Sabtu, 19 Desember 2020

Titah Luhut dan Sederet Kebijakan Anies Tangkal Corona di Jakarta

 Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sederet perintah kepada kepala daerah. Beberapa perintah itu pun ditujukan kepada Anies Baswedan yang memimpin DKI Jakarta.

Luhut yang juga merupakan Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional meminta Anies melakukan pengetatan di Jakarta untuk meminimalisir penyebaran Corona pada masa libur natal dan tahun baru 2020.


Salah satu titah Luhut ke Anies adalah meningkatkan presentase pegawai yang kerja dari rumah alias work from home (WFH). Luhut meminta kalau bisa 75% karyawan harus WFH. Meski begitu, dalam rapat koordinasi Selasa lalu, Luhut mengatakan menyerahkan seluruh kebijakan pengetatan WFH kepada Anies.


"Di daerah pak Anies, (kalau bisa) 75% work from home. Kita efektifnya ya mulai.. ya kita terserah pak Anies aja," kata Luhut dalam potongan video rapat yang diunggah Kemenkomarves, dikutip Kamis (17/12/2020).


Untuk persentase karyawan yang melakukan WFH, Luhut menilai bila 50% karyawan WFH ekonomi masih bisa berjalan dengan baik. Meskipun yang paling baik untuk menahan penyebaran virus Corona presentase karyawan yang WFH harus 75%.


"Ya kalau 75% melanggar-langgar jadi 50% ekonomi itu masih oke lah. Masih bisa jalan," ujar Luhut.


Anies sendiri, hari ini merilis Seruan Gubernur Nomor 17 Tahun 2020 dan Instruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan COVID-19 pada Masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Sergub dan ingub ini terbit pada 16 Desember 2020.


Di dalamnya, khusus untuk penyelenggaraan perkantoran Anies menyerukan agar perusahaan menerapkan kegiatan operasional maksimal pukul 19.00 WIB dengan kapasitas maksimal 50%, sisanya WFH. Sementara itu, pegawai Pemprov DKI diminta tidak ke luar kota dan menunda cuti Natal dan tahun baru.


Di sisi lain, Jodi Mahardi, Jubir Luhut mengatakan aturan yang dikeluarkan Anies hari ini sudah dikoordinasikan dengan Luhut. Dia menyebut Luhut sudah 'oke' dengan aturan yang dikeluarkan Anies.


"Tidak beda. Kemarin sudah ada pembicaraan pertelepon antara Pak Anies dengan Pak Luhut mengenai ini. Koordinasi mereka sangat baik. Pak Luhut sudah oke," kata Jodi.

https://trimay98.com/movies/lima/


Titah Luhut bukan cuma WFH saja, apa lagi?


Luhut juga meminta mal cuma boleh buka hingga pukul 19.00 di daerah Jabodetabek. Dia menilai meskipun diperketat, operasional mal akan tetap bisa berjalan dengan efektif meskipun sangat terbatas.

"Pembatasan operasional mal sampai jam 19.00. Di DKI nanti pak Anies, saya kira jam 19.00 orang masih bisa ada aktivitas. Meski dibatasi banget," ujar Luhut.


Adapun selain di Jakarta mal hanya boleh hingga pukul 19.00, di daerah lain, khususnya yang zona merah diperbolehkan buka hingga 20.00.


Di dalam ingub yang diterbitkan Anies pada poin 13 tercatat mengenai pembatasan jam operasional kafe, rumah makan, hingga bioskop. Jam operasional paling lama adalah pukul 21.00.


Sementara aturan mal hingga restoran tutup pukul 19.00 hanya berlaku pada hari cuti bersama, libur nasional, dan akhir pekan setelahnya. Tepatnya pada tanggal 24-27 Desember 2020 dan 31 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021.


Sementara itu khusus bioskop jadwal tayang terakhir pukul 19.00. Kemudian jumlah kapasitas pengunjung di seluruh tempat hiburan juga dibatasi 50% dari total kapasitas.


Selain itu, Luhut juga meminta pemerintah daerah, termasuk Jakarta, untuk melarang adanya kegiatan perayaan natal dan tahun baru yang menyebabkan kerumunan.


Soal perayaan keagamaan pun dia meminta jangan sampai dilakukan dengan menimbulkan kerumunan. Untuk gereja misalnya, dia mengatakan ibadah natal cukup dilakukan dengan total 50 orang di dalam gereja, dan menerapkan jaga jarak.


"Kemudian ibadah natal di gereja cukup seperti sekarang saja, 50 orang cukup pakai jarak. Lalu hajatan, kegiatan agama, dan seterusnya, kan ini ada dua natal dan tahun baru. Itu semua ya kita bilang ke mereka, kalau dia kumpul ramai-ramai larang saja," tegas Luhut.

https://trimay98.com/movies/bodyguard-ugal-ugalan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar