Minggu, 27 Desember 2020

Pramugari Cantik Kena Dampak Corona, Ini Kisahnya Setelah Viral Jualan Sate

 Nama Martha Puri viral usai membagikan kisahnya yang dulu bekerja sebagai pramugari kini alih profesi jualan sate taichan dan tahu crispy. Kisah itu dibagikannya dalam sebuah unggahan video di Tiktok yang memperlihatkan perbedaan pekerjaannya dulu saat menjadi pramugari dan masa sekarang saat dia berjualan.

"Dulu, pulang kerja vs sekarang pulang kerja," demikian tulis Martha Puri di unggahan akun TikTok miliknya @marthaputri04.


Saat dikonfirmasi Wolipop, Martha mengaku sudah tak bekerja lagi sebagai pramugari sejak awal Corona menghantam Indonesia. Dia yang merupakan pegawai kontrak, tak mendapat kontrak lanjutan dari maskapai tempatnya bekerja.


"Karena pandemi, berhubung kontrak kami di dua tahun pertama ini sudah selesai, jadi kami semua berhenti dan tidak bisa lagi bekerja atau pun berharap untuk bisa menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut," tuturnya.


Pada saat awal kontraknya sebagai pramugari berakhir, Martha mengaku sempat merasa terpuruk dan sedih. Dia teringat perjuangannya untuk bisa masuk ke perusahaan maskapai impiannya yang tak mudah. Namun perlahan wanita 27 tahun itu berusaha bangkit dengan melanjutkan usahanya yang sempat terhenti. Setelah tiga bulan tak bisa move on dia memutuskan membuka usaha.


Selama kurang lebih tiga bulan belum bisa move on hanya bisa jalanin kehidupan biasa, akhirnya pada Juli, aku bertekad untuk membuka usaha. Dulu di tahun 2016 aku sempat buka usaha Sate Taichan di Cibinong, Bogor. Sempat tutup karena aku sudah diterima kerja di maskapai. Dan sekarang aku coba lagi usaha itu yang dipegang oleh adikku, karena adikku juga sudah tidak bekerja. Lalu aku pun masih mencoba usaha lain dengan temanku yaitu membeli franchise tahu krispi," kata Martha.


Martha pun menamai bisnisnya ini "Brotherhood". Melalui nama tersebut dia merintis usaha berjualan sate taichan, pancong lumer dan juga tahu krispi. Saat kisahnya di TikTok viral, Martha mengaku terkejut karena tak sedikit warganet yang mendatangi lokasi usahanya di Food Corner, Cibinong, Bogor.


Martha sendiri mengaku mengunggah video ke TikTok mengenai bisnis yang dirintisnya ini sebagai sebuah promosi. Dia berharap usahanya bisa semakin dikenal.

https://maymovie98.com/movies/the-last-seduction/


"Aku pikir TikTok salah satu media yang saat ini lagi booming dan aku bisa mempromosikan usahaku di sana Dan aku lihat banyak beberapa orang yang buka usaha dan mereka promosikan lewat TikTok dan antusiasnya luar biasa," ujar mantan pramugari itu.


Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui bagaimana kini nasib Martha setelah kisahnya alih profesi viral.


Kini setelah sempat viral karena kisahnya alih profesi karena terdampak Corona, apa yang dirasakan Martha? Dia mengaku penjualan sate taichan dan tahu crispy miliknya meningkat.


"Penjualan saat ini aku bersyukur semakin meningkat, walaupun tidak signifikan, setidaknya orang-orang sudah mulai banyak mengetahui tentang jualan ini. Reaksi pengunjung ada beberapa dari teman-teman TikTok juga, mereka senang mereka bilang enak," ucap Martha kepada Wolipop Kamis (24/12/2020).


Meski sudah mengalami peningkatan, Martha mengatakan omzet usahanya masih belum menentu. Dia pun tetap bersyukur karena penjualannya terus bertambah.


"Kita udah mulai bikin 200-300 tusuk di weekday. Yang waktu pertama kita cuma bikin 100-150 tusuk aja. Itu baru sate taichannya belum sate kulit dan sate usus. Kalau tahu crispy juga karena kita tambah menu di mix kentang jadi orang banyak pilih tahu mix kentang sih," jelasnya.


Alih profesi dari pramugari jadi berjualan sate taichan dan tahu crispy, Martha mengaku mengalami beberapa kendala. Namun buatnya kesulitan tersebut bukan masalah berarti yang membuatnya menyerah.


"Kesulitan pasti ada, tapi kita coba jalanin aja karena kita kan masih belum pakai orang juga. Kalau ada komplain kita tahu dan kita hadapin juga. Solusinya kita coba adain evaluasi setiap malam sehabis tutup warungnya. Kita coba liat di mana kekurangan kenapa bisa begini atau begitu. Jadi besok kita sudah bisa jalan lagi," ujarnya panjang lebar.


Di penghujung wawancara, Martha mengungkapkan rencana ke depannya untuk bisnisnya. "Rencana ke depannya aku mau kembangin bisnis ini. Siapa tahu nantinya aku bisa buka kemitraan. Aku nggak peduli aku mau di 'nyinyirin' orang-orang seperti di TikTok di bilang ini itu. Tapi aku masih punya banyak support dari keluarga teman dekat dan beberapa teman TikTok lainnya," pungkas Martha.

https://maymovie98.com/movies/the-story-of-o/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar