Senin, 14 Desember 2020

Ada yang Buka Pre-order Vaksin Corona, Harga Resmi?

 Beredar iklan atau promo di media sosial mengenai pre-order vaksin Corona untuk vaksinasi COVID-19 jalur mandiri alias berbayar. Iklan itu muncul dari beberapa fasilitas kesehatan.

Juru Bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto buka suara. Dia menjelaskan saat ini pemerintah masih menyelesaikan skema pelaksanaan vaksinasi COVID-19 baik untuk kebutuhan program bantuan pemerintah maupun kebutuhan mandiri.


Bio Farma belum melaksanakan sistem pelayanan pre-order vaksin Corona untuk vaksinasi COVID-19 jalur mandiri dalam bentuk apa pun, baik untuk keperluan fasilitas kesehatan maupun untuk perorangan.


"Saat ini, Bio Farma masih mengembangkan sistem yang akan digunakan untuk pemesanan pre-order vaksinasi COVID-19 khususnya untuk jalur mandiri," kata Bambang melalui keterangan tertulis, Minggu (13/12/2020).


"Dan hingga saat ini, belum ada ketentuan maupun pengaturan teknis dari pemerintah terkait hal tersebut, dan yang terpenting adalah, pelaksanaan vaksinasinya sendiri, tetap menunggu izin penggunaan dari Badan POM," sambungnya.


Mengenai penyediaan layanan vaksinasi COVID-19, seperti rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya, dia memastikan masih dilakukan proses pendaftaran dan verifikasi, untuk jalur mandiri, melalui asosiasi-asosiasi resmi.


Pemerintah menegaskan belum menetapkan harga vaksin Corona. Hal itu untuk menepis info yang beredar di media sosial mengenai harga vaksinasi COVID-19.

Juru bicara pemerintah sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmidzi menegaskan hal tersebut untuk meredam simpang siur informasi.


"Pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan no. 9860/2020 telah menetapkan 6 jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan di Indonesia, yaitu vaksin produksi Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer/BioNTech, dan Sinovac," kata dia melalui keterangan tertulis, Minggu (13/12/2020).


Kehadiran dan penggunaan vaksin Corona tersebut dalam program vaksinasi di Indonesia, dijelaskan masih dinamis mengikuti proses pengadaan dan izin penggunaannya. Pemerintah pun memastikan belum menetapkan harga dari vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia.


"Informasi yang beredar saat ini tidak dapat dijadikan rujukan dan kami himbau masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah terkait vaksin dan vaksinasi COVID-19. Informasi resmi akan dapat diakses di situs kemkes.go.id, dan covid-19.go.id," paparnya.

https://trimay98.com/movies/dark-phoenix/


Perusahaan Asal Kanada Mau Buat Teknologi Daur Ulang Baterai Lithium


Berbagai perusahaan raksasa kelas dunia mulai melirik bisnis baterai lithium. Berdasarkan data perusahaan asal Kanada, Li-Cycle, sebanyak 500.000 ton baterai lithium digunakan secara global per hari untuk ponsel atau tablet pintar.

Namun, seiring berjalannya waktu, kini baterai lithium juga mulai digunakan untuk peralatan rumah tangga, mobil listrik, hingga truk. Dilansir dari CNBC, Minggu (13/12/2020), maraknya penggunaan litium-ion itu diproyeksi meningkatkan penggunaan baterai lithium hingga 10 kali lipat pada tahun 2030. Sebagian besar ledakan itu berasal dari penggunaan kendaraan listrik.


Oleh karena itu, Li-Cycle yang merupakan perusahaan pendaur ulang baterai lithium tengah mencari jalur logistik yang tepat untuk pengangkutan baterai. Perusahaan tersebut juga masih berupaya mengembangkan teknologi peremajaan baterai lithium tanpa merusak sepenuhnya.


"Kami menghabiskan semua uang ini untuk menghasilkan baterai, membuat bahan kimia, dan kemudian kami membakarnya di akhir proses, dan itu tidak benar," kata Founder dan CEO Li-Cycle Tim Johnston.


Menambahkan Tim, Co-Founder dan Presiden Li-Cycle Ajay Kochhar melihat masalah itu sebagai peluang untuk mengganti rantai pasokan yang rapuh dan bermasalah saat ini dengan sistem yang lebih efisien. Sistem yang menciptakan baterai untuk generasi berikutnya dari bahan baku baterai yang digunakan oleh generasi saat ini.


Dan perusahaan tersebut tidak akan mendaur ulang hanya untuk mendaur ulang. Apalagi, pasar untuk daur ulang baterai lithium-ion saja bisa bernilai US$ 18 miliar atau sekitar Rp 254 triliun (kurs Rp 14.100) setiap tahunnya mulai tahun 2030.

https://trimay98.com/movies/the-king-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar