang mengaku belum bisa mengakses Netflix saat mereka mengeceknya langsung menggunakan koneksi IndiHome mereka.
https://nonton08.com/cast/jung-min-sung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar