Senin, 19 Oktober 2020

Semalam Sering Buang Air Kecil? Waspadai Gejala Hipertensi

 Sering buang air kecil adalah hal yang wajar di tengah cuaca dingin. Kadang-kadang, hal itu mengganggu istirahat malam karena jadi harus bolak-balik ke toilet.

Dalam dunia medis, kondisi sering kencing di malam hari disebut nokturia. Jika seseorang terlalu sering buang air kecil khususnya di malam hari, hal itu bisa menandakan kondisi kesehatan sedang tidak baik, yaitu mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).


Dikutip dari Health, sebuah penelitian Division of Hypertension di Jepang mengatakan bahwa asupan garam dan tekanan darah yang tinggi berkaitan dengan seringnya rasa ingin buang air kecil saat tidur.


Jika mengkonsumsi garam terlalu banyak, tubuh akan menahan cairan. Hal itu dikaitkan dengan tekanan darah tinggi yang membuat seseorang sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil.


Sebuah penelitian di rumah sakit Tohoku Rosai, Jepang melakukan analisis tekanan darah dan frekuensi kencing pada 3.749 penduduk setempat. Hasil menunjukkan, responden yang terbangun untuk buang air kecil di malam hari memiliki risiko terkena hipertensi sebesar 40 persen.


Perwakilan penelitian Dr Mutsuo Harada mengatakan, penyebab seseorang terkena hipertensi karena faktor gaya hidup seperti asupan garam, etnis, dan latar belakang genetik.


"Asupan garam rata-rata di Jepang cukup tinggi. Bisa sampai 10 gram per hari, atau dua kali lipat rata-rata asupan garam per hari dunia," ucap Dr Mutsuo, dikutip dari Medical News Today.

https://indomovie28.net/identicals-2016/


7 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan yang Dilakukan Secara Teratur


 Olahraga sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan serta keseimbangan tubuh. Selain itu, olahraga

juga dapat meningkatkan mood hingga meningkatkan kehidupan seksual yang lebih sehat.


Ingin memiliki tubuh yang sehat dan memiliki banyak energi? Tentu kita harus rajin berolahraga.


Manfaat kesehatan dari olahraga teratur dan aktivitas fisik memang sulit diabaikan. Semua orang mendapat manfaat dari olahraga, tanpa memandang usia, jenis kelamin atau kemampuan fisik.


Berikut manfaat olahraga untuk mendapatkan kesehatan:

1. Latihan mengontrol berat badan

Olahraga dapar membantu mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Saat Anda melakukan aktivitas fisik, Anda membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang terbakar.


Setiap jumlah aktivitas lebih baik daripada tidak bergerak sama sekali. Jadi jika tidak memiliki waktu gym, Anda bisa turun naik tangga atau berjalan sekitar 45 menit dengan santai setiap hari.


2. Olahraga memerangi penyakit

Khawatir dengan penyakit jantung? Olahraga teratur dapat membantu mencegah atau menangani banyak masakah kesehatan, termasuk: stroke, sindrom metabolik, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, depresi, kegelisahan dan banyak jenis kanker.


Olahraga juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan membantu menurunkan risiko kematian dari semua penyebab.


3. Olahraga meningkatkan mood

Olahraga mengecilkan perut dan menurunkan berat badan memang sudah dikenal lama. Akan tetapi ternyata olahraga juga memiliki manfaat lainnya seperti meningkatkan mood.


Melakukan kegiatan olahraga seperti gym atau jalan cepat dapat membantu meningkatkan mood. Karena aktivitas fisik merangsang berbagai zat kimia otak yang mungkin bisa membuat Anda lebih bahagia, rileks dan tidak terlalu cemas.


Anda juga mungkin merasa lebih baik tentang penampilan dan diri sendiri ketika berolahraga secara teratur.

https://indomovie28.net/one-way-trip-2016/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar