Kamis, 24 Desember 2020

7 Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh Agar Berat Badan Cepat Turun

 Meningkatkan metabolisme merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Semakin tinggi laju metabolisme, maka semakin banyak kalori yang dibakar. Tentunya hal ini akan membuat proses menurunkan berat badan menjadi lebih mudah.

Metabolisme adalah proses mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi bahan bakar, dan menggerakkan semua yang Anda lakukan. Tetapi, metabolisme tidak hanya bertanggung jawab untuk membakar lemak saja, proses ini membantu pernapasan, sirkulasi darah, mengontrol suhu tubuh, dan mencerna makanan.


Ada beberapa cara untuk meningkatkan laju metabolisme. Salah satunya rutin berolahraga yang dinilai efektif untuk meningkatkan metabolisme.


Dikutip dari Health, berikut beberapa cara yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.


1. Rutin berolahraga

Saat setelah berolahraga ada fenomena yang dikenal sebagai excess post-exercise oxygen consumption alias konsumsi oksigen pasca-olahraga berlebih (EPOC), di mana tubuh dapat membutuhkan waktu berjam-jam untuk pulih dari latihan intens dan kembali ke tingkat metabolisme istirahat sebelumnya. Selama waktu ini, tubuh membakar lebih banyak kalori daripada biasanya, bahkan setelah Anda berhenti berolahraga.


2. Makan dengan jumlah porsi lebih sedikit

Makan dengan jumlah porsi lebih sedikit di siang hari dapat membantu Anda merasa kenyang dan membantu menjaga metabolisme tetap dalam batasannya. Makan dengan jumlah porsi sedikit sepanjang hari dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang baik, dan mencegah lonjakan insulin yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.


Cobalah untuk makan dengan porsi sedikit sebanyak enam kali dan pastikan masing-masing mengandung sekitar 300 kalori.


3. Kurangi asupan lemak trans

Lemak trans tidak hanya buruk bagi jantung, tetapi lemak trans juga memperlambat kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Makanan yang mengandung lemak trans dapat menyebabkan resistensi insulin. Situasi ini ketika sel-sel di otot, lemak, dan hati tidak merespons dengan baik terhadap insulin dan tidak dapat dengan mudah mengambil glukosa dari darah dan menyebabkan peradangan.

https://movieon28.com/movies/fallen-angels/


4. Tingkatkan asupan protein

Tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk memecah protein daripada lemak atau karbohidrat. Hal ini membuat kita merasa kenyang lebih lama. Tetapi, protein juga dapat meningkatkan metabolisme berkat proses yang disebut termogenesis, di mana tubuh menggunakan sekitar 10% dari asupan kalori untuk pencernaan.


Karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk membakar protein daripada karbohidrat atau lemak, tubuh akan menggunakan lebih banyak energi untuk menyerap nutrisi dalam makanan berprotein tinggi.


Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa oksidasi lemak, proses pemecahan asam lemak, dan efek termis, energi ekstra yang dibutuhkan tubuh selama pencernaan, lebih besar dengan whey dibandingkan dengan kedelai atau kasein.


5. Minum kopi

Kafein dapat mempercepat sistem saraf pusat, dan itu dapat meningkatkan metabolisme.

Kopi juga telah terbukti meningkatkan tingkat energi selama berolahraga yang membantu Anda bekerja lebih keras, lebih lama, dan membakar lebih banyak kalori dalam prosesnya.


6. Kurangi stres

Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda stres, metabolisme akan terhenti. Berdasarkan penelitian University of Florida, ada beberapa kemungkinan alasan untuk ini, tetapi salah satunya adalah bahwa stres kronis merangsang produksi betatrophin, protein yang menghambat enzim yang dibutuhkan untuk memecah lemak.


Penelitian lain dari The Ohio State University menemukan bahwa wanita yang mengalami stres sehari sebelum makan makanan berlemak tinggi membakar 104 kalori lebih sedikit dalam tujuh jam setelahnya dibandingkan rekan mereka yang tidak mengalami stres.


7. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, termasuk mengatur metabolisme. Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research menemukan bahwa, setelah beberapa hari kurang tidur, partisipan studi merasa kurang kenyang setelah makan dan memetabolisme lemak dalam makanan mereka secara berbeda.


Meskipun tidak selalu mudah, National Sleep Foundation merekomendasikan untuk mencoba tidur setidaknya tujuh jam setiap malam.

https://movieon28.com/movies/angel-has-fallen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar