Kamis, 29 Oktober 2020

Ini Syarat Agar Vaksin COVID-19 Bisa Segera Diproduksi & Digunakan

  Sebelum diproduksi massal dan diberikan kepada masyarakat, vaksin COVID-19 terlebih dahulu melewati tiga tahapan uji klinis. Di setiap tahap pengujian, tim peneliti akan mengevaluasi efek samping yang ditimbulkan vaksin.

Anggota Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K) mengatakan jika pada salah satu fase uji klinis vaksin dinyatakan menimbulkan efek samping berat, pengembangan vaksin tidak dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya. Adapun saat ini vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia dalam tahap uji klinis ketiga.


"Dari uji klinis vaksin COVID-19 satu dan dua yang sudah dilakukan, tidak ada keluhan efek samping berat. Jika dari fase satu sudah ada keluhan maka tidak akan dilanjutkan ke fase dua. Demikian juga jika ada temuan keluhan atau ada hal yang membahayakan pada fase dua, maka tidak akan dilanjutkan pada uji klinis fase tiga. Dan dalam hal uji klinis ini, pemerintah terus berkoordinasi dengan berbagai pihak," papar Prof Soedjatmiko dalam keterangan tertulis, Senin (26/10/2020).


Ia menguraikan uji klinis vaksin COVID-19 tahap ketiga tengah dilakukan di Bandung. Ada 1.620 relawan yang dilibatkan untuk menguji efek vaksin.


"Ada (relawan) yang baru disuntik satu kali dan ada yang sudah dua kali, dan tidak ada keluhan atau efek samping berat yang ditemukan dalam proses uji klinis tahap tiga ini. Pemerintah juga telah mempercayakan penelitian dan pengujian kepada para peneliti dan pengawas vaksin," ulas Prof Soedjatmiko.


Dokter yang juga Sekretaris Satgas Imunisasi Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Ini mengingatkan vaksin bukanlah obat dari COVID-19. Sekalipun vaksinasi sudah dilakukan, protokol kesehatan lewat gerakan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) tetap harus dijalankan. Selain itu aktivitas 3T (testing, tracing, treatment) juga berlanjut.


"Vaksin hanya salah satu upaya untuk menghentikan pandemi hari ini. Vaksin tidak dapat menggantikan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," ujar Prof Soedjatmiko.

https://kamumovie28.com/crystal-skulls-2014/


Persiapan Libur Panjang Oktober 2020, Kenali 4 Jenis Tes Corona


Di libur panjang Oktober 2020 pekan ini, pastinya banyak orang yang ingin menghabiskannya sambil bepergian melepas penat. Tetapi, demi mencegah terjadinya penyebaran virus Corona COVID-19 semakin meluas, melakukan tes Corona sangat dianjurkan.

Ada berbagai macam tes Corona yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi tubuh sebelum bepergian di libur panjang Oktober 2020 ini. Ada rapid test, tes serologi, PCR, hingga TCM atau tes cepat molekuler.


Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan berbagai macam jenis tes Corona yang bisa dilakukan sebelum bepergian selama libur 2020.


1. Rapid test

Jenis tes Corona ini menggunakan sampel darah. Orang yang terinfeksi virus Corona akan membentuk antibodi yang disebut immunoglobulin yang bisa dideteksi di darah. Immunoglobulin inilah yang akan dideteksi dengan pemeriksaan rapid test.


Pemeriksaan rapid test ini bisa dilakukan di mana saja, dan membutuhkan waktu selama 15-20 menit untuk mendapat hasilnya dengan menggunakan kit.


Namun, rapid test ini juga memiliki kelemahan bisa menghasilkan 'false negative', yaitu saat hasil tes negatif meski sebenarnya positif. Ini bisa terjadi jika rapid test dilakukan kurang dari 7 hari setelah terinfeksi.


2. Tes Serologi COVID-19

Tes serologi antibodi ini untuk mendeteksi antibodi, baik Imunoglobulin M (IgM) atau Imunoglobulin G (IgG) di dalam darah. Untuk mendeteksinya, dilakukan dengan mengambil sampel darah pasien dan dimasukkan ke dalam tabung darah untuk diproses di laboratorium.


Meski sama dengan rapid test, hasil yang didapatkan dari tes ini bisa reaktif dan non reaktif. Jika hasilnya reaktif, kemungkinan tubuh sudah mengandung antibodi Corona.


Antibodi reaktif ini juga tidak selalu diartikan ada virus aktif di dalam tubuh. Tetapi, bisa saja antibodi ini terdeteksi karena adanya infeksi yang terjadi di sebelumnya.

https://kamumovie28.com/sara-2015/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar