Sabtu, 25 April 2020

Banyak Pikiran Gegara Corona? Yuk Konsultasi Psikologi Gratis di Sini

Pandemi virus Corona COVID-19 mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, menimbulkan beban pikiran. Tidak heran bila kebutuhan layanan konsultasi kesehatan jiwa di masa sulit ini semakin meningkat.
Beberapa di antara kita mungkin merasakan perubahan akibat pandemi Corona menimbulkan rasa cemas, takut, gelisah, bosan, hingga marah. Dampaknya bisa membuat kita jadi sulit tidur hingga susah fokus terhadap pekerjaan.

Menanggapi hal tersebut, penyedia layanan konsultasi psikologi Personal Growth menawarkan konsultasi gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. Layanan konsultasi ini dilakukan secara online selama hari Senin-Jumat pada pukul 15.00-16.00 WIB.

"Personal Growth paham bahwa kondisi sekarang ini bisa menggangu kondisi kesehatan mental kita. Oleh karena itu, sebagai bentuk kepedulian kami, Personal Growth menyediakan layanan konseling online gratis via chat yang akan dilayani oleh tim konselor profesional kami," kata Koordinator Counseling Center Personal Growth, Linda Setiawati, MPsi, dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (25/4/2020).

Metode konsultasi online dipilih sebagai cara untuk meminimalisir interaksi yang berisiko menularkan virus.

Bagi pembaca detikcom yang membutuhkan, bisa langsung mengisi formulir pendaftaran ini.

Kerja di Rumah tapi Merasa Sering Lelah? Ini Penyebabnya

 Apakah Anda termasuk yang lebih mudah lelah saat menjalani pekerjaan dari rumah? Bahkan, rasanya bekerja di rumah lebih lelah dibandingkan saat bekerja di kantor. Mengapa itu bisa terjadi?
Melansir dari Forbes, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang lebih mudah lelah ketika bekerja dari rumah dibanding bekerja dari kantor seperti hari-hari biasa, berikut di antaranya:

1. Gangguan dari Orang Lain di Rumah

Bekerja dari rumah tentu tidak bisa dilepaskan dari gangguan yang mungkin ditimbulkan oleh orang lain. Misalnya gangguan dari anak atau pasangan, terutama jika Anda tidak memiliki tempat khusus untuk bekerja di rumah.

Cara mengatasinya Anda bisa meluangkan waktu untuk gangguan tersebut sebagai bagian dari hari Anda. Rencanakan waktu untuk makan siang atau menghirup udara segar bersama.

2. Lebih Jarang Bergerak

Gerakan itu sehat dan penting untuk tubuh. Faktanya jika menjalani kegiatan di rumah pasti tubuh lebih jarang bergerak dibanding ketika bekerja di kantor. Untuk mengatasinya, cobalah bangun dan bergeraklah selama bekerja. Berdiri, duduk, atau pergi ke dapur untuk mengambil secangkir teh. Anda juga bisa melakukan beberapa olahraga ringan atau berjalan-jalan di sekitar sofa dan ruang tamu.

3. Berada di Bawah Tekanan yang Belum Pernah Dirasakan

Dalam penelitian tentang kehidupan kerja, salah satu hal yang penting adalah jumlah peran yang harus dijalani. Dalam kegiatan Work From Home (WFH), kegiatan yang dijalani tidak hanya pekerjaan saja. Ada tanggung jawab lain yang harus dipenuhi sebagai penghuni rumah seperti menyiapkan makanan, mencuci baju, dan sebagainya.

Untuk mengatasinya, cukup berpikir positif dan bersyukur dengan keadaan yang ada agar memberi dampak positif bagi mental.

Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk, dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan, kelelahan bisa membuat pekerjaan menjadi tidak produktif.

"Saat kelelahan terjadi seseorang merasa tidak ada energi sehingga tidak ada keinginan untuk beraktivitas sehingga tidak mungkin bisa produktif," ujarnya kepada detikHealth, Sabtu (25/4/2020).

Maka dari itu, perlu menjaga stamina agar dapat bekerja produktif dengan menghindari beberapa hal yang menyebabkan mudah lelah selama WFH yang telah disebutkan. Selain itu, dr Helmin menganjurkan beberapa hal ketika seseorang mengalami kelelahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar