Sabtu, 07 Maret 2020

Tinggalkan Minyak, Dubai Hidup dari Pariwisata (2)

Tahun 2017, China melampaui India sebagai mitra dagang terbesar Dubai, sementara sepertiga semua penerbangan internasional dari India menuju ke UEA, menurut otoritas penerbangan India. Turis China ke Dubai mengalami pertumbuhan 46% pada tahun 2017 dan wisatawan India hampir mencapai 2 juta.

Kota dan negara bagian semenanjung Arab lainnya memiliki geografi yang serupa, terutama Aden, Muscat dan Doha. Tetapi tidak ada yang mengeksploitasi posisi mereka dengan sukses.

Namun, membangun pusat transportasi, perdagangan, dan pariwisata global tidaklah murah. Konsekuensinya, pemerintah Dubai dan entitas milik negara membawa hutang yang signifikan.

Pada 2009, kota itu menghadapi krisis utang parah yang membutuhkan dukungan dari emirat tetangga, Abu Dhabi. Dan ketiga cara Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum bisa membantu Dubai pulih.

Hari ini, IMF mengatakan bahwa hutang Dubai telah membaik dan hutang entitas milik negara telah turun secara signifikan. Tentu saja ada risiko, yakni Dubai sangat bergantung pada perdagangan global, dalam kasusnya, real estate memainkan peran penting dalam pertumbuhannya.

Jika keduanya goyah, pertumbuhan Dubai pasti akan melambat. Di sisi lain, penyelenggaraan World Expo 2020 di Dubai telah merangsang pengeluaran infrastruktur yang akan mendorong pertumbuhan di seluruh UEA, menurut laporan bank investasi regional.

Dan Dubai memiliki keuntungan tambahan dengan memiliki Abu Dhabi yang kaya minyak, pusat perdagangan dan transportasi yang muncul dengan sendirinya sebagai mitra. Seiring cepatnya urbanisasi, pertumbuhan kelas menengah dan kemajuan teknologi mendorong pertumbuhan pasar negara berkembang.

Ujungnya akan ada ruang untuk penerbangan dan pusat pengiriman lainnya terutama di sepanjang garis pantai Semenanjung Arab. Oman memiliki akses ke Samudra Hindia dan Laut Arab dari Pelabuhan Salalah selatan dan merencanakan zona industri besar, sebagian dibiayai oleh investasi China.

Sementara itu, visi Arab Saudi 2030 menjabarkan rencananya menjadi pusat yang menghubungkan tiga benua, sebuah peran yang sudah dimainkan oleh Dubai. Arab Saudi yang kini lebih liberal dapat menarik perusahaan jasa profesional yang saat ini ada di Dubai atau Bahrain.

Sementara yang lain dapat belajar dari Dubai, konektivitas laut, udara dan darat kota ini menempatkannya dalam posisi yang baik untuk mencegah pesaing. Terlebih lagi, Dubai tampaknya ingin menambahkan teknologi.

UEA telah membuat nama untuk dirinya sendiri sebagai pusat start-up teknologi dan menunjuk seorang menteri masa depan untuk mendorong inisiatif teknologi. Di ujung tombak teknologi dan transportasi dengan misinya ke Mars mungkin menjadi yang paling penting dari semuanya. 

Para pemimpin Dubai sedang merencanakan bandara baru, yakni Bandara Internasional Al Maktoum, yang telah dibuka untuk penerbangan kargo. Setelah selesai pada tahun 2025 akan menjadi rumah baru untuk Emirates Airline dengan kapasitas hingga 120 juta penumpang.

Tidak mengherankan bahwa penerbangan menyumbang lebih dari seperempat dari PDB Dubai. Bahkan dapat mencapai 44% pada tahun 2030, menurut sebuah studi Oxford Economics.

Ketika para pemimpin Dubai memulai rencana besar, mereka tidak bisa meramalkan guncangan ekonomi ke depan. Karena bahwa negara-negara seperti China, India dan banyak negara Asia lainnya akan menjadi bagian dari penyeimbangan kembali kekuatan ekonomi dari Barat ke Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar