Sabtu, 29 Agustus 2020

Virus Corona Bikin Industri Berlian Kelebihan Pasokan Hingga Triliunan Rupiah

 Berlian merupakan batu mulia bernilai tinggi. Tapi apa jadinya bila batu yang bisa berharga jutaan rupiah per butir ini kelebihan pasokan?

Industri perhiasan mewah ternyata juga ikut terkena dampak dari pandemi virus Corona. Berdasarkan laporan Bloomberg, produsen batu-batu berlian kini punya stok menumpuk, karena kesulitan menjualnya di tengah merebaknya COVID-19 di berbagai negara.

Pedagang berlian pun kini sedang memutar otak, mencari cara, bagaimana persediaan stok berlian senilai miliaran rupiah yang menumpuk bisa 'disingkirkan' tanpa harus merugi. Seperti diketahui, desainer dan toko perhiasan harus menutup toko mereka, imbas dari aturan lockdown untuk menghentikan penularan COVID-19. Hal inilah yang membuat terjadinya kelebihan pasokan.

De Beers, perusahaan yang bergerak di industri tambang, perhiasan dan lelang batu mulia pun terpaksa membatalkan acara pameran pada Maret 2020 karena para buyer kesulitan bertolak ke Afrika Selatan untuk melihat langsung produk-produk yang dijual. Pameran akhirnya berhasil digelar Mei 2020 namun hasil penjualan tidak mereka umumkan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menurut seseorang yang ahli dalam pemasaran berlian, nilai transaksi hanya sekitar USD 35 juta. Jauh lebih kecil dibandingkan tahun lalu yang mencapai USD 416 juta.

Hal yang sama juga dialami Alrosa PJSC, perusahaan tambang berlian asal Rusia. Penjualan berlian yang 'beku' selama beberapa bulan karena virus Corona membuat mereka terjebak dalam dilemma. Bagaimana menangani pasokan berlian yang tak terjual?

De Beers dan Alrosa sebenarnya telah melakukan sejumlah upaya untuk mempertahankan pasar. Mereka menolak memangkas harga berlian dan lebih memilih membebaskan para buyer membatalkan kontrak mereka untuk membeli berlian. Mereka juga mengurangi jumlah produksi untuk mengontrol jumlah pasokan. Namun stok tetap saja menumpuk.

Sementara itu Gemdax, sebuah firma konsultan khusus industri berlian, mengungkapkan saat ini lima produser berlian terbesar dunia kemungkinan punya kelebihan persediaan batu mulia senilai total USD 3,5 miliar. Artinya ada sekitar Rp 49,3 triliun berlian yang belum terjual.

Kini saat sejumlah negara sudah mulai melonggarkan aturan lockdown, toko-toko pun berangsur-angsur membuka kembali usahanya. Tapi persoalannya tak sampai di situ.

Daya beli konsumen terhadap perhiasan mewah yang bukan kebutuhan primer dikhawatirkan menurun akibat pandemi. De Beers sebagai perusahaan perhiasan besar menolak membuat penyesuaian harga. Sementara produsen berlian yang lebih kecil sudah melakukan pengurangan harga hingga 25 persen. Akankah industri perhiasan mewah akan kembali berjaya seperti pra-coronavirus?

Curhat Mike Tyson Takut Istri dan Jadi Binatang Buas Jika Hidup Tanpa Wanita

 Mike Tyson dikenal sebagai petinju yang gahar di atas ring. Terlepas dari sifat machoism dan perilaku negatifnya, Mike Tyson mengungkapkan tak bisa hidup tanpa istrinya
Petinju profesional berusia 53 tahun ini pernah tersandung beberapa kasus mulai dari pemerkosaan, minum-minuman keras melewati batas aman hingga pengguna narkoba. Namun, kini hidup Mike Tyson berubah setelah mendapatkan cinta dari wanita.

Mike Tyson menyatakan bahwa dia menikah untuk ketiga kalinya karena tidak bisa hidup tanpa seorang istri. Menurutnya hidup tanpa wanita membuat dirinya merasa hampa.

Pada obrolan dengan rapper sekaligus aktor T.I. di ExpediTIously, Mike Tyson bercerita tentang kehidupannya. Ia menjelaskan seperti binatang buas jika hidup tanpa istri.

"Tanpa istriku, aku binatang buas. Aku memandang perempuan secara berbeda seiring bertambahnya usia. Ketika aku masih muda, aku memandang mereka sebagai kesenangan," terang Mike Tyson seperti dilansir Essentially Sports

"Sekarang aku sudah lebih tua, aku memandang mereka imbang, itu membuat aku sadar bahwa aku seorang pria. Dan pada tahap ini dalam hidupku, mereka adalah guru saya. Jika seorang pria tidak memiliki sedikit rasa takut terhadap istrinya, dia tidak menjalani kehidupannya dengan benar," imbuhnya.

Mike Tyson pun menambahkan bahwa ia membutuhkan istri, orang yang selalu berada di sisinya dan mendengarkan segala keluh kesahnya. Ia juga memuji istrinya atas perubahannya dalam hidup.

"Itu sebabnya saya menikah tiga kali, karena saya tidak bisa hidup tanpa istri. Jika saya tidak punya istri, saya akan bunuh diri. Ini pembicaraan nyata. Saya perlu seseorang untuk mendengarkan," cerita Mike Tyson.
https://kamumovie28.com/when-the-bough-breaks-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar