Minggu, 26 Juli 2020

Viral Isosorbide Dinitrate untuk Serangan Jantung, Ini Faktanya

Broadcast lama tentang obat jantung kembali beredar tak lama setelah aktor Ashraf Sinclair meninggal dengan dugaan serangan jantung. Disebutkan, pertolongan pertama untuk serangan jantung adalah Isosorbide Dinitrate 5 mg.
"Saya saranin kalian orang beli, taruh di dompet 2 biji aja, selain proteksi buat kita kalau sewaktu-waktu ada apa-apa, mana tau ada orang di sekitar kita juga butuh," demikian tulis pesan tersebut.

Anjuran untuk beli dan menyimpan obat yang kerap disingkat ISDN tersebut lantas jadi perdebatan. Sesuai keterangan dalam kemasan, ISDN termasuk obat keras yang hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Artinya, tidak sebarang orang bisa membelinya.

"Tentu sudah pernah kontrol ke dokter spesialis jantung dulu," kata dr Vito A Damay, SpJP, dokter jantung dari Siloam Hospital Karawaci, soal siapa saja yang perlu sedia ISDN setiap saat.

Menurut dr Vito, orang yang mendapat obat tersebut biasanya sudah punya riwayat penyakit jantung atau dicurigai punya masalah jantung. "Contoh misalnya belum kateterisasi atau belum pasang ring, tapi masih ada keluhan dan belum mau untuk pemeriksaan ulang serta banyak faktor faktor lainnya," jelas dr Vito.

Nah, jelas ya. Nggak semua orang harus sedia isosorbide dinitrate karena memang tidak bisa dibeli sembarangan.

Selengkapnya, begini isi broadcast yang sering viral tersebut:
Info dari teman. Teman komunitas saya baru kena serangan jantung, umurnya 52 sih, sebelumnya nggak ada keluhan. Tiba-tiba dia lagi mandi berasa dada seperti tertusuk tombak, terus keringatan sampai basah. Itu kejadian jam 7 malam, terus langsung dibawa ke Daan Mogot dan jam 11 malam dioperasi.

Dokter bilang pertolongan pertama kalau kena serangan buru-buru minum Isosorbide Dinitrate 5 mg. Saya saranin kalian orang beli, taruh di dompet 2 biji aja, selain proteksi buat kita kalau sewaktu-waktu ada apa-apa, mana tau ada orang di sekitar kita juga butuh. Sekian sekilas info semoga bermanfaat.

Manfaat Baby Gym, Tingkatkan Perkembangan Kognitif hingga Sensori

Latihan fisik ringan bisa diterapkan pada si kecil. Melakukan permainan sambil berolahraga ini tidak hanya bisa membuat si kecil senang, tetapi juga memberikan beberapa manfaat.
Banyak metode yang dilakukan untuk menstimulasi otak bayi, mulai dari buku bacaan, musik klasik hingga makanan. Cukup luangkan untuk baby gym dalam waktu 10-15 menit.

Baby gym juga dapat diartikan sebagai senam pada bayi. Baby gym adalah salah satu cara untuk menstimulasi si kecil dengan beberapa latihan gerakan. Baby gym dapat dilakukan sejak anak berusia 3-5 bulan.

Dikutip dalam kidsdevelopment, gerakan baby gym sangat bermanfaat bagi anak-anak dan berperan penting dalam tahap perkembangan anak. Kelas baby gym tahap pertama bisa dimulai sejak usia 3 bulan. Tetapi ibu juga bisa memulainya dari usia 6 bulan ketika anak sudah belajar jalan atau merangkak.

Tempat baby gym juga tersebar di beberapa tempat, tidak hanya Jakarta tetapi juga beberapa daerah di kota lain.

Berikut ini manfaat baby gym yang perlu ibu ketahui dalam parenting.firstcry:
1. Meningkatkan Keterampilan Motorik

Bayi dapat mengembangkan keterampilan motorik ketika mereka latihan di baby gym atau pusat kebugaran bayi. Mainan-mainan seperti baby gym ball hingga lengkungan gimnasium bayi dapat mendorong mereka meraih dan menggenggam.

Bayi juga mulai menendang kakinya ketika dia tertarik secara visual ke mainan atau cermin yang dipantulkan ke wajah atau suara yang berasal dari baby gym musical.

Gerakan-gerakan seperti menendang dan menggenggam dapat membantu perkembangan otot di sekitar kaki, lengan, leher, dan perut.
https://nonton08.com/keluarga-tak-kasat-mata-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar