Jumat, 31 Januari 2020

Kuliner Khas Sunda Juga akan Hadir di Pesona Jabar CFD Jakarta

 Jelang pelaksanaan Car Free Day Jakarta yang semakin dekat, Kementerian Pariwisata telah siap memanaskannya dengan menghadirkan Pesona Jawa Barat. Nuansa pasundan yang asri akan dihadirkan, termasuk juga kulinernya yang terkenal nikmat.

Menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung, CFD Jakarta yang digelar kali ini, akan sangat kental dengan nuansa Jawa Barat.

"Sajian yang akan dihadirkan sangat lengkap. Ada gambaran keindahan landscape Jawa Barat, atraksi, hingga kuliner. Sangat lengkap dan siap memanjakan wisatawan," papar Adella, dalam keterangab tertulis, Sabtu (27/4/2019).

CFD Pesona Jawa Barat sendiri akan dilaksanakan di Park & Ride Thamrin, pada Minggu (28/4/2019). Tepatnya, samping Hotel Sari Pacific Thamrin, Jakarta.

Khusus kuliner, Adella bahkan menilai kuliner Jawa Barat sangat nikmat. Sangat mengguggah selera.

"Indonesia sangat kaya akan kuliner. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Misalnya, di Jakarta ada kue Ape, di Jawa ada Serabi, Sumatera Barat punya Pinukuik. Sedangkan di tanah Pasundan, kita mengenalnya dengan Surabi. Dan surabi akan kita hadirkan di CFD Jakarta," katanya.

Sekadar informasi, surabi adalah penganan khas Sunda yang masuk 30 Ikon Kuliner Nusantara. Seperti Surabi pada umumnya, Surabi Bandung dibuat dari tepung beras, tepung terigu, dan santan yang menjadi bahan baku utama.

Rasa surabi sangat istimewa. Tapi ada rahasianya, surabi Bandung dimasak di atas tungku menggunakan arang yang tentunya menghasilkan aroma yang khas.

Untuk topping, Oncom pedas adalah ikon dari Surabi Bandung. Selain itu, ada juga keju, coklat, sosis, telur, jagung, dan lainnya yang menarik untuk dicoba.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Rizki Handayani, Surabi menjadi kuliner yang wajib dicoba. Apalagi saat berkunjung ke Bandung.

"Surabi itu kuliner yang top. Banyak pilihannya. Dan rasanya sudah pasti top. Kalau tidak percaya, kaaian harus coba salah satu variannya. Seperti Surabi Oncom," katanya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya, juga mengajak para pengunjung untuk berkunjung ke CFD Pesona Jawa Barat di Jakarta.

"Acaranya sudah pasti keren dan seru. Karena sangat kental dengan nuansa Jawa Barat. Apa yang bisa didapat dari sana? Banyak. Tapi yang wajib dicoba adalah kulinernya. Karena, kuliner Jawa Barat sangat enak," ujar Arief.

Di IMEX Frankfurt 2019, Indonesia Target Jaring 2 Juta Wisatawan Eropa

Kementerian Pariwisata terus berupaya untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke Tanah Air. Kali ini, Kemenpar membidik wisatawan Eropa lewat event IMEX Frankfurt 2019.
Adapun strateginya berupa penguatan konsep MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Lewat MICE, Kemenpar memasang target kunjungan 2 juta wisman.
IMEX Frankfurt 2019 yang akan digelar 21-23 Mei dinilai berpotensi besar, lantaran pameran dagang tersebut punya 3.500 exhibitors. Mereka datang dari 160 negara di berbagai belahan dunia. Komposisinya di antaranya, hotel, airlines, penyedia konferensi dan pameran, juga resort spa, kapal pesiar, dan lainnya. Komposisi ini memiliki buying power 5.100 pembeli plus.
"IMEX Frankfurt 2019 merupakan event besar. Pameran ini bagus untuk mengatrol pergerakan wisman MICE menuju Indonesia. Sebab, kami memiliki target besar untuk wisatawan MICE. Jumahnya sampai 2 Juta orang wisman. Kesempatan terbuka lebar kini datang dari IMEX Frankfurt," ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/4/2019).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar