Kamis, 30 Januari 2020

Talaud yang Indah, Ternoda Bupatinya yang Ditangkap KPK

KPK menangkap Bupati Kepulauan Talaud yang diduga menerima hadiah terkait pengadaan proyek. Mengenal Talaud lebih dekat, sejatinya ini adalah keindahan di utara Indonesia.

Bupati Talaud, Sri Wahyumi Manalip ditangkap KPK. Dia diduga menerima hadiah ratusan juta rupiah terkait pengadaan proyek

Dalam OTT, KPK membutuhkan 1 x 24 untuk melakukan pemeriksaan awal bagi mereka yang terjaring OTT. Setelahnya KPK akan menentukan status hukum mereka apakah menjadi tersangka atau hanya sebagai saksi. Pengumuman tersangka bagi mereka yang terkena OTT biasanya akan disampaikan KPK dalam konferensi pers keesokan hari setelah OTT.

Di mana itu Talaud?

Dalam catatan detikTravel, Talaud merupakan kabupaten di Sulawesi Utara. Meski terdengar asing di telinga traveler, Talaud bisa dibilang sebagai kawasan paling utara Indonesia yang berbatasan dengan daerah Davao del Sur, Filipina.

Talaud merupakan daerah kepulauan, dengan tiga pulau besar yaitu Pulau Karakelang, Pulau Salibabu, dan Pulau Kabaruan. Karakelang merupakan pulau utama, karena ibukota kabupatennya yakni Melonguane ada di sana.

Bandara Melonguane di Kota Melonguane pun merupakan gerbang masuk untuk menjelajahi Talaud. Salah satu maskapai yang terbang ke sana adalah Wings Air dari Manado. Lalu juga ada ke Pulau Miangas, pulau paling terdepan dari Kepulauan Talaud yang juga dilayani penerbangan tersebut dengan rute Melonguane-Miangas.

Namanya wilayah kepulauan, Talaud diberkahi keeksotisan bentang alam berupa pulau-pulau dan deretan pantai. Asyiknya lagi, pantai-pantai di sana sangat sepi serasa milik pribadi!

Pantai Aru misalnya di Pulau Karatung. Perjalanan ke sana dapat ditempuh naik boat sekitar 30 menit dari Melonguane. Pasir lembut, air laut jernih dan sunset yang indah akan kamu lihat di sana. Bahkan saking sepinya pantai ini, tidak ada jejak kaki manusia!

Pulau Intata juga memiliki lanskap pantai yang ciamik. Di sana pula digelar Festival Mane'e, yang mana warga pulau sekitar berkumpul di sini untuk menangkap ikan dengan menggunakan janur. Iya betul, dengan daun kelapa, bukan pancing apalagi jaring.

Konon, ikan yang ditangkap di sini bisa mendatangkan keberuntungan. Juga, ikan yang ada berhasil ditangkap di acara Mane'e tidak ada yang dijual tapi disantap bersama keluarga dan teman terdekat.

Pulau Intata pun begitu dijaga alamnya. Sampai-sampai warga Talaud dilarang tinggal di sana. Wisatawan tetap boleh datang, tetapi tidak boleh sampai bermalam.

Masih banyak destinasi wisata di Talaud. Sebut saja seperti Gua Tengkorak yang penuh misteri hingga Patung Yesus Memberkati setinggi 36 meter.

Pelan-pelan, pariwisata di Talaud sedang dibangun. Bahkan, Presiden Jokowi saja pernah datang ke Talaud, tepatnya ke Miangas untuk meresmikan bandara.

Tapi sayang, Talaud yang juga dikenal dengan nama Porodisa Islands, keindahan di utara Indonesia itu sedang 'ternoda' oleh bupatinya yang ditangkap KPK.

Indonesia Masih Jadi Pengunjung Nomor 1 Bandara Changi Singapura

Singapura jadi salah satu tujuan utama wisatawan Indonesia yang ingin liburan ke luar negeri. Begitupun dengan bandaranya, yang jadi airport penghubung favorit orang Indonesia.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Changi Airport, dari 10 negara, Indonesia menduduki posisi pertama sebagai pasar utama Bandara Changi berdasarkan lalu lintas penumpang tahun 2018. Baik menuju dan datang dari Tanah Air.

"Indonesia jadi pasar besar. Ini dengan dibuktikannya sebagai posisi pertama dari 10 negara setelah Malaysia dan China. Jumlahnya bahkan pergerakan penumpang antara Indonesia dan Singapura mencapai 8,19 juta penumpang tahun 2018," ujar Jaisey Yip, Associate General Manager Changi Rewards Travel saat peluncuran Changi Rewards Travel di The Hermitage Jakarta, Selasa (30/4/2019)

Sedangkan, 10 daftar lengkap pasar Bandara Changi terbesar adalah Indonesia, Malaysia, China, Thailand, Australia, India, Hong Kong, Jepang, Filipina dan Vietnam.

Pasar Indonesia yang mencapai 8 juta pun dibagi ke beberapa wilayah. Ibukota Jakarta pun masih jadi juara, disusul oleh Denpasar (Bali) posisi ke-2, Surabaya ke-3, Medan ke-4 dan Bandung posisi ke-5.

"Kita melihat pasar Indonesia sangat besar. Sehingga, kami dari Changi Airport juga ingin memberikan penghargaan (reward) kepada penumpang. Maka dari itu, Indonesia jadi pasar pertama yang disasar untuk peluncuran Changi Travel Rewards," tambah Jaisey.

Changi Travel Rewards merupakan sebuah program loyalitas teranyar yang diusung oleh Bandara Changi. Dalam program ini, traveler bisa mendapat aneka fasilitas nyaman saat transit di bandara Changi.

"Program ini juga banyak kelebihannya. Wisatawan bisa mendapatkan lounge saat flight mengalami delay, lounge dan akses kolam renang sampai fasilitas limosin dan airport shuttle.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar