Selasa, 14 Juli 2020

Virus Corona Belum Jadi Pandemi, Bagaimana Sih Tingkatannya?

Beberapa bulan terakhir krisis virus corona COVID-19 tumbuh menjadi keadaan darurat di seluruh dunia. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan masih terlalu dini untuk menyatakan COVID-19 sebagai pandemi di seluruh dunia.
"Namun saat ini kami belum menyaksikan penyebaran virus ini secara global," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dilansir CNN.

Tapi sebenarnya apa sih pandemi dan bagaimana penentuannya?

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), ada beberapa tingkat penyakit yang bergantung dari seberapa luas penyakit tersebut dan seberapa sering terjadi di dalam komunitas.

1. Endemik
Tingkat pertama keparahan penyakit disebut endemik. Endemik dikaitkan dengan jumlah penyakit yang ada di dalam suatu komunitas atau kehadiran konstan atau kejadian biasa pada penyakit tertentu di suatu wilayah. Endemik juga kerap disebut sebagai 'tingkat dasar' dari suatu penyakit.

2. Epidemi
Epidemi adalah peningkatkan mendadak dari jumlah kasus penyakit dari batas endemik di daerah tersebut. Epidemi terjadi ketika penyakit menular menyebar dengan cepat ke banyak orang. Sebagai contoh, pada tahun 2003, epidemi sindrom pernapasan akut (SARS) yang parah merenggut nyawa hampir 800 orang di seluruh dunia.

3. Outbreak atau wabah
Wabah terjadi ketika kasus penyakit terjadi dalam jumlah yang lebih besar dari yang diperkirakan di komunitas atau wilayah atau selama musim tertentu. Wabah dapat terjadi di satu komunitas atau bahkan meluas ke beberapa negara. Itu bisa bertahan dari hari ke tahun.

4. Pandemi
Pandemi adalah epidemi atau penyakit yang menyebar ke beberapa negara lain dan mempengaruhi sejumlah besar orang di seluruh dunia. Pandemi biasanya juga disebut wabah penyakit global. HIV / AIDS adalah contoh dari salah satu pandemi global paling merusak dalam sejarah.

"Pandemi adalah penyebaran penyakit dari orang ke orang yang menyebabkan penyakit dan kematian yang signifikan pada skala dunia yang sangat luas," kata dr Charles Bailey, direktur medis pencegahan infeksi di Rumah Sakit St. Joseph di Orange County, California, kepada Healthline.

Ternyata Makan Es Krim Punya Manfaat Tersembunyi Lho!

 Saat cuaca panas, salah satu cara untuk mendinginkan suasana adalah dengan memakan es krim. Namun tahukah kamu ternyata memakan es krim selain sebagai menu penutup makan, juga punya manfaat tersembunyi lho.
Dilansir dari frozendessertsupplies.com, manfaat dari memakan es krim yang paling unik adalah bisa menambah kesempatan kita untuk mempunyai anak. Studi di Harvard menyebutkan, wanita yang memakan es krim dengan kandungan full-fat lebih dari 2 kali dalam seminggu bisa mencegah infertilitasi ovulasi sebesar 38%.

Selain itu, kandungan kalsium tinggi di dalam es krim juga bisa mencegah munculnya kanker kolon dengan mengurangi resiko pembentukan polip penyebab kanker tersebut.

Es krim juga menstimulasi Serotonin. Serotinin merupakan unsur kimia di dalam otak yang dapat membantu kita untuk tidur, belajar, dan mood yang stabil. Sehingga dengan memakan es krim kita akan mendapat mood booster untuk menjalani aktivitas.

Beberapa merk es krim bisa kamu coba untuk memastikan manfaat tersebut. Merek seperti Campina menghadirkan banyak pilihan rasa untuk kamu coba.

Merek es krim Campina bisa kamu temukan di e-Catalogue Transmart yang ada di halaman utama detikcom. Cara melihatnya cukup mudah, kamu tinggal klik menu "Layanan" di halaman utama kemudian pilih Transmart.

Tunggu apalagi, yuk belanja produk es krim premium dengan berbagai rasa di Transmart Carrefour se-Jabodetabek. Dapatkan juga penawaran harga spesial dengan menunjukkan barcode dari e-Catalogue Transmart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar