Senin, 13 Juli 2020

Kementan Tegaskan Virus Flu Babi di RI Bukan Varian G4 yang Bisa Picu Pandemi

 Virus Flu Babi Baru atau dikenal dengan G4 yang disebut berpotensi menjadi pandemi diyakini belum ada di Indonesia. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita menegaskan varian virus Flu Babi Baru (G4 EA H1N1) belum pernah ditemukan di Indonesia.
Hal ini ini didasari pada hasil surveilans dan analisa genetik yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Veteriner Kementerian Pertanian, yaitu Balai Veteriner Medan dan Balai Besar Veteriner Wates.

"Hasil surveilans kami menunjukkan bahwa virus Flu Babi yang pernah ditemukan di Indonesia, terbukti berbeda dengan virus Flu Babi Baru (G4 EA H1N1)," jelasnya dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (13/7/2020).

Untuk mengantisipasi kemungkinan masuk atau munculnya virus Flu Babi Baru di Indonesia, Kementan bersama FAO dan USAID telah mengembangkan Influenza Virus Monitoring (IVM) online untuk memonitor mutasi virus influenza sejak 2014.

"Sebagai langkah kewaspadaan, Kita juga telah membuat Surat Edaran tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Galur Baru Virus Flu Babi H1N1 (G4 EA H1N1)," tegasnya.

Sebelumnya, peneliti di China menemukan jenis baru dari flu babi H1N1 yakni virus G4 yang diyakini berpotensi menjadi pandemi. Terlebih varian virus G4 ini berpotensi melekat pada reseptor yang mirip dengan manusia sehingga bisa menimbulkan keluhan pada paru-paru pengidapnya.

Dalam studi itu disebutkan 10 persen populasi yang di antaranya adalah pekerja di rumah potong hewan ternak diindikasi tertular G4 dari hasil pemeriksaan antibodi.

Kisah Amitabh Bachchan Bergelut Lawan Corona, Anak dan Menantu Juga Kena

Aktor megastar Bollywood, Amitabh Bachchan (77), dinyatakan positif virus Corona. Ia membagikan kondisi kesehatannya tersebut melalui akun Twitter pribadi miliknya pada Minggu (13/7/2020).
Amitabh Bachchan juga mengatakan bahwa seluruh anggot keluarganya dan staf telah menjalani tes dan sedang menunggu hasil. Dia juga meminta semua orang yang kontak dengannya dalam 10 hari belakangan untuk dites.

Mengutip The Economic Times, beberapa menit setelah Amitabh Bachchan berbagi kondisi medisnya, anaknya Abhishek Bachchan mengungkapkan bahwa ia juga telah dites positif terkena virus Corona. Keduanya kini disebut dirawat di rumah sakit Nanavati dengan gejala ringan.

"Sebelumnya hari ini saya dan ayah saya dinyatakan positif COVID 19. Kami berdua yang memiliki gejala ringan telah dirawat di rumah sakit. Saya meminta semua untuk tetap tenang dan tidak panik. Terima kasih," tulis Abhishek.

Hanya selang sehari setelahnya, Aishwarya Rai Bachchan, menantu dari Amithta Bachchan yang juga seorang superbintang Bollywood, positif Corona. Puterinya yang masih berusia 8 tahun juga disebut terinfeksi COVID-19.

"Aishwarya dan Aaradhya juga telah dites positif Covid-19. Mereka akan melakukan karantina mandiri di rumah...seluruh anggota keluarga lain termasuk ibu saya dites negatif," cuit Abhishek Bachchan, dikutip AFP.

Menteri Kesehatan India Rajesh Tope menyebut Aishwarya Rai Bachchan dan putrinya positif tanpa gejala. Kini Amitabh Bachchan dan tiga anggota keluarganya, terbukti terinfeksi COVID-19.

Total kasus infeksi virus Corona di India saat ini mencapai 850 ribu orang dengan jumlah kematian sebanyak 23.174.
https://nonton08.com/star/azra-mayraina/feed/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar