Selasa, 23 Juni 2020

Perjalanan Colin Huang, Anak Muda yang Salip Jack Ma Jadi Orang Terkaya

 Pria berusia 40 tahun, Colin Zheng Huang kini jadi orang terkaya di China. Kekayaannya mencapai US$ 87,58 miliar atau setara Rp 1.226 triliun (kurs Rp 14.000/US$) berkat perusahaannya Pinduoduo.
Jauh sebelum dinobatkan sebagai orang terkaya, Huang hanyalah pria biasa dengan lulusan ilmu komputer yang menyandang gelar master dari University of Wisconsin di Madison.

Seperti anak kuliah pada umumnya, Huang juga ikut magang saat itu kebetulan di Microsoft. Setelah lulus, dia ditawarkan lagi untuk bekerja di Microsoft namun tawaran itu ditolak karena Huang sudah punya visi bagaimana kehidupannya nanti 10 tahun ke depan.

Mengutip Forbes, Selasa (23/6/2020), pada 2004 Huang lebih memilih bekerja di Google sebagai pegawai Software Engineer. Setelah keluar dari Google, Huang tidak langsung membangun Pinduoduo dan tidak langsung sukses begitu saja.

Dia awalnya sempat membangun beberapa startup bernama Ouko.com, yang bergerak di bidang penjualan produk komputer, komunikasi dan konsumer. Dia juga sempat mendirikan perusahaan game online Xinyoudi, namun semuanya tidak bertahan lama.

Sebelum mendirikan Pinduoduo, Huang juga sempat menjadi konsultan teknis di beberapa perusahaan rintisan utama di Tiongkok. Dia juga pernah dimintai tolong pendiri perusahaan game online NetEase, William Ding untuk membantu perusahaan tersebut ketika mengalami masalah teknis.

Dari situ, Huang kemudian dikenalkan William Ding ke pengusaha dibalik smartphone Oppo dan Vivo, yaitu Duan Yongping. Oleh Duan Yongping, Huang diajak makan siang dengan investor kenamaan Warren Buffett pada 2006.

Perkenalan dengan Buffet membuat Huang menjadi terinspirasi untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Sampai pada 2015, dia memutuskan untuk kembali mendirikan perusahaan e-commerce bernama Pinduoduo.

Keputusan Huang untuk merintis perusahaan sendiri dengan strategi yang dijalankan selama ini ternyata tepat. Saat ini perusahaannya bersaing ketat dengan JD dan Alibaba, perusahaan yang didirikan Jack Ma.

Pada 2019, Pinduoduo menyatakan bahwa mereka memiliki 588,2 juta pengguna aktif pada 2019. Setidaknya paling sedikit mereka melakukan 1 transaksi per tahun. Sementara JD.com memiliki 362 juta pada periode yang sama dan Alibaba sebanyak 711 juta.

Dikarenakan terus berkembang, Pinduoduo akhirnya bisa melantai di bursa. Dia mencatatkan sahamnya di Nasdaq pada 2018.

Perusahaan itu juga mendapatkan pendanaan dari investor seperti Tencent, Sequoia China Neil Shen. Kenaikan saham Pinduoduo yang signifikan juga mendorong co-founder Gaorong, Zhang Zhen dan Gao Xiang menjadi member Midas tahun ini.

3,5 Jam Sri Mulyani Rapat Bareng DPR, Hasilnya Begini

 Rapat kerja (raker) antara Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menghasilkan dua kesimpulan.

Raker yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 13.40 WIB ini membahas mengenai reformasi sistem anggaran.

Pimpinan rapat Komisi XI DPR, Dito Ganinduto mengatakan dua kesimpulan tersebut sudah disepakati antara dewan dengan pemerintah.

"Komisi XI DPR mendukung upaya menteri keuangan dan menteri PPN/Kepala Bappenas dalam redesain sistem penganggaran," kata Dito di ruang rapat Komisi XI DPR, Selasa (23/6/2020).

"Sampai sini setuju ya kita? langsung ketok," tanya Dito.

Pertanyaan pimpinan raker pun langsung disambut persetujuan oleh para anggota Komisi XI baik yang hadir secara langsung maupun virtual.

Menanggapi itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan kesimpulan ini menjadi catatan pemerintah untuk menyempurnakan kebijakan-kebijakan ke depannya.

"Alhamdulillah pada hari ini kita sudah sampai pada satu perspektif yang sama terkait redesain sistem anggaran pada tahun yang akan datang, terima kasih atas masukan akan menjadi catatan kami dalam menyempurnakan langkah berikutnya," ujarnya.
https://kamumovie28.com/star/michelle-lee/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar