Selasa, 21 April 2020

Dampak Keseringan Makan Junk Food: Testis Mengecil, Jumlah Sperma Berkurang

 Sebuah studi mengatakan pria yang rutin mengonsumsi junk food atau makanan tidak sehat berisiko memiliki testis yang kecil dan jumlah sperma yang rendah.
Dikutip dari Mirror, studi ini dilakukan kepada 2.935 pria dengan usia rata-rata 19 tahun, yang sedang mengikuti ujian masuk dinas militer. Dalam penelitian ini tak hanya ukuran testis dan jumlah sperma saja yang diukur, tetapi kemampuan sperma dalam berenang juga dipertimbangkan dan dianalisis.

Dr Feiby Nassan yang memimpin penelitian itu mengatakan pria yang berpeluang bisa menjadi 'ayah' adalah mereka yang mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

"Ketaatan pada pola diet yang umumnya akan menghasilkan sperma yang lebih baik, dengan potensi memiliki kesuburan yang lebih menguntungkan di kalangan pria dewasa," jelas Nassan.

Studi ini menunjukkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi junk food seperti pizza, burger dan keripik memiliki jumlah sperma 26 juta lebih rendah dibandingkan mereka yang menerapkan pola makan sehat. Tak hanya itu, temuan ini juga menyarankan untuk menghindari konsumsi daging merah dan minuman manis, karena berpotensi dapat menurunkan jumlah sperma.

"Dengan pizza, keripik, dan daging merah kita tahu stres antioksidan akan naik dan itu buruk bagi sperma," ucap seorang pakar kesuburan dari Universitas Sheffield, Prof Allan Pacey.

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Asyik Bercinta

Saat bercinta, ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh seperti salah satunya payudara wanita yang membesar. Namun selain itu, banyak hal yang juga terjadi pada tubuh saat bercinta.
Kondisi tersebut terjadi karena beberapa faktor. Berikut 5 hal yang terjadi pada tubuh saat bercinta dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Hati berdebar
Menurut ahli kandungan Sherry A. Ross, MD, yang juga penulis She-ology, The Definitive Guide to Women's Intimate Health, hubungan seks memiliki efek yang hampir sama seperti berolahraga. Saat merasa senang, secara fisik orang akan menjadi lebih aktif dan tubuh pun jadi membutuhkan darah di area tertentu saat berhubungan intim.

Karenanya, secara natural detak jantung pun memilih untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan fokus di genitals. Cara seseorang bernapas pun akan meningkat sehingga membantu jantung untuk mengatur aliran darah yang dibutuhkan.

2. Payudara membengkak
Mengutip The Guardian, aliran darah saat bercinta disebut semakin lancar sehingga menyebabkan payudara sementara membesar dan lebih sensitif. Puting pun akan terlhat lebih menonjol dan hal ini merupakan hal yang wajar terjadi.

3. Kulit memerah
Mengutip Health, pembuluh darah yang melebar juga menunjukkan banyaknya darah mengalir di bawah kulit. Inilah alasan mengapa kulit menjadi memerah dan tubuh terasa lebih hangat. Wajah juga akan menjadi memerah ketika pembuluh darah melebar.

4. Kontraksi otot
Saat bercinta otot dasar panggul dan betis akan berkontraksi. Kontraksi ini merupakan respons tubuh yang terjadi sebelum rasa rileks muncul saat orgasme.

5. Reaksi pada miss V
Saat bercinta umumnya vagina akan menimbulkan reaksi. Reaksi ini disebabkan oleh aliran darah yang mengalir deras di area genital. Aliran darah ini tidak hanya menstimulasi untuk memproduksi pelumas namun juga menyebabkan klitoris dan labia membengkak,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar