Selasa, 30 Juni 2020

2 WNI Positif Corona, Dokter Pesan Tak Usah Iseng Datangi Rumah Pasien

Dua orang Indonesia dikabarkan positif tertular virus corona COVID-19. Rumah tempat tinggal kedua orang ini berada di Depok, dan tengah diisolasi.
"Rumahnya dicek, ibu dan anak. 61 dan 31 Tahun. Sudah melakukan isolasi rumah," kata Menkes Terawan Agus Saputra di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Menanggapi hal ini, dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari Rumah Sakit Omni Pulomas mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan melakukan langkah-langkah pencegahan.

"Masyarakat di sekitar silakan tetap beraktivitas seperti biasa, lakukan upaya-upaya preventif... tidak usah iseng mendatangi rumah pasien. Biarkan tim di lapangan bekerja," kata dr Dirga saat dihubungi detikcom Senin (2/3/2020).

Hal yang sama dijelaskan Prof Ascobat Gani, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), masyarakat harus membiasakan menjaga kebersihan dan imunitas tubuh agar menghindari tertularnya virus corona baru.

"Cuci tangan, biasakan hidup bersih, jaga imunitas selalu," katanya.

2 WNI Positif Corona, Dokter Paru Imbau Kurangi Kegiatan di Area Publik

Dua warga negara Indonesia (WNI) telah terkonfirmasi positif virus corona COVID-19. Diketahui kedua WNI ini tengah menjalani isolasi.
"Rumahnya dicek, ibu dan anak. 61 dan 31 Tahun. Sudah melakukan isolasi rumah," kata Menteri Kesehatan, Terawan Agus Saputra di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Ahli paru dari RS Persahabatan, dr Diah Handayani, SpP, mengatakan masyarakat tidak perlu panik dan tetap jaga kewaspadaan dengan mengurangi perjalanan yang tidak perlu dan menghindari area publik.

"Menghindari mobilisasi yang terlalu jauh dan tidak perlu dan sebisa mungkin tidak terlalu banyak di public space yang padat," kata dr Diah kepada detikcom, Senin (2/3/2020).

"Kalau kita terpaksa naik kereta, naik bus maka perhatikan kebersihan dan perbanyak cuci tangan," tuturnya.

2 WNI Positif Corona Tak Mengagetkan, Ahli Sebut Cuma Soal Waktu

Presiden Jokowi mengonfirmasi dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona. Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia.
"Ternyata orang (WN Jepang, red) yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Negara, Senin (2/3/2020).

"Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona," ujar Jokowi.

Vaksinolog Rumah Sakit Omni Pulomas dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD mengatakan hal tersebut tidak mengagetkan.

"Ya akhirnya virus ini masuk ke Indonesia. Sebetulnya ini tidak mengagetkan bila melihat pola penyebaran penyakit ini. Ibaratnya indonesia selama ini tinggal menunggu waktu saja," ungkapnya saat dihubungu detikcom Senin (2/3/2020).

Menurutnya karakter virus dan penyakit dari wabah COVID-19 ini termasuk sulit diatasi.

"Sekali lagi.. memang karakter virus dan penyakit ini yg membuat wabah COVID-19 sangat sulit diatasi," pungkasnya.
https://cinemamovie28.com/cast/pamela-bowie/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar