Minggu, 28 Juni 2020

Kuliah Online Penuh Drama, Para Mahasiswa Ini Tetap Dapat Nilai Memuaskan

Drama kuliah online dirasakan para mahasiswa di masa pandemi Corona ini. Bahkan ada mahasiswa yang viral setelah curhat di Twitter mengalami penurunan IPK gara-gara kuliah online. Tweetnya itu pun disambut banyak mahasiswa lainnya yang mengalami nasib serupa. Namun, ada juga mahasiswa yang mengaku tetap bisa meraih nilai memuaskan meski mereka juga mengalami berbagai drama selama kuliah online.

Salah satu mahasiswa yang nilainya tidak menurun selama kuliah online ialah Rahma Nur Faizah. Rahma yang kuliah di salah satu sekolah tinggi bahasa di Bekasi mengambil jurusan Sastra Inggris. Menurutnya agar nilai IPK tidak turun saat menjalani kuliah online yaitu dengan selalu mengikuti perintah atau anjuran dari dosen.

"Caranya itu kita ikutin rulesnya dari dosen. Misalkan dosennya nggak suka kita nggak aktif pas kuliah online ya kita harus aktif. Tugas sekian-sekian harus kita kerjain. Dosen sebenernya lebih pengertian pas kuliah online. Nilai turun atau nggaknya tergantung dari kita. Nilai aku alhamdulillah stabil dan dosen juga memberi keringanan terhadap nilai. Keringanannya maksudnya itu biasanya dosen ngasih tugas, cukup absensi kuliah online jangan sampai bolosnya banyak, biasanya nilainya tetep bakal stabil begitu," ujarnya saat dihubungi oleh Wolipop, Jumat (26/6/2020).

Mahasiswa selanjutnya yang nilainya stabil saat kuliah online adalah Amir Hafizh Islami atau biasa disapa Hafiz. Mahasiswa yang kuliah di Universitas Gunadarma jurusan psikologi mengaku dosennya bisa bersikap lebih ringan karena menerapkan open book ke mahasiswa saat mengerjakan tugas atau ujian. Meski demikian, Hafiz merasa selama kuliah online, ilmu yang didapatnya berkurang.

"Alhamdulillah bagus karena open book terus tapi ilmu kurang. Nilai juga makin bagus, soalnya setiap ada tugas kan bisa open book, bisa nanya temen, bisa kerja sama juga," katanya.

Intan Khairani Afifah, mahasiswi asal Yogyakarta juga merasakan hal serupa Rahma dan Hafiz. Intan yang kuliah di jurusan pendidikan bahasa Jerman, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengatakan yang dilakukannya sehingga nilainya selama kuliah online ini tetap memuaskan adalah dengan aktif dan rajin saat dosen sedang memberikan materi via online.

"Sebenernya nggak jauh beda kayak kuliah offline. Rajin-rajin datang kelas sama ngumpulin tugas sesuai deadline. Karena kan memang itu aja yang dinilai sekarang. Terus juga rajin-rajin aja nanggepin dosen gitu biar nggak keliatan pasif. Sama rajin-rajin belajar mandirinya. Soalnya di masa sekarang ilmunya nggak dapet dari siapa-siapa kecuali dari usaha sendiri yang nyari tau," tuturnya.

13 Cara Hidup Bahagia Agar Tidak Mudah Stres

Bagaimana cara hidup bahagia di masa sekarang ini? Pada masa new normal ini kita memang harus banyak beradaptasi dengan kebiasaan baru sehingga membuat sebagian dari kita merasa khawatir dengan tantangan yang akan dihadapi. Self love atau mencintai diri sendiri merupakan salah satu kunci untuk terus melaju dengan bahagia.
Berikut 13 cara hidup bahagia agar kamu tidak mudah stres dan belajar mencintai diri sendiri:

1. Berhenti Membandingkan Diri Kamu Dengan Orang Lain
Membandingkan diri dengan orang lain merupakan hal yang lumrah dilakukan dalam kehidupan sosial, tapi untuk saat ini kamu harus mulai berhenti melakukan hal tersebut dan fokus dengan hidup kamu. Pergeseran energi tersebut dapat membuat kamu lebih bebas dengan sendirinya.

2. Hiraukan Semua Komentar Dari Orang Lain
Tidak dapat dipungkiri opini atau komentar yang keluar dari orang lain, sesama teman atau hanya orang iseng dapat membuat kamu kepikiran dan akhirnya mencoba berprilaku seperti yang mereka ekspektasikan ke kamu. Cara hidup bahagia adalah dengan mulai menyaring komentar orang lain ke diri sendiri. Langkah ini bisa membuat kamu lebih bahagia karena pada dasarnya kita tidak bisa membuat semua orang senang. Lakukan yang terbaik untuk dirimu.

3. Terima Kekurangan dan Memaafkan Diri Sendiri
Pada dasarnya semua orang tidak ada yang sempurna dan semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi jangan sampai kesalahan membuat kamu jatuh terlalu dalam, jadikanlah kesalahan sebagai pelajaran. Sehingga kamu pun akan bertumbuh karena tidak ada yang tahu hidup ke depannya akan seperti apa.

4. Ingat! Nilai Diri Bukan Hanya Diukur Dari Bentuk Tubuh
Cara terbaik membahagiakan diri sendiri adalah dengan tidak melihat atau menilai dirimu sendiri dari bentuk tubuhmu. Hal ini sangat mendasar karena begitu banyak pandangan yang mengukur nilai seseorang dari fisik ataupun yang terlihat. Mulai saat ini kenakan apapun yang membuat kalian merasa nyaman, percaya diri dan bahagia.
https://nonton08.com/complete-unknown/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar