Senin, 31 Agustus 2020

Lakukan 5 Ritual Ini Buat Tidur Lebih Nyenyak Tiap Malam

Menurut keterangan World Health Organization (WHO), masalah sulit tidur atau insomnia dapat mengganggu produktivitas, menimbulkan kelelahan hingga memicu depresi. Oleh sebab itu, setiap individu mesti menjaga pola dan waktu tidur yang optimal.
Tidur merupakan kebutuhan dasar buat tubuh manusia untuk meregenerasi sel, mengistirahatkan otot, dan menyegarkan pikiran. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa berkisar 7-8 jam sehari.

Namun, terkadang waktu dan pola tidur ideal tidak terpenuhi karena sulit untuk terlelap. Hal ini bisa dipicu stres, masalah kesehatan, dan lainnya.

Agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malam, ada beberapa ritual yang dapat dilakukan, seperti dilansir dari Divisi Sleep Medicine Harvard Medical School. Ini dia ulasannya .

Hindari kopi dan rokok sebelum tidur

Kafein pada kopi dan nikotin rokok merupakan stimulan yang menghilangkan kantuk. Efek yang ditimbulkan membuat sulit tertidur. Oleh sebab itu, hindari mengonsumsi kopi atau mengisap rokok empat sampai enam jam sebelum waktu tidur.

Matikan lampu

Suasana gelap, udara sejuk akan membuat pikiran cenderung lebih tenang dan membuat kantuk datang. Jika mau lebih tenang, gunakan ear plugs agar suara bising dari luar tak terlalu mengganggu. Cara ini relatif ampuh untuk mengantarkan tidur nyenyak.

Bersantai

Setelah beraktivitas, biarkan tubuh bersantai sejenak sebelum masuk waktu tidur. Waktu santai itu dapat digunakan untuk mandi, membaca buku, atau relaksasi lainnya. Cara ini akan mengendurkan syaraf dan otot sehingga menghasilkan tidur yang nyenyak.

Olahraga

Ritual yang ini tidak dilakukan sebelum tidur, melainkan bisa di pagi atau sore hari. Aktivitas fisik akan membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk. Dalam kondisi tersebut, seseorang akan mudah terlelap.

Minum air putih

Mencukupi kebutuhan air penting untuk menjaga metabolisme tubuh berjalan baik. Selain itu, minum air putih akan membuat tubuh tetap terhidrasi selama tidur dalam waktu yang cukup lama. Ketika bangun pagi, tubuh akan merasa segar dan terhindar dari kelelahan karena kekurangan cairan.

Agar waktu tidur dapat dikontrol dengan baik, tak ada salahnya membuat catatan jadwal tidur harian. Tidak perlu mencatat manual, karena Samsung Galaxy Watch3 dapat merekam siklus tidur, dan waktu total tidur per hari. Samsung bekerja sama dengan National Sleep Foundation untuk menyediakan konten edukasi dan tips mengenai pola tidur ideal.

Galaxy Watch3 akan membantumu mendapatkan pola tidur ideal untuk menjaga kebugaran untuk tetap produktif. Selain itu, Galaxy Watch3 juga dapat diandalkan untuk menjadi partner berolahraga.

Begini Lho Dampak Psikis Jika 'Anjay' Dipakai untuk Bullying

 Istilah 'anjay' tengah viral setelah dilaporkan salah satu Youtuber, Lutfi Agizal, pada Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA). 'Anjay' sendiri merupakan modifikasi dari sebutan nama binatang yang kerap dipakai untuk mengumpat.
Awalnya Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) meminta penggunaan kata 'anjay' dihentikan sekarang juga. Komnas PA menilai kata 'anjay' yang sedang populer dipakai anak-anak bisa berpotensi dipidana.

"Ini adalah salah satu bentuk kekerasan atau bullying yang dapat dipidana, baik digunakan dengan cara dan bentuk candaan. Namun jika unsur dan definisi kekerasan terpenuhi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, tindakan itu adalah kekerasan verbal. Lebih baik jangan menggunakan kata 'anjay'. Ayo kita hentikan sekarang juga," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (29/8/2020).

Sebenarnya apakah penggunaan istilah kata 'Anjay' bisa berdampak pada kesehatan mental?

Psikolog sekaligus konselor Nuzulia Rahma Tristinarum menjelaskan, penggunaan kata 'Anjay' bisa saja berdampak pada kesehatan mental jika istilah tersebut ditujukan untuk membully orang lain.

"Bisa saja jika kata tersebut ditujukan untuk mencela, merendahkan, menghina atau membully orang lain. Ini bisa berdampak pada kesehatan mental jika orang yang menerima kata anjay mempersepsikan negatif pada kata tersebut," jelas Rahma saat dihubungi detikcom Senin (31/8/2020).

"Anjay adalah sebuah kata yang belum ada aturannya di kamus bahasa Indonesia. Sehingga sebenarnya belum ada arti yang tetap itu apa. Oleh karena itu artinya bisa dimaknakan berbagai macam rupa. Tergantung situasi, kondisi, tujuan penggunaan kata dan tergantung persepsi orang yang mendengar dan menerimanya," pungkas Rahma.
https://cinemamovie28.com/forgive-me-dear-the-fall-of-a-lady-wife-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar