Minggu, 12 Juli 2020

NASA Mau ke Venus Cari Gunung Berapi, Buat Apa?

 Pada musim panas di Amerika Serikat (AS) tahun depan, NASA akan menjalankan misi bernama VERITAS yang akan meneliti Venus.
Dikutip dari IFL Science, tujuan dari misi VERITAS adalah mengungkapkan cara kerja Venus dan mungkin menjelaskan mengapa planet ini sangat berbeda dari Bumi.

VERITAS merupakan singkatan dari Venus Emissivity, Radio Science, InSAR, Topography & Spectroscopy. Pesawat ruang angkasa yang diterbangkan ke Venus akan melakukan tugas yang cukup berat.

Pasalnya, tidak akan mudah bagi pesawat untuk mempelajari permukaan planet ini ketika awan lebat menutupi keseluruhannya. Untuk mengatasinya, VERITAS akan dilengkapi dengan sistem radar dan spektrometer inframerah.

"Venus bagaikan anugerah dari kecelakaan kosmik," kata Suzanne Smrekar, peneliti utama VERITAS di Jet Propulsion Laboratory NASA.

"Dua benda planet ini (Bumi dan Venus) lahir hampir bersamaan tapi telah menempuh dua jalur evolusi yang sangat berbeda, dan kita belum tahu mengapa," sambungnya.

Aspek kunci penelitian ini adalah sifat geologis Venus. Para ilmuwan ingin tahu apakah planet ini masih aktif, apakah ia memiliki gunung berapi, dan apakah ia menunjukkan bukti aktivitas tektonik awal.

Bukti aktivitas tektonik sangat penting bagi Bumi dan kemungkinan munculnya kehidupan di planet kita. Venus bisa menjadi model yang sangat baik untuk Bumi zaman purba.

"Menentukan apakah Venus secara aktif menjalani aktivitas vulkanik dan memahami proses apa yang mendorongnya, adalah beberapa pertanyaan yang sangat menarik yang ingin saya jawab," kata ilmuwan planet Jennifer Whitten, anggota tim sains VERITAS di Tulane University di New Orleans.

Misi ke Venus ini tak hanya digunakan sebagai pembanding dengan planet kita. Para ilmuwan juga menemukan lebih banyak planet seukuran Bumi di luar tata surya.

Sementara planet kembaran Bumi belum ditemukan, para ilmuwan telah mengamati sebuah planet ekstrasurya yang mungkin seperti Venus. Penelitian untuk memahami tetangga planet kita bisa mengarah pada pemahaman yang lebih besar tentang planet ekstra surya secara keseluruhan.

"Untuk membuka misteri Venus, kita harus melihat ke bagian dalam Venus. Bagian ini adalah mesin untuk evolusi geologis dan atmosfer global," kata Smrekar dari NASA.

"Apakah Venus dan Bumi pada dasarnya adalah planet yang unik? Atau apakah perbedaan keduanya hanya hiasan? Menjawab pertanyaan ini adalah kunci untuk memahami apa yang membuat planet-planet berbatu lainnya dapat dihuni dan pada akhirnya muncul kehidupan di sana," tutupnya.

PUBG Mobile Rilis Peta Baru, Namanya Livik

 PUBG Mobile merilis peta battle royale terbaru untuk game tersebut, yang bernama Livik. Seperti apa tampilannya?
Livik adalah medan pertempuran dengan pemandangan alam Nordik yang dirancang khusus untuk PUBG Mobile. Peta baru ini bisa dinikmati lewat pembaruan versi 0.19.0 yang bisa diunduh lewat Google Play Store ataupun App Store untuk iOS.

Luas peta ini adalah 2x2 km dan terdiri dari empat medan; bukit bersalju, perairan, daerah gurun dan hutan. Peta yang dirancang lebih kecil dari peta lainnya dan hanya dapat menampung 52 pemain ini, menyajikan gameplay penuh aksi yang intensif dan serba cepat dengan sekitar 15 menit per pertandingan.

Dalam peta ini juga diperkenalkan sebuah kendaraan eksklusif "Monster Truck" yang dapat menaklukkan segala medan dan 2 senjata baru, yaitu submachine gun P90 dan MK12. Berikut adalah beberapa fitur baru lainnya yang hadir di Update PUBG Mobile versi 0.19.0.

Bonfire Mode Gameplay - Pemain yang tengah berada dalam peta Erangel dan Miramar akan menemukan tiga item unik di sekitar peta berupa patung-patung berbentuk flashbang yang dapat dibakar untuk mendapatkan senjata maupun amunisi yang bisa dipakai dalam pertempuran. Selain itu, apabila pemain membakar habis semua patung, persediaan dan barang-barang unik lainnya masih dapat ditemukan di dalam tenda di sekitar patung.
Livik Firearm Special Training Event - Di dalam peta Livik, pemain berkesempatan untuk menemukan sebuah peti senjata eksperimental yang berisi senjata khusus yang menawarkan atribut damage sedikit lebih kuat daripada senjata lainnya. Senjata yang didapatkan ini akan memberikan keuntungan keuntungan bagi pemain ketika mereka bertempur di medan perang.
Cheer Park - Sebuah area sosial terpopuler yang telah ditingkatkan dengan fitur-fitur baru, di mana 20 pemain dapat berinteraksi secara real time di dalamnya. Selain itu, terdapat juga fitur-fitur menarik lainnya seperti parit di Shooting Range, peluncur roket untuk menembak ke balon udara, Bubble Emotes dan masih banyak lagi. Pemain juga dapat berhadapan langsung dalam quick draw duel dan berpartisipasi di Elite Challenge untuk mengasah kemampuan mereka dalam menembak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar