Jumat, 09 Oktober 2020

5 Tips Isolasi Mandiri di Rumah bagi Pasien COVID-19

 Dokter Spesialis Paru-paru RS Siloam ASRI Jakarta dr. Maydie Esfandiari, Sp.P menyatakan pasien positif COVID-19 tanpa gejala atau OTG yang menjalani isolasi mandiri di rumah sebisa mungkin menghindari sentuhan dengan anggota keluarga lainnya guna menghindari penularan.

Menurutnya pasien tanpa gejala diperbolehkan menjalani isolasi mandiri di rumah selama memiliki tempat. Namun jika tempatnya tak memungkinkan, dr. Maydie menyarankan lebih baik ke rumah sakit atau hotel isolasi mandiri yang telah disiapkan pemerintah setempat.


Tapi jika terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumah dr. Maydie pun memberikan lima hal penting yang perlu diperhatikan bagi pasien OTG. Hal ini diungkapkannya dalam talkshow 'Update Wisma Atlet: Harapan Sembuh bagi Pasien Covid-19' di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta.


"Pertama, pantau suhu tubuh dua kali sehari guna memastikan stabil. Jika suhunya terus naik, maka segera periksakan ke rumah sakit terdekat," ujarnya dikutip dari situs resmi Satgas COVID-19, Kamis (8/10/2020)


Kedua, kata dia, pasien harus berada di dalam kamar dan tidak keluar guna menghindari penularan ke anggota keluarga lainnya. Bagi anggota keluarga, harus menggunakan masker.


"Ketiga, fasilitas kamar yang ditempati pasien diusahakan terdapat ventilasi agar sirkulasi udara berjalan normal," imbuhnya.


Keempat, usahakan peralatan makan seperti piring, gelas, sendok, dan garpu tersendiri atau tidak campur dengan anggota keluarga lainnya. Begitu juga dengan pakaian yang dikenakannya dipisahkan, serta direndam menggunakan air panas dan deterjen.


Adapun kelima, keluarga terdekat harus menjalani rapid test dan jika statusnya pekerja maka wajib segera menginformasikan ke kantornya agar segera melakukan tracing dan penyemprotan desinfektan di lingkungan tempat kerja.


"Diusahakan saat menjalani isolasi mandiri tidak melakukan kontak kepada siapapun," jelas dr. Maydie.


Lebih lanjut ia menekankan jika mengalami gejala sesak nafas, nyeri dada, atau merasa tak nyaman maka segera lah pergi ke rumah sakit dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Sebagai informasi, untuk meningkatkan kembali angka kesembuhan dan menekan kasus aktif COVID-19 masyarakat dihimbau, tetap selalu #IngatPesanIbu untuk memutus rantai COVID-19 seperti yang dijelaskan #SatgasCOVID19 dengan melakukan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

https://cinemamovie28.com/the-space-between-us/


Gas Air Mata Bikin Mata Perih, Terbuat dari Apa Sih?


 Gas air mata yang digunakan untuk menenangkan massa demo penolakan Omnibus Law Cipta kerja masih meninggalkan bekasnya di sekitaran daerah Harmoni, Jakarta Pusat. Bahkan efek perihnya masih sangat terasa.

Banyak warga sekitar yang merasakan matanya terasa perih, pedas, batuk, sampai pernapasannya terganggu akibat sisa tembakan gas air mata ini. Sebenarnya terbuat dari apa sih gas air mata itu?


Dalam wawancara dengan detikcom, Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Agus Haryono menjelaskan bahwa gas air mata ini memiliki kandungan bahan kimia yang sangat banyak.


"Yang paling banyak digunakan adalah gas CS (Chlorobenzalmalonitrile)," jelas Agus pada detikcom beberapa waktu lalu.


Senyawa CS yang menjadi salah satu bahan pembuatnya ini bisa mengaktifkan reseptor di tubuh dan berhubungan dengan rasa sakit. Selain itu, masih banyak senyawa lain yang digunakan dalam pembuatan gas air mata.


"Gas CN (Choloroacetophenone), bromoaseton, fenasil bromida, xylil bromide, semprotan merica atau minyak cabai, dan lain-lain," lanjutnya.


Efeknya ini bisa membuat mata terasa perih dan juga pedas. Selain itu, pelarut yang ada di dalam gas air mata yaitu MIBK (methyl isobutyl ketone) ternyata berbahaya jika terpapar pada janin dan ibu hamil.


"Sebenarnya bukan dari CS-nya sendiri, tapi dari komposisi pelarut bisa mengakibatkan gangguan kromosom pada janin, kalau ibu hamil terpapar berkali-kali," ujar Agus.

https://cinemamovie28.com/extinction/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar