Senin, 07 Desember 2020

PBNU Yakin Habib Luthfi Maafkan Ustadz Maaher: Proses Hukum Tergantung Polisi

 Ustadz Maaher At Thuwailibi alias Soni Eranata menyesali perbuatannya dan mengaku ingin meminta maaf kepada Habib Luthfi bin Yahya. PBNU menilai Habib Lutfhi pasti akan memaafkan.

"Saya kira baik-baik saja kalau Ustadz Maaher menyesali perbuatannya, kemudian meminta maaf bahkan di berita sampai nangis-nangis itu pertanda baik lah, mudah-mudahan penyesalan yang benar-benar keluar dari kesadaran dan kalau itu dimintakan maaf kepada Habib Luthfi, hampir bisa dipastikan Habib Luthfi memaafkan. Karena Habib kan orang baik, welas sih, ulama itu kan mengayomi umat, nampak dari berbagai tindakan Habib Luthfi," kata Wasekjen PBNU Masduki Baidlowi, kepada wartawan, Minggu (6/12/2020).


Terkait proses hukum, Masduki menyerahkan kepada kepolisian. Dia mengatakan polisi memiliki pertimbangan-pertimbangan lain.


"Kalau proses hukum terserah polisi, polisi punya pertimbangan tersendiri, apakah ini untuk efek jera kepada yang lain, karena kan bisa saja Habib Lutfhi menerima maaf, tetap polisi menjalankan proses hukum," ujarnya.


Dia kemudian menyamakan hal ini dengan kasus Wapres Ma'ruf Amin terkait foto yang disandingkan dengan bintang porno Jepang Kakek Sugiono. Meski Ma'ruf sudah memaafkan, Masduki mengatakan proses hukum tetap berjalan.


"Sama dengan kaitannya kasus Kiai Ma'ruf itu sudah memaafkan kepada yang bersangkutan bahkan Kiai Ma'ruf memberikan bantuan kepada keluarganya. Itu hati nurani kiai Ma'ruf, tapi ternyata bareskrim tetap aja memproses hukum karena pertimbangan ke yang lain," tuturnya.


Ustadz Maaher mengaku menyesal dan ingin meminta maaf kepada Habib Lutfhi, simak berita selengkapnya


Sebelum ditangkap polisi pada Kamis subuh (3/12), Soni Eranata alias Ustadz Maaher At Thuwailibi mengaku sudah berniat menemui Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan. Dia merasa tidak punya perasaan dengan Habib Luthfi dan amat menghormatinya.


"Demi Allah saya tidak pernah punya niat menghina dan tidak punya masalah dengan Habib Luthfi, beliau ulama besar," kata Maaher saat ditemui detikcom di Bareskrim, Sabtu petang (5/12/2020).


Dia ingin menabung agar bisa bersama keluarga menemui Habib Luthfi langsung di Pekalongan, Jawa Tengah. Soni alias Maaher tak ingin meminta maaf lewat media sosial untuk menunjukkan kesungguhan hatinya.


Sambil berurai air mata, dia menyatakan ingin meminta maaf dan mencium tangan Habib Luthfi, yang diketahuinya sebagai tokoh Nahdlatul Ulama dan ulama besar yang disegani. Maaher kembali menegaskan dirinya sama sekali tak pernah berniat menghina Habib Luthfi.

https://movieon28.com/movies/the-monkey-king-3/


'Ustadz Maaher' Minta Maaf ke Habib Luthfi, PKB: Kami Apresiasi Tangisannya


Soni Eranata alias Ustadz Maaher At Thuwailibi sembari menangis mengaku ingin meminta maaf langsung kepada Habib Luthfi bin Yahya. PKB pun mengapresiasi tangisan Ustadz Maaher.

"Kami mengapresiasi tangisannya, jika itu tanda pengakuan dari kesalahannya," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Minggu (6/12/2020).


Kendati demikian, Jazilul menekankan tangisan dan permintaan maaf itu tak bisa menyudahi proses hukum yang berjalan. Menurutnya, menjalani proses hukum yang ada adalah bentuk tanggung jawab atas perbuatannya.


"Namun sebagai tanda bertanggung jawab adalah menjalani proses dan putusan hukum jika nantinya diputus bersalah," ujarnya.


"Kita berpegang pada prinsip praduga tak bersalah, belum tentu dia diputus bersalah oleh pengadilan. kita hormati proses hukum yang berjalan meskipun sambil menangis," sambung Jazilul.


Lebih lanjut, Jazilul meyakini Habib Luthfi akan memaafkan Ustadz Maaher. Namun, kata dia, keberlanjutan kasus tersebut ada di tangan pelapor.


"Habib Lutfi pasti dapat memaafkannya, namun karena kasus ini deliknya aduan, maka tergantung pelapornya mau mencabut laporan atau tetap dilanjutkan," kata dia.


Sebelumnya, Soni Eranata alias Ustadz Maaher At Thuwailibi mengaku sudah berniat menemui Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan sebelum ditangkap. Dia merasa tidak punya perasaan dengan Habib Luthfi dan amat menghormatinya.

https://movieon28.com/movies/semper-fi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar