Jumat, 05 Juni 2020

Canggih! Korea Selatan Lacak Kasus COVID-19 Pakai Kode QR

 Teknologi canggih akan digunakan Korea Selatan untuk melacak pasien positif COVID-19. Mereka bakal menggunakan kode QR.

Korea Selatan banyak dipuji soal penanganan mereka terhadap kasus COVID-19. Yang terbaru, mereka bakal menggunakan teknologi QR Code buat melacak para pasien yang dinyatakan positif tertular COVID-19.

Dilansir detikTravel dari Antara, Jumat (5/6/2020), teknologi kode QR digunakan oleh pemerintah Korea Selatan setelah banyak ditemukan informasi palsu ataupun tidak lengkap mengenai catatan pengunjung yang datang ke sebuah tempat.

Nantinya kode QR ini berguna buat mencatat kedatangan pengunjung di fasilitas hiburan, restoran hingga gereja. Jika sudah tercatat, maka otomatis pemerintah Korsel akan dengan mudah bisa melacaknya. Jika ada kasus positif pun, bisa dipetakan clusternya.

Mulai tanggal 10 Juni nanti, para pengunjung tempat hiburan malam, bar, klub karaoke, hingga diskotek akan diminta untuk menggunakan aplikasi yang telah dilengkapi kode QR yang sudah dipersonalisasi. Kode QR ini nantinya akan dipindai di bagian pintu masuk.

Data yang masuk pun langsung tercatat. Informasi tersebut nantinya akan dicatat dalam sebuah database yang disimpan oleh Pusat Layanan Jaminan Sosial Korsel selama 4 minggu, sebelum nantinya akan dihapus.

Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Korea Selatan pun tengah menguji sistem baru ini di 17 fasilitas umum, termasuk di antaranya tempat hiburan, gereja, perpustakaan, restoran dan juga rumah sakit.

Korea Selatan sendiri dalam ancaman Gelombang Kedua wabah virus Corona, setelah ada 270 kasus positif Corona baru dari sebuah kelab malam di kota Seoul. Sekarang, banyak tempat hiburan malam yang memasang sistem QR untuk melacak para tamu yang datang.

Salah seorang mahasiswa setempat, Shin No-Ah berpendapat sistem QR ini cukup nyaman dan dia tidak khawatir akan kebocoran data atau pelanggaran privasi yang mungkin akan terjadi.

"Tentang pelanggaran privasi, kami hanya memberikan nomor ponsel kami. Sangat penting bagi pemerintah untuk melacak kasus virus Corona," pungkas No-Ah.

Katanya Fakfak Punya Makam Putri Duyung

 Kabupaten Fakfak di Papua Barat punya sebuah pulau misterius. Konon di sanalah tempat peristirahatan terakhir putri duyung.

Namanya Pulau Ota di Teluk Berau, Distrik Mbahamdandara, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Masyarakat menyebutnya sebagai Pulau Putri.

Ada kisah dari balik julukan ini. Pulau karang kecil ini tak berpenghuni dan disakralkan oleh penduduk Teluk Berau.

Di sebuah tebingnya terdapat ceruk yang menjadi titik penting cerita ini. Dengan sedikit tanah datar, cerukan ini katanya berisi sebuah makam putri duyung.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa tengkorak manusia dan dayung perahu yang ditemukan di sana. Namun semuanya tergeletak begitu saja. Hanya putri duyung yang dibuatkan makam.

Dari cerita yang diturunkan, putri duyung ini adalah seorang perempuan yang amat cantik. Rambutnya panjang dan tergerai indah. Tapi bagian bawah tubuhnya berupa ikan.

"Putri duyung ini ceritanya hidup di laut. Tulang-tulang putri duyung dikumpulkan dan dimakamkan di situ," ujar Hari Suroto, Peneliti dari Balai Arkeologi Papua.

Meski dibilang mitos, namun keberadaan makam ini tak bisa diabaikan begitu saja. Ada pantangan yang tak boleh dilanggar oleh siapa pun yang lewat.

"Kalau lewat pulau ini tak boleh berbicara kotor dan harus pelan-pelan," ungkapnya.

Jika melanggar, penduduk percaya akan tertimpa musibah saat melaut. Yang paling sering didengar adalah cuaca laut yang berubah jadi gelap atau timbul ombak besar.

Kisah ini dikaitkan dengan banyaknya dugong yang hidup di Perairan Teluk Berau. Mamalia ini menjadi penyelamat nelayan yang tenggelam karena kecelakaan perahu.

Dulu masyarakat percaya bahwa dugong adalah jelmaan manusia yang suka menolong nelayan. Sehingga tak ada penduduk yang berani untuk memburunya.

"Zaman dulu belum ada mesin tempel untuk perahu sedangkan hidup masyarakat bergantung pada laut. Tengkorak dan dayung di Pulau Putri dijadikan pengingat akan keselamatan di saat berada di laut," pungkasnya.
http://kamumovie28.com/big-girlfriend-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar