Jumat, 24 April 2020

Pemerintah Sarankan Masker Kain Tak Dipakai Lebih dari 4 Jam

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, Achmad Yurianto, menyampaikan mulai saat ini masyarakat perlu memakai masker guna mencegah penyebaran virus corona. Hal ini sesuai dengan rekomendasi yang diberikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
"Mulai hari ini sesuai dengan rekomendasi dari WHO. Kita jalankan masker untuk semua. semua harus menggunakan masker," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto di Graha BNPB, pada Minggu (5/4/2020).

Meski begitu, Yuri menegaskan masyarakat disarankan menggunakan masker kain, bukan masker bedah maupun masker n95. Pemakaian masker ini guna menghindari penyebaran virus corona COVID-19.

"Masker bedah, masker n95 hanya untuk petugas kesehatan. Gunakan masker kain, ini menjadi penting karena kita tidak pernah tau di luar orang tanpa gejala banyak didapatkan, kita tidak tahu bahwa mereka adalah sumber penyebaran penyakit," lanjut Yuri.

Selain efektif, penggunaan masker kain mempunyai keuntungan karena dapat dicuci. Namun Yuri menyarankan penggunaan masker kain hanya selama empat jam.

"Gunakan masker kain. Masker kain bisa dicuci. Kami menyarankan penggunaan masker kain tidak lebih dari empat jam untuk kemudian dicuci dengan cara di rendam di air," pungkasnya.

Pemerintah RI: Mulai Hari Ini Semua Harus Menggunakan Masker

Mengikuti rekomendasi organisasi kesehatan dunia WHO, Pemerintah Indonesia menganjurkan penggunaan masker meski tidak sedang sakit. Masker kain lebih disarankan.
"Mulai hari ini, sesuai rekomendasi dari WHO, kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, Achmad Yurianto, Minggu (5/4/2020).

Yuri mengingatkan, masker bedah dan masker N95 hanya untuk tenaga medis. Untuk sehari-hari, lebih disarankan pakai masker kain.Saran ini terkait dengan adanya beberapa kasus infeksi virus corona COVID-19 tanpa gejala yang juga menjadi sumber penyebaran penyakit. Karenanya, dianjurkan untuk semua pakai masker saat keluar rumah.

Bagi yang menggunakan masker kain, disarankan untuk tidak memakainya lebih dari 4 jam. Setelah itu, masker kain bisa dicuci dengan direndam air sabun.

Andrea Dian Sembuh dari Corona, Ini Artinya

 Andrea Dian akhirnya sembuh setelah menjalani tiga minggu perawatan melawan virus corona COVID-19. Kini Andrea Dian melepas rindu bersama sang suami, Ganindra Bimo dan mengunggah foto berdua.
Kabar membahagiakan tersebut diunggah Andrea Dian lewat akun Instagram pribadinya.

"Hi temen2 smua , setelah melalui 3 minggu perawatan , akhirnya aku DISEMBUHKAN dari covid-19 . Tuhan angkat semua virus ditubuhku , dan 2 hasil test terakhirnya baik!" tulis Andrea Dian, seperti dilihat detikcom, Minggu (5/4/2020).

Dalam berbagai kesempatan, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, Achmad Yurianto, menjelaskan bahwa pasien dinyatakan sembuh apabila dalam 2 kali pemeriksaan hasilnya selalu negatif. Pemeriksaan dilakukan dengan PRC (Polymerase Chain Reaction).

Diyakini, seseorang yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona COVID-19 akan membentuk kekebalan sehingga tidak mudah terinfeksi. Meski ada beberapa laporan menyebut ada pasien yang terinfeksi untuk kedua kalinya, butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan adanya risiko reinfeksi.

"Bahkan kita yakini yang 150 orang ini telah sembuh dan memiliki imunitas kekebalan terhadap virus COVID-19," kata Yuri dalam konferensi pers di Media Center Gugus Tugas COVID-19 di BNPB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar