Minggu, 12 April 2020

Liburan #diRumahaja, 7 Kegiatan 'Traveling' Ini Harus Dicoba! (2)

4. Membuat Bucket List

Selama ini tak terbiasa merencanakan perjalanan? Tantanglah dirimu untuk membuat sebuah catatan bucket list atau itinerary ke tempat-tempat wisata impianmu. Tempelkan foto-foto tempat yang ingin kamu kunjungi, sekaligus rencana kemana saja kamu harus pergi selama berada di tempat itu. Jangan lupa rencanakan wisata kuliner dan budaya sampai oleh-oleh buat teman-teman.

Cara ini dijamin ampuh sebagai penangkal rasa bosan. Selain membangun imajinasi, membuat bucket list juga membuat stimulus dalam diri untuk mewujudkan impian tersebut hingga menjadi kenyataan, seperti keinginan menabung, keinginan berhemat, dan hal-hal yang mendukung tercapainya impianmu. Sambil menunggu wabah corona usai, siapkan dirimu untuk mewujudkan bucket list yang sudah disusun, ya!

5. Membeli Barang Hiburan

Saat bosan di rumah sudah memuncak, keinginan untuk keluar rumah begitu kuat. Ingin berjalan-jalan ke taman atau keluar negeri, menonton film di bioskop, atau sekadar bermain game arcade di pusat perbelanjaan.

Namun, tahan semua keinginanmu dan sisihkanlah sedikit uang dari pos hiburan selama ini untuk membeli barang-barang hiburan yang cukup berguna, seperti virtual reality goggle, mini projector, atau console game. Barang-barang ini diharapkan mampu membantumu keluar dari rasa bosan dan keinginan untuk ingin keluar rumah.

Tak perlu membayar mahal untuk barang baru, kamu dapat membeli barang bekas dengan kualitas mumpuni. Ingat, tetap berhemat, teliti dalam membeli barang, dan selamat bersenang-senang dari rumah!

6. Mengeksplorasi Resep dan Memasak

Ketika kangen dengan tempat wisata, tak jarang kita juga ikut kangen dengan berbagai makanan khas yang menggoyang lidah selama kita berwisata. Di saat tengah berjauhan dengan tempat wisata favoritmu, kamu tetap bisa menikmati rasa yang sama sambil mengasah skill dari rumah.

Ya, eksplorasi resep dan memasak makanan khas suatu daerah menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengalihkanmu dari rasa bosan di rumah dan mengobati rasa kangenmu makan di luar rumah. Meskipun rasanya tidak otentik sama persis, setidaknya kamu mendapatkan kualitas makanan yang bersih, sehat, dan dapat mengasah skill memasakmu di dapur. Perut kenyang, hati senang!

7. Membuat time-capsule

Di tengah kondisi wabah corona yang serba tidak jelas, kamu bisa membuat sebuah sejarah dalam cara yang tetap asyik dan keren, khususnya apabila di rumahmu terdapat anak-anak. Time capsule dapat menjadi opsi untuk mengusir kebosananmu di rumah selagi menunggu wabah corona usai sekaligus menjadi motivasi dalam menanamkan harapan agar wabah segera berlalu.

Lazimnya, time capsule dibuka dalam waktu hitungan belasan bahkan puluhan tahun. Namun, tak ada salahnya kamu membuat sebuah time capsule khusus selama wabah agar menjadi sejarah yang dapat dikenang sekeluarga.

Simpanlah kenang-kenangan selama kamu menjalani aktivitas di rumah, seperti foto-foto kegiatan di rumah, potongan koran, tangkapan layar selama meeting online atau video call bersama teman, bungkus sabun cuci tangan, atau benda-benda yang dapat mengingatkanmu pada keadaanmu saat ini di sebuah tempat yang tersembunyi.

Apabila tidak ingin menyimpan barang, time capsule juga dapat dibuat dalam bentuk workbook list kreatif untuk diisi oleh anak-anak. Saat berita baik tiba, saatnya membuka kotak atau membaca kembali time capsule-mu sambil bersyukur kamu dan dunia telah berhasil melewati kondisi ini.

Itulah beberapa contoh kegiatan yang dapat menggantikan suasana 'traveling' dari rumah yang bisa kamu lakukan secara aman dan menyenangkan. Terus ciptakan suasana positif dari dalam rumah, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar