Rabu, 30 Desember 2020

Penampakan Langka Prototipe Apple Watch Sebelum Dirilis

  Apple Watch saat ini sudah sampai pada Series 6, dan menjadi smartwatch yang bentuknya ikonik. Namun, seperti apa sih penampakannya saat pertama dikembangkan?

Sebelum sampai pada bentuk khas pada Apple Watch yang dijual ke konsumen, ternyata bentuknya sangat jauh. Meski memang Apple mungkin saja menyamarkan bentuknya, dan dalam sejarahnya memang hal tersebut pernah dilakukan oleh Apple.


Misalnya saat gambar prototipe iPhone 4 bocor, bentuknya mirip dengan iPhone 3GS. Begitu juga dengan gambar prototipe Apple Watch ini, yang mirip dengan iPhone kecil atau juga mirip dengan sebuah iPod.


Pada bodi perangkat tersebut ada dua tombol di samping dan sebuah tombol yang mirip dengan tombol home iPhone lama, demikian dikutip detikINET dari Gizmodo, Selasa (29/12/2020).


Dalam gambar yang didapat oleh AppleDemoYT tersebut terlihat kalau software yang dijalankan adalah watchOS versi jadul, lengkap dengan aplikasi 'Springboard zoom' yang memamerkan home screen watchOS.


Ada juga fitur rahasia dalam prototipe tersebut, yaitu aplikasi 'Lisa Tester', yang mereferensikan Apple Lisa, komputer mereka dari era 80an lengkap dengan ikon bergambar Lisa Simpson.


Dinyatakan juga bahwa prototipe Apple Watch ini belum mendapat izin dari FCC, yang membuatnya tak bisa dijual ataupun dipinjamkan.


Apple pertama merilis Apple Watch pada 2015, jadi mungkin prototipe ini sudah ada setidaknya sejak 2014. Pada 2015 lalu, Wired juga pernah menuliskan laporan mendalam mengenai pengembangan Apple Watch.


Dalam laporan tersebut dijelaskan bahwa prototipe Apple Watch yang pertama adalah sebuah iPhone yang terpasang pada strap Velcro. 'iPhone' tersebut dilengkapi dongle khusus berisi 'crown' alias tombol putar yang terpasang pada port iPhone yang ada di bawah lewat sebuah kabel.


Dari gambar yang tersebar ini terlihat ada beberapa aspek yang kemudian masih ada sampai Apple Watch yang dijual ke konsumen. Salah satuya adalah elemen UI yang kemudian dipakai di watchOS.

https://kamumovie28.com/movies/bound/


Keren! Sekolah Ini Pakai Aksara Jawa di WhatsApp


 Penggunaan bahasa daerah kian terkikis seiring berkembangnya zaman. Namun, menariknya di sekolah ini, penggunaan aksara Jawa rutin dipakai hingga bisa digunakan di layanan pesan instan WhatsApp.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada beberapa sekolah yang memang konsisten terhadap pemeliharaan aksara Jawa. Sudah sejak 10 tahun lalu mulai dimanfaatkan aksara Jawa dalam komputer.


Adalah Setya Amrih Prasaja, seorang Filolog yang bekerja di Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang mendorong penerapan aksara Jawa ke dalam komputer. Dahulu, Amrih merupakan seorang guru Bahasa Jawa yang menggabungkan aksara Jawa dengan teknologi sehingga bisa dipergunakan di komputer.


"Waktu itu saya minta izin kepada Kepala Sekolah untuk di SMA 2 Bantul pendidikan basis budayanya tidak ke hal yang bersifat benda, tapi justru main di karakter dan pola pikir anak dengan aksara (Jawa). Hingga di SMA 2 Bantul itu dari ulangan harian sampai ulangan akhir semester full menggunakan aksara Jawa," ungkap Amrih.


Amrih mengaku pola ini dirasa cukup efektif, yaitu dengan membiasakan diri menggunakan aksara Jawa pada komputer dalam pembelajaran sehari-hari, yang lambat laun siswa akan terpola dan mengenal aksara Jawa secara digital, sehingga dalam prakteknya mereka sudah terbiasa dan tidak kesulitan dalam menjawab soal-soal yang dituliskan dalam aksara Jawa secara online.


"Tahun 2010 waktu saya pertama jadi guru itu saya udah bilang di kelas, anak-anak saya giring ke lab. TIK (Laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi) meskipun saya bukan orang TIK tapi ada fasilitas TIK saya manfaatin, karena sudah saya biasakan untuk ulangan harian online, terang Amrih.

https://kamumovie28.com/movies/candyman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar