Selasa, 29 September 2020

Papua Nihil, Ini 5 Provinsi dengan Tambahan Kasus COVID-19 Tertinggi Hari Ini

 Berdasarkan data resmi dari Satgas Penanganan COVID-19 pada Selasa (29/9/2020), kasus baru Corona di Indonesia bertambah sebanyak 4.002 kasus, sehingga totalnya sudah mencapai 282.724 orang. Sementara itu akumulasi pasien sembuh 210.437, dan jumlah pasien yang meninggal sebanyak 10.601.

DKI Jakarta menjadi provinsi dengan penambahan kasus Corona baru tertinggi sebanyak 1.238 orang. Sementara posisi kedua masih ditempati Jawa Barat dengan 316 orang.


Berikut 5 provinsi dengan penambahan kasus Corona tertinggi per 29 September.


1. DKI Jakarta: 1.238 kasus


2. Jawa Barat: 316 kasus


3. Jawa Tengah: 275 kasus


4. Jawa Timur: 276 kasus


5. Sumatera Barat: 254 kasus


Hanya ada satu provinsi di Indonesia yang tidak ada kasus baru Corona per 29 September yakni Papua.

https://cinemamovie28.com/in-lawfully-yours/


Seluk-beluk Tanaman Porang: Manfaat, Harga, dan Budidaya


 Tanaman porang mencuri perhatian berkat kisah sukses Paidi seorang mantan pemulung. Paidi yang kini beralih jadi petani porang disebut mampu mengekspor tanaman umbi tersebut ke luar negeri seperti Jepang.

Dalam buku Tanaman Porang: Pengenalan, Budidaya, dan Pemanfaatannya dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian 2015, disebutkan, tanaman porang (Amorphophallus oncophyllus) adalah tanaman anggota famili Araceae yang secara umum dikenal dengan nama bunga bangkai karena bau bunganya yang tidak sedap.


Di beberapa daerah, tanaman ini dikenal dengan nama iles-iles, iles kuning, acung atau acoan. Tanaman porang merupakan tanaman asli Indonesia dan sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat. Pada zaman penjajahan Jepang, masyarakat di sekitar hutan dipaksa untuk mencari porang untuk keperluan bahan pangan dan industri Jepang.


Tanaman PorangTanaman Porang Foto: Dok. Kementerian Pertanian

Manfaat tanaman Porang sejauh ini yakni pengolahan umbi segar menjadi bentuk chips, tepung porang (konjac flour) dan tepung glukomannan (konjac glucomannan).


Tepung porang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, di antaranya pangan fungsional, pakan ternak, pengikat air, bahan pengental, penggumpal atau pembentuk gel dan makanan diet rendah lemak dan kalori. Sebagai bahan pangan, tepung porang dapat diolah menjadi konnyaku (mirip tahu) dan shirataki (berbentuk mie) yang cukup terkenal di Jepang, China, dan Taiwan yang relatif mahal harganya.


Di Indonesia, beberapa penelitian pemanfaatan tepung porang juga telah dilakukan. Tepung porang dapat digunakan sebagai bahan campuran (komposit) dalam pembuatan beras tiruan. Demikian pula pada pembuatan mie instan, penambahan 1% tepung porang dapat meningkatkan kandungan protein, lemak, pati, serat dan pengembangan mie.


Sifat larutan tepung porang yang kental juga dapat dimanfaatkan sebagai penstabil es krim untuk memperbaiki teksturnya. Semakin tinggi konsentrasi tepung porang, semakin lama resistensi es krim terhadap pelelehan atau semakin sulit untuk meleleh.


Tepung porang juga dapat digunakan sebagai bahan pengenyal (gelling agent) sehingga berpeluang untuk menggantikan boraks yang berisiko terhadap kesehatan. Salah satunya adalah pada pembuatan tahu. Selain itu juga dapat digunakan sebagai bahan pengikat pada pembuatan sosis ayam yang dicampur dengan maizena sebagai bahan pengisi dengan proporsi 2% : 22%.

https://cinemamovie28.com/house-of-demons/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar