Kamis, 17 September 2020

4 Pantangan Saat Sarapan Agar Terhindar dari Perut Mulas

  Sarapan penting untuk menjaga metabolisme. Tetapi tidak jarang, gangguan pencernaan terjadi gara-gara salah makan saat sarapan. Kok bisa?

Ada banyak penyebab perut mulas di pagi hari. Mulai dari kondisi kesehatan, porsi makan, hingga jenis makanan yang dikonsumsi.


Jika hal itu sering terjadi, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Namun jika hanya sesekali, coba amati pilihan menu sarapan yang disantap.


Beberapa menu makan yang sering memicu perut mulas antara lain:


1. Makanan tinggi serat

Mengkonsumsi makanan tinggi serat memang memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga menghindari makanan berlebihan di siang hari. Tetapi, mengkonsumsi makanan tinggi serat sebagai menu sarapan patut diwaspadai.


"Konsumsi banyak serat saat tubuh tidak terbiasa bisa menimbulkan usus tidak nyaman. Jika ingin menambahkan serat pada asupan harian, pastikan untuk minum lebih banyak air saat mengkonsumsi serat," jelas ahli diet Amanda Sauceda, dikutip dari LiveStrong.


2. Jus buah

Jus buah adalah sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan. Tapi menurut Sauceda, konsumsi jus pada pagi hari akan mengakibatkan kembung dan gangguan pencernaan. Hal ini karena saat membuat jus, serat-serat hilang sehingga hanya mengkonsumsi gula yang membuat usus sakit.


3. Kopi

Minum kopi di pagi hari saat perut kosong bukanlah ide yang baik. Sebab, minum kopi saat perut kosong akan menyebabkan tingkat keasaman yang lebih tinggi sehingga mengalami gangguan pencernaan dan mulas sepanjang hari.


Sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat terlebih dahulu sebelum minum kopi saat bangun tidur.


4. Makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas di pagi hari menyebabkan peningkatan produksi asam di lambung sehingga mengganggu masalah pencernaan. Hal ini karena adanya capsaicin (senyawa pedas dari cabai) pada makanan pedas.

https://nonton08.com/hattrick/


Mana yang Lebih Baik, Sarapan Dulu atau Olahraga Dulu?


Olahraga di pagi hari bisa membuat tubuh makin bugar. Sarapan juga penting karena bisa menjaga fungsi metabolisme. Nah, mana dulu nih yang harus dilakukan?

Tidak ada kesimpulan yang pasti untuk pertanyaan tersebut. Masing-masing punya plus minus, tergantung tujuan yang ingin dicapai.


Kepala departemen nutrisi di University of Massachusetts, Dr Nancy Cohen, mengatakan bahwa seseorang butuh asupan nutrisi dan sumber energi sebelum olahraga. Artinya, sarapan dulu akan lebih menguntungkan bagi yang olahraganya butuh banyak energi.


"Seperti karbohidrat sangat dibutuhkan saat kamu melakukan olahraga seperti yoga, gym, dan jogging," jelas Dr Cohen, dikutip dari Time.


Namun beberapa orang mengalami perut kram jika olahraga setelah makan. Perut yang masih penuh oleh makanan dipaksa untuk bergerak dan menimbulkan perasaan tidak nyaman pada perut dan bisa menyebabkan muntah-muntah.


Para pakar seperti dikutip dari YourtotalHealth menyarankan untuk memberi jeda waktu 30 menit hingga 2 jam sebelum berolahraga jika memang mau sarapan dulu. Jika mengkonsumsi asupan yang lebih berat, akan membutuhkan waktu yang lebih lama.


"Secara umum, seseorang pasti ingin makan makanan tinggi karbohidrat, protein, dan rendah lemak. Kira-kira butuh waktu tiga sampai empat jam sebelum berolahraga," kata Dr Cohen.


Bagaimana jika ingin menurunkan berat badan? Cobalah mengkonsumsi asupan seperti kacang, biji-bijian, dan sayuran yang direbus. Selama tidak berlebihan, tidak ada bukti sarapan sebelum olahraga bisa menggagalkan diet.

https://nonton08.com/dendam-dari-kuburan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar