Sabtu, 03 Oktober 2020

Tak Ingin Jantung Kolaps Saat Bersepeda? Catat Pesan Ini

  Bersepeda merupakan salah satu olahraga terbaik untuk melatih sistem kardiovaskular. Ironisnya, hampir setiap hari terdengar kabar ada pesepeda kolaps karena serangan jantung.

Sebenarnya, serangan jantung bisa terjadi pada olahraga apapun. Kebetulan saja karena sepeda sedang hits, maka yang sering terdengar saat ini adalah kasus pada pesepeda.


Risiko serangan jantung saat berolahraga sebenarnya bisa dihindari. Pegiat olahraga bersepeda Iwan Nurjadi dalam kick off Virtual Indonesia Heart Bike 2020 menyampaikan beberapa tips aman bersepeda.


"Pertama, kita harus mulai dengan tidak buru-buru. Kalau memang sudah ada penyakit atau kondisi yang harus diperhatikan, naik sepeda jangan terlalu memaksa," kata Iwan di Kantor Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Sabtu (3/10/2020).


Menurut Iwan, seorang yang baru mulai bersepeda kadang-kadang kurang memperhitungkan batas kemampuan fisiknya. Hanya karena ada yang lebih cepat misalnya, lalu memaksakan diri untuk mengimbangi kecepatannya.


"Badan kita ada alarmnya kok. Kalau ada yang kurang enak, itu tandanya mungkin kita terlalu memaksakan diri," jelas Iwan.


Selain itu, nutrisi dan hidrasi sebelum dan selama olahraga juga tidak kalah penting. Dehidrasi bisa dihindari dengan selalu minum air putih.


"Jangan minum pada saat sudah haus, itu mungkin sudah terlambat," pesan Iwan.

https://indomovie28.net/alpha-and-omega-2-a-howl-iday-adventure-2/


Alami COVID-19 Gejala Ringan, Trump Dirawat di RS Militer Walter Reed


Presiden AS Donald Trump mengalami gejala COVID-19 ringan, termasuk batuk, hidung tersumbat, demam, dan kelelahan. Dilansir dari BBC, Trump bakal menjalani perawatan di rumah sakit militer Walter Reed setelah sebelumnya diisolasi di Gedung Putih.

Walter Reed adalah salah satu pusat kesehatan militer terbesar dan paling terkenal di Amerika. Di sinilah biasanya presiden AS melakukan pemeriksaan tahunan.


Helikopter kepresidenan Marine One telah mendarat di halaman Gedung Putih untuk menjemput Presiden Trump ke pusat medis Walter Reed di Maryland. Kabin depan helikopter itu akan ditutup, pilot dan awak kabin juga mengenakan masker.


Sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan keputusan untuk merawat Trump dibuat "karena sangat berhati-hati."


"Trump akan segera menuju Pusat Medis Walter Reed - karena sangat berhati-hati, dan atas rekomendasi dari dokter dan ahli medisnya, Presiden akan bekerja dari kantor kepresidenan di Walter Reed selama beberapa hari ke depan," kata McEnany.


Dokter Trump, dr Sean Conley, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa presiden telah "menerima koktail antibodi poliklonal dosis 8g sebagai tindakan pencegahan" di Gedung Putih. Obat ini diberikan untuk membantu mengurangi tingkat virus dan mempercepat pemulihan.


"Presiden juga mengonsumsi seng, vitamin D, famotidine, melatonin dan aspirin", kata dr Conley.


Harga Swab Mandiri Maksimal Rp 900 Ribu, Sesuai atau Masih Kemahalan?


 Tarif swab mandiri selama pandemi Corona cukup variatif mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tidak sedikit yang akhirnya mengeluh agar tarif swab diatur pemerintah sehingga tidak terlalu mahal.

Kementerian Kesehatan RI akhirnya menetapkan tarif swab mandiri tertinggi sebesar Rp 900 ribu. Harga ini sudah termasuk biaya pengambilan swab dan pemeriksaan real time polymerase chain reaction (PCR).


"Tim Kemenkes dan BPKN menyetujui batas tertinggi swab yang bisa kami pertanggungjawabkan kepada masyarakat yaitu Rp 900 ribu," ujar Plt Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Prof Dr H Abdul Kadir, PHD, SpTHT-KL (K), MARS dalam konferensi pers di kanal Youtube Kementerian Kesehatan, Jumat (2/10/2020).


"Jadi Rp 900.000 ini termasuk biaya pengambilan swab sekaligus biaya periksa real time PCR," lanjutnya.


Penetapan tarif tersebut berdasarkan perhitungan sejumlah komponen harga termasuk jasa pelayanan dan sumber daya manusia (SDM). SDM yang terlibat dalam tes swab antara lain mencakup dokter mikrobiologi klinis atau patologi klinis, tenaga ekstraksi, serta petugas pengambil spesimen.


Selain itu, harga tersebut terhitung dari bahan-bahan habis pakai atau BHP, termasuk mencakup alat pelindung diri (APD) level 3. Reagen yang dibutuhkan untuk pemeriksaan juga termasuk dalam komponen tersebut.


"Terdiri dari reagen ekstraksi dan reagen PCR-nya sendiri," jelas Prof Kadir.


Bagaimana nih, sudah sesuaikah harga Rp 900 ribu untuk tes swab? Atau masih terlalu mahal? Tuliskan pendapat di komentar.

https://indomovie28.net/lemon-tree-passage-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar