Rabu, 29 April 2020

Nyeri Ulu Hati Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius?

Nyeri ulu hati bisa menyerang siapa saja. Karena sudah terbiasa, seseorang hanya menganggap nyeri ulu hati adalah penyakit yang mudah hilang. Namun tahukah Anda ternyata nyeri ulu hati dapat menjadi indikasi penyakit serius seperti hernia hiatal atau esofagitis seperti dikutip dari The Health.
Hernia hiatal merupakan gejala di mana sebagian perut terdorong ke dalam rongga dada (diafragma) dan menyebabkan makanan kembali ke kerongkongan. Apabila Anda merasa memiliki gejala mulas yang persisten atau parah, bisa jadi ini adalah indikasi hernia hiatal.

Sedangkan esofagitis merupakan gejala peradangan pada kerongkongan yang sering disebabkan oleh asam lambung. Gejala ini menyebabkan nyeri dada, lambung, hingga sulit menelan makanan. Gejalanya mirip flu disertai dengan sesak nafas atau nyeri dada tak lama setelah makan.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi menambahkan, nyeri ulu hati sering pula dikaitkan dengan gangguan pada saluran pencernaan manusia.

"Nyeri ulu hati seringkali dihubungkan dengan gangguan di sekitar saluran pencernaan seperti lambung, empedu, pankreas, liver, dan usus 12 jari," ujar dr Helmin kepada detikHealth, baru-baru ini.

dr Helmin menjelaskan gangguan lambung tidak memberi efek buruk secara mendadak, namun apabila dibiarkan lebih lama maka dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Ia menganjurkan untuk segera konsultasi ke dokter apabila merasa nyeri yang hebat.

"Kasus yang dapat memburuk dengan cepat seperti batu empedu biasanya nyerinya lebih hebat dan harus segera konsultasi dengan dokter," lanjut dr Helmin.

Ia menambahkan, menjaga pola makan sangat penting karena dengan frekuensi makan yang teratur akan menghindarkan lambung dari berbagai macam gangguan. Makanan yang dianjurkan oleh dr Helmin untuk dikonsumsi adalah makanan yang tidak merangsang produksi asam lambung.

"Hindari makanan yang asam-asam dan pedas, makan harus teratur, hindari minuman bersoda dan kurangi kopi," lanjut dr Helmin.

dr Helmin menganjurkan apabila nyeri ulu hati sebelum dikonsultasikan ke dokter, untuk pertolongan pertama nyeri ulu hati yang diakibatkan oleh gangguan lambung maka dapat diatasi dengan obat maag.

Salah satu obat maag yang dapat meredakan nyeri ulu hati pada anak-anak dan dewasa agar terhidar dari berbagai penyakit serius adalah Promag. Promag didukung dengan formula hydrotalcite, magnesium hidroksida dan simetikon yang bekerja cepat meringankan sakit maag.

Presiden Ghana soal Lockdown: Ekonomi Bisa Dihidupkan, Orang Mati Tidak

Presiden Ghana, Nana Akufo-Addo, beberapa hari ini jadi sorotan karena sikap tegasnya soal lockdown menghadapi wabah virus corona COVID-19. Ucapannya yang menempatkan nyawa lebih penting dari ekonomi viral di media sosial.
"Kami tahu cara menghidupkan kembali ekonomi. Yang kami tidak tahu adalah bagaimana menghidupkan kembali orang yang mati," tulis akun Twitter resmi Nana pada tanggal 28 Maret 2020.

Ghana diketahui menerapkan kebijakan lockdown selama dua pekan sejak tanggal 30 Maret. Warga hanya diizinkan keluar rumah untuk membeli makanan, air, obat-obatan, serta menggunakan toilet umum.

Cuitan Nana mendapat apresiasi dan diretweet oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berterima kasih atas pesan yang disampaikan Nana untuk dunia.


Tedros Adhanom Ghebreyesus
@DrTedros
Thank you for sending such a powerful message to the world, my brother @NAkufoAddo, President of #Ghana. Together, for a healthier, safer, fairer world! Together against #COVID19! https://twitter.com/nakufoaddo/status/1243833823458181120?s=21 …

Nana Akufo-Addo
@NAkufoAddo
#StayAtHome

Lihat gambar di Twitter
11,3 rb
19.32 - 29 Mar 2020
Info dan privasi Iklan Twitter
4.088 orang memperbincangkan tentang ini

"Terima kasih atas pesan kuat untuk dunia saudaraku @NAkufoAddo, Presiden Ghana. Bersama untuk menciptakan dunia yang lebih sehat, aman, dan adil. Bersama untuk melawan COVID-19," kata Tedros lewat akun Twitternya.

Beberapa negara seperti China, Italia, dan masih banyak lainnya menerapkan lockdown sebagai upaya physical distancing. Tujuannya agar penyebaran virus bisa diperlambat sehingga sistem kesehatan tidak kolaps karena kelebihan pasien.

Lockdown memang bukan satu-satunya cara menghadapi wabah virus corona. Negara seperti Korea Selatan disebut-sebut berhasil mengendalikan wabah berkat upaya pengetesan dan pelacakan yang agresif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar