Senin, 21 September 2020

Menag Fachrul Razi Positif Corona, Berapa Lama COVID-19 Bertahan Dalam Tubuh?

 Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif COVID-19. Kondisi fisik Menag Fachrul Razi dilaporkan baik.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," terang Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, dalam keterangannya, Senin (21/9/2020).


Fachrul Razi kini tengah isolasi mandiri. Fachrul Razi yang terkonfirmasi positif Corona mematuhi protokol kesehatan dengan isolasi mandiri.


Sebenarnya berapa lama virus Corona bertahan di dalam tubuh?

Para peneliti di China sebelumnya mempelajari berapa lama virus bertahan di dalam tubuh melalui data dari 191 pasien Corona. Termasuk 54 pasien meninggal yang dirawat di Rumah Sakit Jinyintan dan Rumah Sakit Paru Wuhan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa virus bisa bertahan hidup di dalam tubuh seseorang yang terinfeksi Corona rata-rata 20 hari. Namun, virus Corona juga disebut bisa bertahan selama 37 hari atau sekitar 5 minggu lamanya.


"Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa RNA SARS-CoV-2 yang terdeteksi bisa bertahan dalam waktu rata-rata 20 hari," tulis penelitian tersebut, dikutip dari Fox News.


Para peneliti juga menemukan perbandingan dengan mendeteksi jumlah virus atau viral load dari spesimen pernapasan, pada sekitar sepertiga pasien Corona, selama 4 minggu usai penyakit muncul.


Berapa lama masa berkembangnya gejala Corona?

Dikutip dari The Sun, pada pasien dengan gejala infeksi yang parah, gejala sesak napas sering dialami selama 7-10 hari. Rata-rata dari mereka yang mengalami gejala ini, akan diarahkan untuk perawatan intensif pada hari ke-10.


Menurut peneliti di China, gejala awal COVID-19 bisa berkembang sekitar 18-22 hari, jika mereka berhasil melalui masa perawatan intensif.

https://cinemamovie28.com/bruce-lee-my-brother/


Kapasitas Tower 5 Sudah 90 Persen, RS Darurat Wisma Atlet Tambah 1 Tower


Koordinator RS Darurat Wisma Atlet, Mayor Jenderal TNI dr Tugas Ratmono, SpS, membeberkan update mengenai RS Darurat Wisma Atlet yang hampir terisi penuh. Dikatakan tower 5 untuk flat isolasi mandiri bagi masyarakat sudah terisi sekitar 90 persen.

"Tower 4 dan 5 memang untuk flat isolasi mandiri bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif tapi tanpa gejala, untuk yang bergejala itu di tower 6 dan tower 7. Saat ini, tower 6 dan 7 memang huniannya sudah 80 persen dan tower 5 sudah 90 persen," jelas dr Tugas dalam siaran pers di kanal Youtube BNPB, Senin (21/9/2020).


Selain itu, dr Tugas menambahkan untuk RS Darurat Wisma Atlet sudah disiapkan lagi tambahan 1 tower yaitu Tower 4 untuk isolasi mandiri bagi pasien yang tidak bergejala. Ada sekitar 1.546 bed untuk pasien Corona di Tower 4.


Untuk Tower 4, dr Tugas menjelaskan sejak tadi pagi sudah mulai memasukan pasien Corona karena sudah siap untuk digunakan. Tadi malam sudah dinyatakan siap, baik secara sistem, dan kemudian SDM yang akan memberikan pelayanan.


"Maka tadi pagi sudah mulai untuk masuk yang pasien-pasien yang tanpa gejala di flat 4 ini," tambah dr Tugas.

https://cinemamovie28.com/mean-dreams/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar