Selasa, 29 Desember 2020

10 Kabar Duka Terkait Kanker di 2020, Ria Irawan hingga Eddie Van Halen

 Kerap terlambat dideteksi, kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan. Sepanjang 2020, sejumlah kabar duka dari kalangan pesohor juga dikaitkan dengan riwayat kanker.

Dikutip Mayo Clinic, kanker merupakan pertumbuhan abnormal sel-sel tubuh secara tidak terkontrol sehingga merusak fungsi normal tubuh. Berbeda dengan tumor biasa, sel-sel kanker bisa 'menyebar' atau mengalami metastasis ke berbagai bagian tubuh.


Meski termasuk jenis penyakit paling mematikan, risiko kematian akibat kanker sebenarnya bisa dicegah atau dikurangi dengan deteksi dini. Perkembangan teknologi kedokteran juga memungkinkan untuk mengontrol kanker.


Beberapa sosok yang meninggal dengan riwayat kanker sepanjang 2020 antara lain sebagai berikut:


1. Ria Irawan

Aktris senior Ria Irawan sudah bergelut melawan kanker sejak 2014 ketika ia kedapatan mengidap kanker getah bening stadium 3. Sempat dinyatakan 'sembuh', kanker yang dialami Ria Irawan kembali datang dan menyebar ke berbagai organ tubuh, termasuk di kepala.


Ria Irawan meninggal 6 Januari 2020 dalam perawatan di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.


2. Alan Harris

Bintang film "Star Wars" Alan Harris telah didiagnosis kanker paru-paru sejak 2018. Aktor berkebangsaan Inggris ini wafat di usia 81 tahun pada hari Sabtu, 25 Januari 2020.


3. Sofyan Hadi

Mantan pelatih Persija ini menghembuskan napas terakhir pada Rabu, 11 Maret 2020 dan dimakamkan di Ciomas, Bogor. Sebelumnya, ia mengidap kanker tulang stadium akhir sejak 2014 yang membuat dirinya harus bolak balik rumah sakit.

https://maymovie98.com/movies/turkish-delight/


4. Bob Hasan

Sosok pengusaha Bob Hasan meninggal dunia akibat kanker paru-paru pada Selasa, 31 Maret 2020 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD), Jakarta. Wafat di usia 89 tahun, pria ini mengidap metastasis kanker paru-paru sejak lama.


Dikutip dari Cancer.ca, penyakit ini bermula dari kanker paru-paru yang kemudian menyebar ke beberapa organ tubuh. Umumnya, penyakit ini menyerang pasien kanker stadium akhir.


5. Adi Kurdi

Pemeran tokoh Abah dalam sinetron "Keluarga Cemara" ini wafat pada 8 Mei 2020 di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono, Jakarta. Penyumbatan cairan yang berujung pada tumor otak menyebabkan Adi meninggal dunia di usia 72 tahun.


6. Henky Solaiman

Ayah dari aktor Verdi Solaiman ini meninggal dunia pada Jumat, 15 Mei 2020 dan disemayamkan di Kedoya, Jakarta Barat. Henky wafat akibat mengidap kanker usus yang membuatnya harus pamit dari jagat hiburan sejak Januari 2020 silam.


7. Barli Asmara

Desainer kondang asal Indonesia, Barli Asmara wafat pada Kamis, 27 Agustus 2020 di Denpasar, Bali. Diketahui dari keluarganya, Barli mengidap radang otak akibat virus Toxo serta gangguan pencernaan di lambung.


Selama di Bali, ia bolak balik ke rumah sakit akibat penyakit yang diidapnya. Ia juga sempat dirawat di ICU selama 5 hari sebelum akhirnya meninggal dunia.


8. Chadwick Boseman

Mengidap kanker usus besar, pemeran Black Panther dalam serial "The Avengers" meninggal dunia pada Sabtu, 29 Agustus 2020. Aktor asal Amerika Serikat ini telah berjuang melawan kanker usus stadium 3 sejak 2016 saat penyakitnya berkembang ke tahap iv.

https://maymovie98.com/movies/the-ages-of-lulu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar