Jumat, 26 Juni 2020

6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah menambahkan tanda dan gejala yang berkaitan dengan infeksi virus Corona. Dalam situs resminya, CDC mengungkap gejala lain yang ditemukan pada pasien COVID-19.
Sesak napas, batuk, dan demam adalah gejala utama COVID-19. Namun gejala lainnya juga ada sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan bisa diatasi dengan beberapa cara alami. Berikut 6 cara alami untuk mengatasi sakit tenggorokan dikutip dari Healthline.

1. Air garam
Garam memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri yang ada di mulut dan tenggorokan, termasuk memecah lendir yang pekat penyebab batuk. Berkumur dengan segelas air hangat yang diberi satu sendok teh garam dapat membantu mengobati radang tenggorokan. Lakukan sebanyak dua kali setelah sikat gigi pagi dan sebelum tidur.

2. Madu murni
Madu dicampur dalam teh atau diminum langsung adalah obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu bahkan lebih efektif dalam menghilangkan batuk pada malam hari daripada obat batuk biasa. Penelitian lain menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang berarti madu dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

3. Teh chamomile
Teh chamomile telah lama digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Menghirup uap teh chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek termasuk sakit tenggorokan.

Minum teh chamomile juga memberikan manfaat yang sama, bahkan dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

4. Soda kue
Berkumur dengan soda kue dicampur dengan air garam dapat membantu meringankan sakit tenggorokan. Berkumur dengan larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur.

Campur 1 gelas air hangat, 1/4 sendok teh soda kue, dan 1/8 sendok teh garam. Kumur setiap tiga jam.

5. Air putih
Minum air putih yang banyak dapat meredakan sakit radang tenggorokan secara alami. Sebaiknya minum air putih hangat secukupnya.

6. Cuka apel
Cuka sari apel (ACV) memiliki banyak kegunaan antibakteri alami. Sejumlah penelitian menunjukkan efek antimikroba dalam mengatasi infeksi. Karena sifatnya yang asam, maka dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Jika merasakan sakit tenggorokan, cairkan 1 hingga 2 sendok makan ACV dalam satu cangkir air dan berkumurlah. Ulangi dua kali per jam untuk hasil maksimal.

Jadi tunggu apalagi, segera coba obat sakit tenggorokan alami di atas.

Bokong Terasa Nyeri Saat Bersepeda? Tips Ini Bisa Dicoba

Memilih sepeda yang pas dan nyaman adalah salah satu kunci kenyamanan olahraga bersepeda. Namun ada hal lain yang juga perlu diperhatikan. Falla Adinda, seorang dokter sekaligus influencer kebugaran, menyebut hal-hal kecil ini tidak kalah penting. Apa saja?
"Memilih sparepart sepeda yang nyaman itu sebenarnya adalah kunci bersepeda yang nyaman lho. Jadi selain memilih sepeda yang nyaman, hal-hal kecil yang nempel di sepeda ternyata juga memiliki faktor kunci untuk kita bisa gowes yang nyaman dan jauh," ungkap dr Falla saat ditemui detikcom di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (26/6/2020).

"Seperti misal sadel yang nyaman, stang yang nyaman, bahkan roda yang nyaman saja itu kita bisa milih. Mungkin jika kita kurang nyaman saat bersepeda ada part-part yang kecil yang kita harus koreksi," lanjut dr Falla yang juga menekuni bersepeda.

Hal-hal kecil inilah yang berkaitan dengan kenyamanan saat bersepeda. Jika merasa terganggu ketika duduk harus menahan sakit saat bersepeda, dr Falla menyebut bisa segera mengganti sadel, begitu juga dengan sparepart lainnya.

Mungkin kalau misalnya kok kita duduknya sakit, ya mungkin kita bisa koreksi sadelnya. Apakah kurang empuk lah, kurang lebar, jadi diperhatikan lebih dalam
dr Falla Adinda - Dokter dan pesepeda
"Mungkin kalau misalnya kok kita duduknya sakit, ya mungkin kita bisa koreksi sadelnya. Apakah kurang empuk lah, kurang lebar, jadi diperhatikan lebih dalam," kata dr Falla.

Selain itu, dr Falla menekankan penting untuk mengenali diri sendiri agar bisa nyaman saat bersepeda. Hal ini menjadi cara mengenal diri lebih baik.

"Kenali diri sendiri. Mungkin kita kakinya kurang panjang, atau mungkin kaki kanan dan kiri slightly beda panjang," pungkas dr Falla.

Selain harus nyaman, bersepeda di tengah pandemi Corona menurut dr Falla perlu memerhatikan protokol kesehatan sama seperti di aktivitas biasanya seperti berikut.

Jaga jarak minimal 2 meter
Pakai masker saat bertemu kerumunan orang
Boleh tidak pakai masker jika lingkungan sekitar sepi
Jika 'engap' pakai masker turunkan intensitasnya
Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer
https://indomovie28.net/wifes-friend-reunion-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar