Kamis, 13 Agustus 2020

Mungkinkah Orang Indonesia 'Kebal' Virus Corona COVID-19?

Meski korban jiwa dalam wabah virus corona COVID-19 telah menembus angka 1.000, hingga kini belum ada satupun kasus positif ditemukan di Indonesia. Muncul spekulasi bahwa orang Indonesia punya imunitas atau kekebalan terhadap virus baru dari Wuhan tersebut.
Spekulasi ini menguat setelah pemeriksaan terhadap 78 WNI awak kapal pesiar Diamond Princess seluruhnya menunjukkan hasil negatif. Dari 3.711 orang di dalam kapal pesiar tersebut, 273 orang telah diperiksa karena mengalami kontak dengan pengidap virus corona COVID-19.

Kemungkinan ada imunitas yang membuat orang Indonesia terhindari dari infeksi virus corona COVID-19 juga disinggung oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan dr Anung Sugihantono.

"Ini mungkin ya, karena ilmiahnya masih harus dibuktikan. Mungkin memang kita mempunyai kekebalan tertentu pada penyakit tertentu. Imunitas kita berbeda pada penyakit tertentu," katanya saat ditemui di Gedung Layanan Badan Litbangkes, Selasa (11/2/2020).

Pelajar Bawa Vape Ngakunya Powerbank, Guru Tak Boleh Gaptek

 Vape atau rokok elektrik memang mempunyai bentuk yang beraneka ragam, ada yang berbentuk seperti power bank, bahkan flash disc. Terkadang hal ini dimanfaatkan oleh beberapa siswa untuk mengelabuhi gurunya, agar tidak disita bila kedapatan membawa rokok elektrik.
Deputi Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Drs Hendra Jamal's, MSi, mengatakan bahwa guru juga perlu mengikuti perkembangan teknologi, agar tidak mudah tertipu oleh murid.

"Gurunya jangan gaptek (gagap teknologi). Harus tahu kalau dia pengen anak-anaknya tidak merokok, maka dia harus tahu apa itu yang rokoknya kretek, rokoknya filter, atau bahkan vape yang bentuknya kaya flash disc itu harus tahu. Dia harus tahu kan bisa lihat di Google," kata Hendra kepada detikcom, Rabu (12/2/2020).

Hendra pun menyarankan pihak sekolah untuk membuat kebijakan bersama organisasi siswa intra sekolah (OSIS), terkait sanksi kepada siswa yang membawa rokok atau vape ke sekolah.

"Sekolah bikin kebijakan kan ada OSIS. Jadi OSIS dan komite buat kesepakatan bagaimana kalau ada yang melanggar nanti dikasih hukuman sanksi. Tetapi jangan yang kekerasan. Sanksinya apa? Sanksinya yang mendidik, misalnya dia sukanya nyanyi nanti hukumannya tolong ciptain lagu. Jadi harus ada sanksinya," ucap Hendra.

Namun, menurutnya kebijakan sanksi ini akan menjadi percuma bila ada kedapatan dari pihak sekolah yang ternyata juga melakukan hal serupa.

"Karena anak itu peniru ulung. Jadi dia melihat contoh orang yang diteladani, nanti siswanya malah bilang 'gurunya aja begitu'," tuturnya.

Indonesia Juga Bakal Bikin, Vaksin Virus Corona COVID-19 Segera Tersedia

Meluasnya wabah virus corona jenis baru yang diresmikan namanya menjadi COVID-19 dikabarkan akan memiliki vaksinnya. Rencananya, dalam waktu 18 bulan pembuatan vaksin untuk virus corona jenis baru ini akan rampung. Hal ini diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada Selasa (11/2/2020).
"Vaksin pertama bisa siap dalam waktu 18 bulan. Untuk saat ini, kita tidak berdaya dan hanya bisa menggunakan 'senjata' yang ada untuk melawan virus ini," kata Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus yang dikutip dari Fox

Tak hanya WHO, Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman di Indonesia saat ini tengah mengupayakan pengembangan vaksin untuk COVID-19. Hal ini diketahui dari pemaparan Prof David H Muljono, dr, SpPD, FINASIM, PhD, peneliti senior di LBM yang menjelaskan rencana pengembangan vaksin masih menjadi bahasan awal.

"Rencana pengembangan vaksin telah dilakukan pembahasan awal dengan PT Biofarma untuk mengembangkan vaksin COVID-19," katanya saat memaparkan materi di Auditorium Sitoplasma, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

"Jika belum tersedia isolat virus 2019-nCoV melalui kemampuan bioinformatika yang telah dikuasai akan dilakukan kajian in-silicon (menggunakan komputer) untuk mengidentifikasi bagian-bagian antigenik dari virus 2019-nCoV," paparnya.
https://nonton08.com/jane-got-a-gun/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar