Selasa, 25 Agustus 2020

China Janji Prioritaskan Vaksin Corona untuk 5 Negara Ini

- Perdana Menteri China, Li Keqiang, akan menjanjikan akses prioritas untuk vaksin virus corona COVID-19 yang dikembangkan oleh China kepada lima negara Asia Tenggara yang tergabung dalam Kelompok Kerja Lancang-Mekong (LMC).
Selain itu, China juga berjanji untuk berbagi informasi perihal pengendalian air untuk negara-negara yang terkena banjir di sepanjang Sungai Mekong.

Hal ini disampaikan Li dalam konferensi video pertemuan para pemimpin dari LMC. LMC merupakan bentuk kerja sama antara China, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Menurut laporan dari China Radio International yang dikelola oleh pemerintah, Li mengatakan mitra LMC akan diberikan akses prioritas terhadap vaksin Corona setelah China telah sepenuhnya mengembangkan vaksin Corona dan menggunakannya.

Dilansir dari laman South China Morning Post, menurut angka terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), China kini sedang mengembangkan dua dari 30 kandidat vaksin Corona yang saat ini sedang dalam evaluasi klinis di seluruh dunia.

Menurut rencana yang dirilis oleh media pemerintah pada minggu lalu, Li diperkirakan akan berbicara dengan para pemimpin dari semua negara kecuali Laos. Di antaranya termasuk Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, Presiden Myanmar Win Myint, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, dan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha.

China juga menjanjikan akses prioritas vaksin Corona ke negara lain seperti tawaran ke Filipina pada Juli lalu, setelah Presiden Rodrigo Duterte mengajukan banding kepada Presiden China Xi Jinping untuk mendapatkan akses ketika vaksin selesai dikembangkan.

Duterte mengatakan negaranya tidak akan menentang China dalam masalah Laut China Selatan, di mana kedua negara bersengketa akibat klaim teritorial.

Dikutip dari laman Research John Hopkins University, hingga saat ini Selasa (25/8/2020), China melaporkan 84.981 kasus Corona konfirmasi. Dari jumlah tersebut 4.634 di antaranya meninggal dunia akibat virus Corona COVID-19.

Ada Kasus Reinfeksi Corona di Hong Kong, Ini Kata Peneliti

 Hong Kong melaporkan adanya kasus reinfeksi virus Corona yang dialami pria berusia 33 tahun. Ia kembali terifeksi virus Corona setelah melakukan perjalanan ke Spanyol, dan kembali ke Hong Kong melalui Inggris.
Pria ini pertama kali dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 pada akhir Maret lalu. Kemudian ia dinyatakan positif untuk kedua kalinya pada 15 Agustus setelah melakukan tes saat tiba di Hong Kong.

Kasus reinfeksi COVID-19 yang pertama dikonfirmasi ini pun menimbulkan pertanyaan terkait kekebalan terhadap virus tersebut. Para peneliti di Hong Kong dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melakukan penelitian untuk mengetahui langkah penanganan selanjutnya.

"Ini adalah dokumentasi pertama di dunia tentang seorang pasien yang pulih dari COVID-19, tetapi terinfeksi lagi setelahnya," kata para peneliti yang dikutip dari CNBC International, Selasa (25/8/2020).

Para ahli mengatakan, kasus di Hong Kong ini bisa menjadi sebuah peringatan akan adanya kasus serupa di seluruh dunia. Maka dibutuhkan penelitian dan pelacakan lebih lanjut terhadap pasien yang sudah pulih dari virus tersebut.

"Ada lebih dari 24 juta kasus yang dilaporkan hingga saat ini. Dan kita perlu melihat sesuatu seperti ini, pada tingkat populasi," kata ahli virus dari WHO, Maria Van Kerkhove.

Terkait imunitas atau antibodi terhadap COVID-19, para peneliti banyak menemukannya pada pasien yang sembuh dari virus tersebut. Hal ini pun menunjukkan bahwa pasien yang telah pulih dari infeksi Corona bisa terlindungi dalam beberapa waktu.

Namun saat ditanya seberapa lama seseorang yang telah pulih bisa tetap terlindungi dari virus itu lagi, Van Kerkhove belum mengetahui secara jelas. Sampai saat ini, ia pun masih meneliti kasus reinfeksi yang terjadi di Hong Kong tersebut.

"Apa yang kami pelajari tentang infeksi adalah bahwa orang akan kebal, tetapi yang belum sepenuhnya jelas adalah seberapa kuat dan berapa lama tanggapan kekebalan itu bisa bertahan," jelasnya.
https://cinemamovie28.com/meet-me-after-sunset-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar