Rabu, 03 Juni 2020

Karena Corona, Spanyol Susun Protokol 'Asyik' untuk Pesta

Spanyol akan membuka wisatanya pada musim panas ini. Industri kelab malam Spanyol menyusun beberapa protokol untuk pesta yang aman.

Kelub malam di Spanyol ditutup semenjak diterapkannya pembatasan sosial karena pandemi virus Corona sejak Maret lalu. Sejak dilonggarkannya lockdown, National Federation of Leisure and Entertainment Businesses (FNEOE), sebuah kelompok industri dan Institute for Quality Tourism, menyusun protokol keselamatan untuk kelab agar siap beroperasi andai mendapatkan lampu hijau untuk buka lagi.

Merekan pun berencana merekomendasikan sejumlah protokol kesehatan, di antaranya wajib menggunakan masker wajah saat berada di lantai dansa. Selain itu, pengunjung diharuskan mencuci tangan sebelum masuk dan saat keluar dari ruangan pesta.

Di samping itu, pengelola akan menandai lantai dansa dengan harapan pengunjung tetap memperhatikan batasan sosial sehingga tidak bergaul sembarangan. Nantinya, minuman juga akan disajikan dengan menggunakan sedotan sekali pakai.

Deretan protokol itu disusun dengan harapan siap menyambut pelonggaran lockdown pada musim panas ini. Sejumlah wilayah disasar untuk menerapkan protokol itu, di antaranya sektor kehidupan malam di Pulau Ibiza seperti Pacha, Amnesia, dan Eden yang sangat populer di kalangan wisatawan. Kawasan itu saja bisa menghasilkan pendapatan tahunan sekitar 20 miliar euro (USD 22 miliar), menurut FNEOE.

"Pedoman ini disusun oleh dokter untuk memastikan orang-orang dapat menikmati bagian paling penting di Spanyol (kehidupan malam) dengan cara yang aman," ujar juru bicara FNEOE Vicente Pizcueta.

Mereka akan memulai protokol ini tergantung dari persetujuan pemerintah. Saat ini pemerintah hanya mengizinkan bar-bar yang punya teras terbuka dengan kapasitas pengunjung yang terbatas.

Belum ada kabar kapan klub malam akan diizinkan untuk buka.

Pantai Paling Terkenal Sedunia Kosong Melompong

Semua aspek kehidupan terkena efek dari virus Corona. Pantai paling terkenal di dunia, Pantai Copacabana, pun dibikin kosong
Pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brasil sepi. Tak ada yang berjemur, bermain bola atau sekadar duduk-duduk menikmati sore.

Dalam pemberitaan CNN, Rabu (3/6/2020) salah satu pelaku wisata menyebut pantai yang biasanya menjadi tempat berkumpul turis dari seluruh dunia itu sedang menngalami momen terburuk.

Miguel Oliveira adalah salah satu bartender di Pantai Copacabana. Hari itu, ia tak membuat minuman untuk pengunjung meski siang menjelang.

"Tidak pernah seburuk ini," dia mengeluhkan.

"Kami buka untuk melihat apakah kami bisa menjual sesuatu, kalau ditutup akan lebih buruk," kata Miguel yang ragu akan bisnisnya bisa membaik dalam waktu dekat. Beruntung sewa tempat usahanya ditunda hingga tahun depan.

Empat tahun lalu, Pantai Copacabana sangatlah ramai bak jantung dunia ketika Olimpiade diselenggarakan di Brasil. Tiada kursi kosong di bar dan tiap inci tepi laut sudah dipenuhi traveler.

Pantai CopacabanaKeramaian di Pantai Copacabana (Foto: CNN)
Kini, pantai ditutup. Masker wajah adalah wajib. Toko, restoran, bar dan sebagian besar kios tepi pantai, kecuali kepunyaan Miguel sudah ditutup.

Polisi berjaga di Pantai Copacabana untuk mencegah penyebaran COVID-19. Tiada yang membunyikan musik, sunyi. Sebagai gantinya ada sirene polisi, memperingatkan penduduk setempat yang enggan beranjak dari pantai.

Brigade Pemadam Kebakaran Maritim, campuran petugas pemadam kebakaran dan penjaga pantai berlalu-lalang meminta orang-orang meninggalkan pasir melalui pengeras suara.

Letnan Kolonel Fernando Melo mengatakan bahwa mayoritas traveler mengikuti aturan penutupan pantai. Tapi masih saja ada satu-dua orang berjalan atau berkumpul di tepi pantai, seperti tak mengetahui alasan Pantai Copacabana kini begitu kosong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar