Selasa, 14 Juli 2020

Warga Bekasi Dapat Edukasi soal Kanker Serviks dan Leptospirosis

 Edukasi kesehatan pada masyarakat luas sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit. Edukasi kesehatan yang baik juga dapat meningkatkan kesadaran orang untuk melakukan screening secara rutin sebagai pencegahan dan pengendalian penyakit.
Mengacu pada hal itu, Pedulisehat.id berkolaborasi bersama RS Mitra Keluarga Pratama Jatiasih dalam memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat sekitar Jatiasih. Edukasi terbagi menjadi dua tema edukasi awam yaitu Kanker Serviks dan Penyakit Leptospirosis.

Edukasi kesehatan masyarakat ini rutin dilakukan oleh RS Mitra Keluarga Pratama Jatiasih, Bekasi. Namun pada kesempatan ini Pedulisehat.id turut berpartisipasi dalam melakukan sosialisasi mengenai sebuah wadah yang menawarkan layanan penggalangan dana secara online, real time dan transparan.

Penggalangan ini berfokus pada mereka yang menderita penyakit serius dan tidak memiliki cukup dana untuk perawatan dan pengobatan. Public Relation Manager Pedulisehat.id Gumilar Rachdityo mengatakan saat ini Pedulisehat.id memiliki program Galang Dana dan GTRY (Gotongroyong) sebagai jembatan donasi.

"Pedulisehat.id merupakan jembatan bagi masyarakat untuk berdonasi atau menjadi donatur dalam melakukan penggalangan dana dengan cara mudah dan praktis," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/2/2020).

"Kemitraan yang terjalin melalui edukasi dengan berbagai Rumah Sakit diperlukan untuk meningkatkan awareness mengenai kesehatan dan kepedulian untuk berbagi dengan sesama," imbuhnya.

Direktur Rumah Sakit Mitra Keluarga Pratama Jatiasih dr. Dina Hanum mengatakan bahwa RS Mitra Keluarga Pratama, Jatiasih Bekasi ini diharapkan menjadi rujukan pertama oleh masyarakat dalam melakukan perawatan kesehatan dan pengobatan.

"Edukasi kesehatan terhadap masyarakat terus kami lakukan karena kami menjadi garda terdepan dalam memberikan kontribusi bagi pelayanan dasar kesehatan," jelas Hanum.

Sebagai informasi, untuk kegiatan edukasi Kanker Serviks dilaksanakan di main hall Rumah Sakit Mitra Keluarga Pratama Jatiasih dengan narasumber dr. Febri Rahardian dan dihadiri oleh komunitas maupun masyarakat sekitar Jatiasih, Bekasi.

Sedangkan edukasi kesehatan awam yang bertema Penyakit Leptospirosis bertempat di Balai Pertemuan Bumi Nasio Indah, Jatiasih Bekasi dengan narasumber dr. Avena dan dihadiri oleh warga perumahan sekitarnya.

Virus Corona Belum Jadi Pandemi, Bagaimana Sih Tingkatannya?

Beberapa bulan terakhir krisis virus corona COVID-19 tumbuh menjadi keadaan darurat di seluruh dunia. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan masih terlalu dini untuk menyatakan COVID-19 sebagai pandemi di seluruh dunia.
"Namun saat ini kami belum menyaksikan penyebaran virus ini secara global," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dilansir CNN.

Tapi sebenarnya apa sih pandemi dan bagaimana penentuannya?

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), ada beberapa tingkat penyakit yang bergantung dari seberapa luas penyakit tersebut dan seberapa sering terjadi di dalam komunitas.

1. Endemik
Tingkat pertama keparahan penyakit disebut endemik. Endemik dikaitkan dengan jumlah penyakit yang ada di dalam suatu komunitas atau kehadiran konstan atau kejadian biasa pada penyakit tertentu di suatu wilayah. Endemik juga kerap disebut sebagai 'tingkat dasar' dari suatu penyakit.

2. Epidemi
Epidemi adalah peningkatkan mendadak dari jumlah kasus penyakit dari batas endemik di daerah tersebut. Epidemi terjadi ketika penyakit menular menyebar dengan cepat ke banyak orang. Sebagai contoh, pada tahun 2003, epidemi sindrom pernapasan akut (SARS) yang parah merenggut nyawa hampir 800 orang di seluruh dunia.

3. Outbreak atau wabah
Wabah terjadi ketika kasus penyakit terjadi dalam jumlah yang lebih besar dari yang diperkirakan di komunitas atau wilayah atau selama musim tertentu. Wabah dapat terjadi di satu komunitas atau bahkan meluas ke beberapa negara. Itu bisa bertahan dari hari ke tahun.

4. Pandemi
Pandemi adalah epidemi atau penyakit yang menyebar ke beberapa negara lain dan mempengaruhi sejumlah besar orang di seluruh dunia. Pandemi biasanya juga disebut wabah penyakit global. HIV / AIDS adalah contoh dari salah satu pandemi global paling merusak dalam sejarah.

"Pandemi adalah penyebaran penyakit dari orang ke orang yang menyebabkan penyakit dan kematian yang signifikan pada skala dunia yang sangat luas," kata dr Charles Bailey, direktur medis pencegahan infeksi di Rumah Sakit St. Joseph di Orange County, California, kepada Healthline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar