Jumat, 26 Juni 2020

4 Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Makin Kinclong

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting lho detikers. Bukan hanya rajin menyikat gigi dua kali sehari, tapi beberapa makanan juga diklaim ampuh untuk membuat gigi tetap sehat.
Dengan gigi yang sehat, Anda tak perlu takut merasa ngilu saat mengonsumsi makanan-makanan berisiko seperti es krim atau coklat. Gigi juga berperan penting dalam menjaga penampilan. Senyuman yang memukau akan muncul dari gigi yang sehat dan terjaga.

Dikutip dari Medical Daily, berikut beberapa makanan yang bisa menjaga kesehatan gigi. Simak yuk.

1. Apel
Konsumsi apel sehari disebut dapat menjauhkan Anda dari urusan dengan dokter gigi. Buah-buahan segar seperti apel berperan sebagai sikat gigi alami yang membantu membersihkan plak dan karang gigi.

2. Jeruk
Jeruk dan semua jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti lemon dan nanas juga dapat melindungi gusi dari kerusakan. Vitamin C berperan penting dalam kesehatan gusi. Vitamin C membantu membangun kekebalan tubuh dengan memerangi segala infeksi, termasuk pada gusi.

3. Stroberi
Untuk mendapatkan gigi yang lebih putih, gosokkan buah stroberi pada gigi Anda. Manfaat stroberi untuk gigi didapat karena kandungan asam malat di dalamnya yang merupakan enzim pemutih.

4. Pisang
Pisang menjadi buah yang kaya nutrisi seperti kalium, magnesium, dan mangan. Dengan demikian, konsumsi pisang dapat menjaga kesehatan gigi Anda.

Selain itu, kulit pisang juga diketahui dapat membantu membuat gigi lebih putih dan menangani gigi sensitif. Gosokkan kulit pisang pada gigi setiap hari selama dua pekan untuk mendapatkan gigi putih bersinar.

Unpad-ITB Pamerkan Tiga Produk Inovasi Lawan COVID-19

 Tim dari UNPAD dan ITB memamerkan tiga alat pendeteksi COVID-19 yang tengah dikembangkan untuk memerangi wabah di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (25/6/2020). Pertama adalah alat rapid test 2.0 yang menjadi pendeteksi antigen pada COVID-19. Kemudian Ganexpad yang merupakan kolaborasi antara UNPAD dan ITB, serta Vit-PAD-Iceless Transport System (VTM).
Sekretaris Pusat Riset Bioteknologi Molekular dan Bioinformatika UNPAD Muhammad Yusuf mengatakan, untuk rapid tes 20 atau alat Deteksi CePAD tengah memasuki tahap validasi. Dalam sepekan terakhir, alat ini telah menjajal 30 sampel-sampel positif. Pengujian sampel bekerjasama dengan Labkesda Jabar yang selama ini menguji sampel swab test COVID-19.

"Tinggal kita sedang mencari sampel positifnya ini mudah-mudahan bisa dibantu juga. Kendalanya ini mencari sample positif di Jabar sulit. Tapi dari hasil uji yang dilakukan, ada sekitar 30 sampel diujicobakan itu, hasilnya setara. Jadi melalui PCR (swab test) negatif, ini juga negatif. Artinya alat in tidak terganggu alat swab dan lainnya juga," kata Yusuf di Gedung Sate, Kamis (25/6/2020).

Cara kerjanya, berbeda dengan rapid test pada umumnya yang menggunakan sampel darah. Rapid test buatan UNPAD ini mengambil swab di permukaan posterior nasofaring. Kemudian spesimen di masukkan ke dalam tabung berisi buffer sampel, dan kemudian dikocok agar spesimen terlarut dalam buffer dan didiamkan lima menit dalam keadaan tertutup.

Setelah itu, hasil larutan dalam buffer diteteskan ke tes strip. Hasilnya akan muncul 20 menit kemudian.

"Mudah mudahan penanganan covid semakin lebih baik. Yang lebih penting, kita bersyukur, ada hikmahnya, banyak yang bergerak dari akademisi dan industri mengembangkan inovasi," kata Yusuf.

Sementara itu, anggota tim peneliti dari FK UNPAD dan Biokimia ITB Hesti Lina mengatakan, salah satu inovasi lain yang dibuat adalah VTM atau wadah untuk menyimpan sampel untuk laboratorium, tanpa memerlukan boks es. Sampel tidak akan rusak meski disimpan di dalam suhu ruangan selama 10 - 15 hari.
https://indomovie28.net/patient-seven/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar