Sabtu, 20 Juni 2020

Aturan Lengkap Larangan Belanja Pakai Kantong Plastik di DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meneken Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat pada 27 Desember 2019 lalu, dan diundangkan pada 31 Desember 2019.
Peraturan tersebut melarang warga DKI yang berbelanja di mal, toko swalayan, dan pasar tradisional menggunakan kantong plastik. Larangan ini berlaku 6 bulan setelah diundangkan, tepatnya pada 1 Juli 2020 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, meski ada pandemi virus Corona (COVID-19) larangan ini berlaku sesuai Pergub tersebut.

"Nggak kita mundurkan. Kita masih on schedule sampai hari ini, dan belum ada untuk perubahan. Kan ditandatangani tanggal 31 Desember 2019, dan disebutkan efektif berlaku 6 bulan setelahnya berarti 1 Juli 2020," kata Andono ketika dihubungi detikcom, Sabtu (20/6/2020).

Dengan Pergub ini, semua pusat perbelanjaan tersebut wajib menggunakan kantong belanja ramah lingkungan. Yang dimaksud dengan kantong belanja ramah lingkungan adalah kantong belanja guna ulang (reusable) yang dapat terbuat dari bahan apapun, baik daun kering, kertas, kain, polyester dan turunannya maupun materi daur ulang, memiliki ketebalan yang memadai, dapat didaur ulang, serta dirancang untuk dapat digunakan berulang kali.

Selain itu, pusat perbelanjaan (mal), toko swalayan, hingga pasar dilarang menggunakan kantong belanja plastik sekali pakai. Yang dimaksud dengan kantong belanja plastik sekali pakai adalah kantong belanja dengan pegangan tangan yang digunakan sebagai wadah untuk mengangkat barang; terbuat dari bahan dasar plastik, polimer thermoplastic, lateks, polyethylene, thermoplastik synthetic polymeric atau bahan sejenis lainnya. Kantong plastik sekali pakai ini umum disebut sebagai kantong plastik kresek.

Pergub ini masih mengizinkan mal, swalayan, hingga pasar menyediakan plastik kemasan sekali pakai untuk mewadahi bahan pangan yang belum dibungkus apapun. Jika ada bahan pengganti, maka penggunaan kantong kemasan plastik sekali pakai dihentikan.

Yang dimaksud dengan kantong kemasan plastik sekali pakai adalah kantong transparan sebagai kemasan untuk membungkus dan menjaga sanitasi bahan pangan yang belum terselubung kemasan apapun serta terbuat dari bahan dasar plastik, polimer thermoplastic, lateks, polyethylene, thermoplastik synthetic polymeric atau bahan sejenis lainnya.

"Kewajiban pengelola dalam Pergub tersebut disebutkan bahwa pengelola wajib memberlakukan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan di lokasinya," ucap Andono pada Januari 2020 lalu.

Lezatnya Bisnis Fried Chicken, Modalnya Cuma Rp 3 Jutaan

 Bisnis ayam goreng krispi atau fried chicken bisa jadi pilihan agar tetap cuan selama new normal ini. Modal untuk memulai usaha ini pun cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan modal Rp 3 jutaan dan bisnis pun siap dijalankan.
Dilansir dari situs kiosusaha.com, Sabtu (20/6/2020), untuk memulai bisnis fried chicken, Anda hanya perlu menyiapkan uang muka mulai dari Rp 3,05 juta dan paket usaha fried chicken pun siap diantar ke rumah Anda. Bahkan Anda juga bakal dilatih sampai mahir menjalankan usaha tersebut.

Dengan membeli paket tersebut, Anda bisa mendapatkan paket bisnis usaha fried chicken tanpa booth terdiri dari Banner Display Menu 1 Set, Training Cara Membuat Fried Chicken, Etalase Kaca 1 Pcs, Lampu Etalase 1 set, Ayam Potong 3 Ekor, Saringan Minyak Besar 1 Pcs, Saringan Minyak Kecil 1 Pcs, Baskom Besar 1 Pcs, Baskom Kecil 1 Pcs, Ayakan Tepung 1 Pcs, Capitan Besar 1 Pcs, Capitan Kecil 1 Pcs, Sodet Stainless 1 Pcs, Wajan Stainless Kotak 1 Pcs, Kompor + Selang + Regulator 1 set, Meja Kompor Alumunium 1 unit, Bumbu Marinasi 2 Pack, Bumbu Biang Fried Chicken 2 pack, Plastik Kresek 1 Pack, Box Kardus 50 Pcs, Kertas Nasi 100 Pcs, Bungkus Ayam Coklat 100 Pcs, Cetakan Nasi 1 Pcs, Saus Sambal 4 Pack, Saus Tomat 4 Pack, Termos Es 12,5lt 1 Pcs dan Minyak Goreng 4 Lt.

Bila ingin memulai bisnis fried chicken lengkap dengan gerobaknya, maka Anda perlu menyiapkan modal sebesar Rp 3,85 juta. Untuk bahan dan alat yang diterima tentu lebih lengkap lagi yaitu ditambah dengan Meja/Booth Display Alumunium (Knockdown) 1 Unit. Meja/Booth ini pun bisa dibongkar Pasang (PxLxT) 100x60x90.

Untuk membeli paketnya ada dua cara berbeda. Untuk wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat, Anda cukup menghubungi kontak 0812-8998-341 melalui SMS atau Whatsapp dengan format nama, alamat lengkap, dan dua nomor ponsel yang dimiliki. Setelah mendaftar, perlengkapan akan langsung dikirim ke lokasi yang ditentukan dalam kurun waktu tiga hari. Pembayarannya dilakukan langsung ketika paket usaha sampai.
https://nonton08.com/cast/hayden-summerall/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar