Senin, 13 Januari 2020

Akhir Pekan Ini Semarang Punya Salju Lho!

Semarang punya atraksi menarik akhir pekan ini, Jateng Fair. Di sana, traveler bisa melihat kecanggihan teknologi sampai salju sungguhan.

Bermain salju hingga mengunjungi desa masa depan bisa dilakukan akhir pekan ini di Semarang. Wisatawan bisa menjajal dua wahana itu di Jateng Fair yang digelar di PRPP Semarang.

Jateng Fair akan berakhir hari Minggu (14/7) besok jadi akhir pekan ini merupakan kesempatan terakhir untuk berlibur ke sana. Harga tiket untuk weekend yaitu Rp 20 ribu per orang.

Ada beberapa wahana berbayar, salah satunya yang paling menarik perhatian yaitu Snow Wonderland dimana pengunjung bisa bermain salju asli yang dingin. Harga tiket mainnya mulai Rp 75 ribu sampai Rp 250 ribu.

Di wahana itu anak-anak maupun dewasa bisa bermain salju seperti membuat bola salju, boneka salju, hingga berseluncur di salju.

"Ini ya salju, es, ada alatnya. Bisa bermain layaknya di gunung bersalju," kata Direktur PRPP Titah Listiyorini.

Wahana berikutnya yaitu Desa Masa Depan Futuria. Saat pertama kali masuk ke wahana ini anda akan melewati lorong waktu dengan lantai led. Kemudian seolah pengunjung terbawa ke masa depan dengan disambut perkenalan dari seorang pria dari dalam layar.

Setelah itu pengunjung sampai di pusat wahana dengan berbagai edukasi serta teknologi. Lokasi yang dibuat oleh Telkomsigma itu memprediksi teknologi yang akan menjadi hal lumrah dan dipakai sehari-hari pada tahun 2050.

Untuk edukasi, ada penanaman hydroponik dengan alat yang serba otomatis sehingga petani hanya tinggal menanam dan memanen. Kadar air hingga nutrisi semua sudah diatur alat canggih. Kemudian ada juga kolam dengan alat pemberi makan ikan otomatis yang bisa diatur waktu memberi makannya atau dikendalikan via smartphone.

Kemudian Terrace Charging yaitu terasiring serba putih untuk mengisi daya gadget. Tempat itu merupakan imajinasi bahwa desa dimasa depan banyak dilengkapi stop kontak.

Dua wahana di dalam Futuria memanfaatkan teknologi Virtual Reality dimana yang pertama yaitu bersepeda dengan VR. Dengan mengayuh sepeda maka pengunjung bisa melihat menelusuri dunia digital. Berikutnya yaitu pendopo massage, dimana pengunjung bisa menikmati pijat sembari melihat video VR yang seru.

Di tengah ruangan ada bangunan berbentuk blangkon dengan nama Taman Budaya Raden Saleh. Di dalam ada instalasi wayang punakawan untum berfoto dan yang paling menarik adalah asisten digital yang bisa menjawab pertanyaan layaknya Jarvis milik Iron man.

Ada juga kuis interaktif dengan mengunduh aplikasi android Futuria yaitu di dalam wahana tersebar kode QR sebanyak 7 buah yang bisa discan memakai aplikasi Futuria. Saat discan, maka akan muncul pertanyaan dan jika bisa menjawab semuanya maka akan mendapat merchandise.

Usai puas dengan segala wahana di Futuria, maka pengunjung akan kembali melewati lorong waktu yang kini berwujud perosotan. Untuk tiket, harganya cukup Rp 45 ribu dengan mem-follow instagram @futuria.id dan jika tidak follow maka harga tiketnya Rp 60 ribu.

"Jateng Fair dibuka pukul 16.00 tapi Futuria bisa dikunjungi mulai jam Rp 10.00 ada Happy Hour di Futuria jam 10.00 sampai 17.00 yaitu beli 3 tiket gratis 1 tiket," jelas Titah.

Selain dua wahana tadi, masih banyak yang bisa dinikmati yaitu berbagai kuliner dan permainan lain seperti komidi putar, kora-kora mini, bahkan bermain dengan kelinci. Pertunjukkan laser juga disajikan oleh Jateng Fair untuk tahun ini yang dimulai pukul 19.00, 20.00, 21.00 yang masing-masing durasinya 15 menit.

Pameran UMKM dan produk unggulan dari berbagai daerah di Jawa Tengah juga bisa dikunjungi. Selain itu tiket masuk yang dibeli bisa digunakan untuk undian dengan hadiah mobil, motor, dan lainnya yang diundi hari Minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar