Sabtu, 27 Juni 2020

Kabar Baik! Konstruksi Tol Probolinggo-Banyuwangi Bakal Dimulai

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ingin segera membangun proyek jalan tol ruas Probolinggo-Banyuwangi yang memiliki panjang 173 kilometer (km). Pembangunan jalan tol tersebut akan berdampak positif bagi perekonomian nasional.

Basuki menjelaskan, pembangunan infrastruktur seperti jalan tol mampu meningkatkan daya saing Indonesia terhadap negara lain. Infrastruktur, kata Basuki juga menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan uangnya di tanah air.

"Kalau jalan tol Trans jawa saya sampaikan ada 1.220 km, sekarang sudah sampai ke Probolinggo, tinggal Probolinggo-Banyuwangi 173 km, mudah-mudahan segera kita mulai," kata Basuki dalam video conference, Sabtu (27/6/2020).

Jalan tol Trans Jawa memiliki panjang sekitar 1.220 km, dari situ yang sudah beroperasi tercatat ada 22 ruas sepanjang 1.002 km dan sekitar 218 km masih dalam tahap penyelesaian. Sedangkan untuk ruas Pasuruan Probolinggo sepanjang 45 km masih dalam tahap konstruksi.

Selain jalan tol, Basuki mengungkapkan pihaknya juga sedang mengebut beberapa proyek infrastruktur kepariwisataan, seperti pembangunan wisata Puncak Waringin di NTB, hingga pembangunan jalan penunjang menuju lokasi MotoGP di Mandalika.

"Kemudian percepatan jalan tol, di NTB itu ada Mandalika, termasuk di tiga gili. kemudian bangun jalan dari Bandara Internasional Lombok ke Mandalika untuk 2022 akan ada MotoGP," tutur Basuki.

Anggaran Rp 6 T Tak Dipotong, Proyek 5 Destinasi Premium Dikebut

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tetap mempercepat pembangunan lima kawasan pariwisata strategis di tengah pandemi COVID-19. Alasannya, pariwisata merupakan kawasan yang paling mudah dan cepat menyerap tenaga kerja, serta ongkos pemulihan ekonomi di sektor ini relatif murah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan anggaran percepatan pembangunan lima kawasan pariwisata prioritas ini tidak terpangkas, yaitu tetap Rp 6 triliun. Padahal, anggaran Kementerian PUPR sudah terpotong Rp 44 triliun pada program realokasi dan refocusing dalam rangka penanggulangan Corona.

"Untuk 5 kawasan strategis Rp 6 triliun tidak disentuh penghematan, karena kami lihat pariwisata ini sektor paling mudah, lebih cepat kembali dan lebih cepat menghasilkan lapangan kerja dan lebih mudah ciptakan lapangan kerja, jadi semua tidak ada yang ditunda," kata Basuki dalam video conference, Sabtu (27/6/2020).
Adapun kelima program kawasan pariwisata prioritas ini adalah Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang Manado.

Program yang tetap dijalankan Basuki selama pandemi adalah pembangunan jalan tol. Menurut dia, jalan tol menjadi salah satu cara meningkatkan daya saing Indonesia dengan negara lain. Sehingga bisa menjadi modal menarik investasi baru ke tanah air.

Dia melanjutkan, investasi menjadi salah satu kontributor terbesar dalam pertumbuhan ekonomi nasional, setelah daya beli atau tingkat konsumsi rumah tangga dan ekspor. Selanjutnya ada program padat karya tunai di lingkungan PUPR yang anggarannya sekitar Rp 11 triliun dan berpotensi menyerap 614 ribu tenaga kerja.

"Selanjutnya ada pengembangan kawasan food estate dan pengembangan sumber daya manusia," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengkhawatirkan adanya peningkatan jumlah pengangguran di Indonesia akibat pandemi virus Corona alias COVID-19. Dia bilang tingkat pengangguran terbuka (TPT) nasional berpotensi mencapai 10,7 juta sampai 12,7 juta orang di tahun 2021.

"Dikhawatirkan pada 2021 pengangguran sampai 10,7 sampai dengan 12,7 juta orang," kata Suharso di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan jumlah TPT pada Februari 2020 sebanyak 6,88 juta orang atau bertambah 60 ribuan orang dari tahun 2019. Menurut Suharso, pandemi COVID-19 bisa menambah sekitar 4 juta sampai 5,5 juta orang pengangguran. Pasalnya, banyak perusahaan atau pabrik yang merumahkan bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).
https://kamumovie28.com/star/brittany-daniel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar