Sabtu, 25 Juli 2020

Ssst! Semburan Mikrodroplet Saat Berbicara Mungkin Bisa Tularkan Corona

Para ilmuwan meyakini SARS-CoV-2, virus Corona penyebab COVID-19, bisa bertahan di udara dalam bentuk mikrodroplet yang keluar saat bernapas maupun berbicara. Yang belum bisa dipastikan adalah, apakah virus dalam mikrodroplet tersebut bisa menular.
Sebuah bukti baru ditemukan oleh para ilmuwan di University of Nebraska, dan dipublikasikan dalam bentuk pre-print di medrxiv.com. Temuan ini menunjukkan virus yang diambil dari mikrodroplet bisa bereplikasi atau menggandakan diri di laboratorium.

Dalam penelitian ini, mikrodroplet didefinisikan punya ukuran di bawah 5 mikron. Dengan ukuran sekecil ini, mikrodroplet bisa melayang-layang di udara dan berpindah tempat lebih dari 2 meter sebagaimana dianjurkan dalam physical distancing.

Perlu dicatat, penelitian ini belum melalui telaah sejawat. Artinya, masih sangat mungkin diperdebatkan di kalangan para ilmuwan.

Peneliti yang sama mempublikasikan sebuah riset bulan Maret silam, yang menunjukkan bahwa virus masih bertahan dalam bentuk airborne di ruangan pasien perawatan COVID-19. Penelitian itu akan segera dipublikasikan dalam sebuah jurnal.

Sudah Olahraga, Berat Badan Tidak Turun Juga? Ini 5 Tips Mengatasinya

Aturan sederhana dalam menurunkan berat badan adalah dengan memastikan jumlah kalori yang dikonsumsi harus lebih sedikit dari jumlah kalori yang dibakar. Karena itu, penting bagi kita untuk mengatur pola makan sehari-hari.
Tak lupa, kita juga perlu untuk berolahraga agar pembakaran kalori dalam tubuh bisa lebih efektif. Kurang olahraga bisa memicu berbagai macam penyakit, seperti kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan lain-lain. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya dari sekarang mulailah untuk mengatur pola makan sehari-hari.

Dikutip dari Times of India, ahli gizi klinik dan diet, Lavleen Kaur membagikan tips bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan:

1. Kontrol porsi makan
Penting bagi kamu untuk mengontrol porsi makan jika ingin menurunkan berat badan. Batasilah asupan kalori dalam sehari, karena ketika makan berlebihan semua kalori ekstra akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Kamu bisa mengikuti panduan isi piringku dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, yakni dianjurkan untuk memenuhi setengah dari piring dengan sayur dan buah-buahan, serta setengah piringnya lagi diisi dengan makanan pokok dan lauk-pauk.

2. Hindari makanan olahan
Menurut Lavleen, sebaiknya kita perlu menghindari berbagai macam makanan olahan yang tinggi akan garam, gula putih, dan minyak.

Karena itu, ia menyarankan agar kita mengganti makan-makanan tersebut dengan yang lebih bernutrisi. Misalnya, menggunakan minyak zaitun dalam mengolah makanan agar lebih sehat, lalu mengganti rasa manis dari gula putih dengan madu, dan lain-lain.

3. Perbanyak asupan mikronutrien
Banyak dari kita yang mengabaikan asupan zat gizi mikro atau mikronutrien dalam makanan yang dikonsumsi. Menjaga asupan mikronutrien sangatlah penting agar tubuh tetap sehat.

Mikronutrien merupakan vitamin dan mineral yang tidak diproduksi dalam tubuh dan bersumber dari makanan.

Jika tujuanmu adalah mengurangi berat badan, perbanyaklah asupan vitamin D, vitamin B12, dan kalsium.
https://kamumovie28.com/juuni-taisen-juuni-taisen-zodiac-war-episode-8/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar