Rabu, 08 Juli 2020

Hati-hati! Olahraga Berlebihan Bisa Sebabkan Tubuh Rentan Sakit

 Olahraga sering dianggap sebagai upaya untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat. Namun perlu dipahami bahwa segala hal yang berlebihan tidaklah baik, termasuk olahraga.
Olahraga berlebihan ternyata membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mudah terserang penyakit. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kelelahan secara fisik sehingga menurunkan imunitas dan rentan pada kuman penyakit.

"Olahraga berlebihan dapat menyebabkan kelelahan, apalagi olahraga berat yang melibatkan seluruh organ tubuh dan jantung secara berlebihan, dapat memicu Fatique (kelelahan)," ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi kepada detikHealth, baru-baru ini.

Lebih lanjut dr Helmin menjelaskan olahraga secara rutin memang menjadi salah satu upaya untuk mendukung pola hidup sehat. Selain olahraga, pola makan, minum, istirahat dan manajemen stres juga harus mendukung. Semuanya harus pada porsi yang seimbang, jika salah satu berlebihan tentu tidak akan baik hasilnya.

Olahraga berat khususnya, dalam berbagai penelitian bisa menurunkan daya tahan tubuh untuk sementara waktu dan juga performa. Produksi hormon kortisol dan adrenalin saat olahraga, yang juga dikaitkan dengan stres, dapat menekan sistem imun sehingga mudah terserang infeksi.

Karena itu, aturlah waktu olahraga agar dapat memberikan kesempatan bagi tubuh untuk istirahat, sehingga cukup fit untuk menjalani olahraga di kesempatan berikutnya. dr Helmin menyarankan olahraga dilakukan rutin 30 menit setiap hari jika memungkinkan, namun apabila tidak ada waktu dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

"Selain itu, pilih olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh. Setiap olahraga dimulai dengan pemanasan 5-10 menit. Misalnya jika ingin berlari mulailah dengan berjalan dan kecepatan semakin bertambah sampai berlari. Demikian juga jika ingin berenang, mulai dengan gerakan ringan," bebernya.

Selain pemanasan, nutrisi untuk olahraga yang benar juga perlu dipersiapkan dengan baik seperti karbohidrat, protein, lemak, cairan, dan mikronutrien. Sebelum olahraga tubuh juga harus fit dan siap untuk mendapatkan exercise.

"Saat melakukan olahraga energi akan terkuras, ion dan cairan tubuh juga akan hilang, sehingga jika memungkinkan saat olahraga dapat mengonsumsi cairan. Sehabis berolahraga lakukan recovery yang baik, misalnya rehidrasi, nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup," tandasnya.

Selain itu, bantu juga dengan konsumsi Fatigon Spirit sebelum berolahraga yang mengandung Nano Ginseng Extract untuk stamina tubuh dan L-Carnitine untuk menghasilkan energi. Untuk mempercepat kembali pemulihan stamina usai olahraga, Anda bisa konsumsi Fatigon Multivitamin dan Mineral yang mengandung vitamin B untuk pemulihan energi dan kalium serta magnesium aspartat untuk menguraikan asam laktat penyebab pegal dan otot kaku.

Pria Ini Batuk Sampai Kolaps di Mall, Dicurigai Kena Virus Corona

Dalam sebuah video CCTV yang beredar, terlihat seorang pria batuk hingga kolaps di pusat perbelanjaan Canary Wharf, di London. Ia mendadak jatuh ke lantai.
Sebelum terjatuh, pria itu terlihat melepas jaket dan melemparkannya ke lantai sambil mencoba menutup mulutnya ketika dia batuk. Salah seorang pekerja kantor yang sedang menuju ke stasiun, terlihat berhenti dan menatap lelaki itu ketika penjaga keamanan berjalan untuk menawarkan bantuan.

Mengutip Daily Star, saat jatuh pria itu terlihat meminta tolong untuk segera diberikan air minum.

"Saya sedang duduk di Caffe Nero dan tiba-tiba seorang pria mulai batuk dengan sangat keras. Dia terdengar sangat sakit dengan suara batuk yang sangat berat itu, dia juga seperti minta tolong untuk meminta air minum," jelas salah satu pengunjung mal.

Seorang juru bicara dari London Ambulance Service menjelaskan mendapat laporan terkait hal ini pada Senin (24/2/2020) tepat pukul 5 sore waktu setempat. "Kami mengirim kru ambulans, namun kami kemudian diberitahu bahwa ambulans tidak lagi diperlukan," jelasnya.

Meski begitu, belum ada bukti yang pasti terkait hubungan pria tersebut dengan dugaan virus corona baru.

"Kami tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa ini terkait dengan Coronavirus. Belum ada kasus Coronavirus yang dikonfirmasi di perkebunan Canary Wharf," tambahnya.
https://nonton08.com/american-beauty/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar