Selasa, 30 Juni 2020

Sudah Ada Kasus di Indonesia, Kenali Gejala Infeksi Corona COVID-19

Virus corona COVID-19 semakin hari makin meningkat dan tidak ada tanda-tanda melambat. Namun, perlu diwaspadai jika tertular ada beberapa gejala yang ditimbulkan, mulai dari gejala ringan hingga gejala parah. Gejala dapat muncul 2-14 hari setelah terinfeksi seperti demam, batuk, dan sesak napas.
Saat ini belum ada vaksin untuk mencegah virus corona COVID-19. Namun, ada upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini. Centers for Disease Control and Prevention selalu merekomendasikan tindakan pencegahan setiap hari untuk membantu mencegah penyebaran penyakit pernapasan antara lain:

Dua orang WNI dilaporkan positif terinfeksi virus corona COVID-19. Kedua WNI tersebut saat ini tengah dalam perawatan di RSPI Sulianti Saroso.

Kedua WNI tersebut adalah ibu dan anak yang tinggal di Depok.

"Rumahnya dicek, ibu dan anak. 61 dan 31 Tahun. Sudah melakukan isolasi rumah," kata Menkes Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Untuk meningkatkan kewaspadaan terkait risiko tertular virus corona COVID-19, kamu perlu mengenali gejala-gejalanya seperti berikut dikutip detikcom dari berbagai sumber:

- Infeksi saluran pernapasan ringan hingga sedang, sama dengan flu biasa
- Pilek
- Batuk
- Sakit tenggorokan
- Pusing
- Demam.

Virus corona baru ini bisa menyerang siapa saja yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Serangan virus terhadap imun yang lemah ini bisa mengakibatkan infeksi saluran pernapasan bawah yang lebih serius. Penyakit akibat infeksi saluran pernapasan bawah adalah pneumonia atau bronkitis.

MERS, SARS, dan virus corona baru COVID-19 saat ini lebih sering ditemukan pada orang tua meski riset masih terus dilakukan. Pasien virus corona baru lebih banyak ditemukan pada usia lebih dari 40 tahun.

Bagaimana cara mencegah tertular virus corona COVID-19?

- Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
- Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.
- Tetap di rumah saat Anda sakit.
- Tutupi batuk dan bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah.
- Bersihkan dan desinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh menggunakan semprotan pembersih rumah biasa.
- Masker muka digunakan oleh orang yang menunjukkan gejala COVID-19 untuk membantu penyebaran penyakit kepada orang lain
- Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah batuk atau bersin. Jika sabun tidak ada, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol setidaknya 60 persen.

2 WNI Positif Corona, Dokter Pesan Tak Usah Iseng Datangi Rumah Pasien

Dua orang Indonesia dikabarkan positif tertular virus corona COVID-19. Rumah tempat tinggal kedua orang ini berada di Depok, dan tengah diisolasi.
"Rumahnya dicek, ibu dan anak. 61 dan 31 Tahun. Sudah melakukan isolasi rumah," kata Menkes Terawan Agus Saputra di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Menanggapi hal ini, dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari Rumah Sakit Omni Pulomas mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan melakukan langkah-langkah pencegahan.

"Masyarakat di sekitar silakan tetap beraktivitas seperti biasa, lakukan upaya-upaya preventif... tidak usah iseng mendatangi rumah pasien. Biarkan tim di lapangan bekerja," kata dr Dirga saat dihubungi detikcom Senin (2/3/2020).

Hal yang sama dijelaskan Prof Ascobat Gani, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), masyarakat harus membiasakan menjaga kebersihan dan imunitas tubuh agar menghindari tertularnya virus corona baru.

"Cuci tangan, biasakan hidup bersih, jaga imunitas selalu," katanya.
https://cinemamovie28.com/cast/jennifer-kim/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar